Langgam Keroncong Bentara #15 Bersama OK Remaja Dewata “Gangga Putra”

Langgam Keroncong Bentara #15
BERSAMA OK REMAJA DEWATA “GANGGA PUTRA”
Sabtu, 12 Desember 2015, pukul 18.00 WITA

Keroncong Gangga Putra

Memaknai tutup tahun, di penghujung Desember ini Langgam Keroncong Bentara menghadirkan lagu-lagu bertema perayaan serta kegembiraan menyambut awal tahun baru. Langgam Keroncong Bentara yang telah menginjak seri #15 ini menampilkan Orkes Keroncong “Gangga Putra” yang terdiri dari pemain-pemain muda dan remaja yang mulai menekuni musik keroncong, di antaranya Komang (Cuk), Gus To (Cak), Lanang (Cello), Agus Krisna (Bass), Purnawa Dwipa (Melody Gitar), Putra (Biola). Serta pada vokal Krisna Devi, Gung Tut, Pande, Putra dan Puspa.

Selain sebagai sebentuk apresiasi, program ini juga diniatkan untuk membangun komunitas keroncong agar bisa tampil secara berkelanjutan guna meraih publik muda baik selaku penikmat maupun pelaku musik dengan langgam serupa ini.

Melalui lagu-lagu bernuansa kegembiraan yang didendangkan para musisi remaja ini kita juga dapat merunut ulang perjalanan keroncong sebagai salah satu musik rakyat di Indonesia yang memiliki searah nan panjang. Keroncong diyakini mempunyai pertautan historis dengan sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado. Bentuk awalnya disebut moresco yang dimainkan dengan iringan alat musik dawai. Dalam perkembangannya, dipergunakanlah sejumlah unsur tradisional Nusantara, seperti seruling serta beberapa komponen gamelan. Masa keemasan Keroncong bergulir hingga sekitar tahun 1960-an, yang kemudian meredup akibat kian digemarinya musik-musik populer sejak tahun 1961 hingga sekarang.

Keberadaaan lagu-lagu keroncong terbukti tidak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Tidak sedikit para komposer tempo dulu menciptakan lagu-lagu yang berisi pujian dan cinta tanah air, penuh dengan semangat patriotik serta kesetiaan kepada negara juga bangsa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s