Pengantar Garin Nugroho

Dunia Ibu : Gambar Hidoep Indonesia

Kata Ibu selalu mempunyai makna yang sangat berarti, sebutlah ibu pertiwi, bahasa ibu, hingga surga di telapak kaki ibu, atau dalam masyarakat tradisi “Dewi Sri”.

Bahkan dalam Mahabarata, meski begitu banyak tokoh laki laki, namun Ibu menjadi sosok yang terbilang sangat penting, sebutlah Gendari hingga Kunti.

Sejarah kebintangan alias star system dalam film Indonesia juga lebih dikenal dengan tokoh perempuan, sebutlah Roekiah di film Terang Boelan (1937) yang diingat sebagai film cerita pertama Indonesia. Dalam sinema dewasa ini, Christine Hakim telah menghidupi sinema Indonesia sejak 1971. Christine Hakim adalah satu-satunya produser perempuan Indonesia yang mampu mengantar tiga film ke Festival Cannes, yakni: Cut Nyak Dien (1988) karya Eros Djarot di sesi acara khusus Director’ s for Night, dan dua film yang saya sutradarai di sesi Un Certain Regard – Cannes, yakni film Daun Di atas Bantal (1998) dan Serambi (2011). Bahkan jika kita amati, sinema pasca orde baru dipenuhi produser Perempuan yang menjadi tonggak sinema Indonesia baru : Mira Lesmana, Shanty, Nia Dinata, Dewi Umaya,dll.

Film – film karya saya sebagian besar menampilkan tokoh utama sosok Ibu, anak kecil dan anak muda yang tengah mencari identitas. Sebutlah Daun di Atas Bantal dengan tokoh ibu bersama anak jalanan, atau Surat Untuk Bidadari dengan tokoh anak kecil mencari ibu, atau film Aku Ingin Menciummu Sekali Saja berkisah tentang anak Papua yang ingin mencium seorang perempuan anganannya di tengah bayang-bayang konflik yang melanda tempat kelahirannya; atau juga film Mata Tertutup yang menguraikan kisah seorang Ibu yang ingin mencari dan membawa anaknya keluar dari dunia kesehariannya yang diliputi oleh kehidupan agama yang ketat. Demikian juga film Under The Tree yang menghadirkan problematik tiga perempuan.

Ibu adalah rahim kehidupan, layaknya Kunti hingga Gendari yang melahirkan beragam kehidupan, ibu adalah perempuan menjaga, melawan, memberi jalan dan kehidupan bagi dirinya sendiri seutuhnya. Ibu adalah sebuah Gambar Hidoep. Sebuah tema penting dalam kebudayaan Indonesia.

 

Garin Nugroho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s