KELAS KREATIF BENTARA MUDA BERSAMA MARIA HARTININGSIH

“JURNALISME: ANTARA IDEALISME DAN PRAGMATISME”
Sabtu, 21 Mei 2016, pukul 15.00 WITA

Informasi dan pendaftaran kelas kreatif : 085 238 252 751 

Download formulirnya di sini : http://bit.ly/23E4hqI

Para jurnalis masa kini berhadapan dengan berbagai problematik yang menguji profesionalismenya, bukan hanya digitalisasi di segala lini atau perubahan dari media cetak ke media online, melainkan pula perubahan sosial kultural masyarakat yang berkecenderungan terbiasa serba seketika dan serentak. Dengan kata lain, kebiasaan mencari informasi dan pola berpikir masyarakat, terutama generasi muda saat ini berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya.

Sebagaimana disinyalir oleh jurnalis senior Ariestides Katoppo, tradisi membaca buku cetak dan berpikir serius, kini digantikan dengan kebiasaan membaca informasi pendek serta sepenggal-sepenggal; lebih tertarik visual ketimbang tulisan. Maka mengelak dari proses pendangkalan yang tak dikehendaki ini, di mana idealisme kerap terkikis pragmatisme, diperlukan satu upaya transformasi dan inovasi yang menyeluruh. Pada situasi “transisi” seperti ini, para jurnalis diuji ketangguhannya, guna menghasilkan satu produk jurnalistik yang tetap berkualitas dan mendalam.

Sejalan dengan program “Kelas Kreatif Bentara Muda”, yang diadakan Bentara Budaya Bali, meliputi; pengenalan mendasar terkait jurnalistik, fotografi, penulisan kreatif dan kuratorial., diselenggarakan satu lokakarya dengan menghadirkan pembicara wartawan senior Kompas, Maria Hartiningsih, yang sempat meraih Yap Thiam Hien Human Rights Award untuk kategori penghargaan sebagai human rights educator.

Wartawan kelahiran Semarang, dan memulai karir pada tahun 1984 ini, akan berbagi pengalaman peliputannya di dalam negeri maupun di berbagai belahan dunia lainnya, terutama menyangkut topik-topik ketidakadilan, kekerasan dari berbagai pihak, malpraktik pembangunan, serta aneka bentuk penindasan dan pembelaan kepada kaum minoritas atau terpinggirkan, termasuk kaum perempuan dan anak-anak.

Akan dibincangkan pula bagaimana upayanya untuk mempertahankan idealisme serta pilihan humanismenya di tengah aneka perubahan yang terjadi, baik oleh proses demokratisasi, maupun kemajuan teknologi informasi yang sering terlambat disadari oleh sebagian besar masyarakat.

One response to “KELAS KREATIF BENTARA MUDA BERSAMA MARIA HARTININGSIH

  1. Ping-balik: Kelas Kreatif Jurnalisme: Antara Idealisme dan Pragmatisme – Aan Darmawan·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s