Tribute To Maestro

Darah dan Doa

Karya Usmar Ismail. Menampilkan Del Juzar, Farida, Aedy Moward, Sutjipto, Awal, Johana, Suzanna, Rd Ismail, Muradi, Muhsjirsani, Ella Bergen, A. Rachman. Penulis Naskah: Sitor Situmorang, Usmar Ismail

Bahasa Indonesia. 1957. Drama. 128 menit. 15 tahun ke atas

darah dan doaFilm ini mengisahkan perjalanan panjang (long march) prajurit divisi Siliwangi RI, yang diperintahkan kembali ke pangkalan semula, dari Yogyakarta ke Jawa Barat setelah Yogyakarta diserang dan diduduki pasukan Kerajaan Belanda lewat Aksi Polisionil. Rombongan prajurit dan keluarga itu dipimpin Kepten Sudarto (Del Juzar). Perjalanan ini diakhiri pada tahun 1950 dengan diakuinya kedaulatan Republik Indonesia secara penuh. Kapten Sudarto yang dilukiskan bukan sebagai pahlawan tetapi sebagai manusia biasa. Meski sudah beristri di tempat tinggalnya, selama di Yogyakarta dan dalam perjalanannya ia terlibat cinta dengan dua gadis. Ia sering tampak seperti peragu. Pada waktu keadaan damai datang, ia malah harus menjalani penyelidikan, karena adanya laporan dari anak buahnya yang tidak menguntungkan dirinya sepanjang perjalanan.

—————————————————————————————————

Rashomon

Karya Akira Kurosawa. Menampilkan Toshirô Mifune , Machiko Kyô , Masayuki Mori. Penulis Naskah Shinobu Hashimoto, Akira Kurosawa.

Bahasa Jepang dalam subtitle Bahasa Inggris. 1950. Thriller-Drama. 86 menit. 15 tahun ke atas.

FFBBB_rashomonRashomon merupakan film yang diadaptasi dari dua kisah karya Akutagawa Ryūnosuke  Rashomon dan Yabu no Naka (藪の中) bercerita tentang sebuah tindak kejahatan, melalui empat sisi yang berbeda seperti yang diceritakan oleh keempat saksi matanya, termasuk sang pelaku. Setiap cerita jauh berbeda antara satu sama lain sehingga penonton tidak dapat menentukan kebenaran dari peristiwa-peristiwa yang terjadi.

—————————————————————————————————

The Kid

Menampilkan Charlie Chaplin. Penulis Naskah: Charlie Chaplin.

Bahasa Inggris. 1921. Drama-Komedi. 68 menit. Untuk semua usia.

FFBBB_thekidMempersembahkan sinema klasik terpilih karya Charlie Chaplin, mengisahkan seorang anak yang ditinggalkan oleh ibunya yang belum menikah (Edna Purviance), dia berharap akan memberikan kepadanya kehidupan yang lebih baik dengan cara meninggalkannya di sebuah limousine. Sayang sekali, limo itu dicuri, para penjahatnya membuang bayi itu ke sebuah gang yang lalu ditemukan oleh seorang gelandangan kecil. Setelah tak berhasil menawarkan bayi itu pada berbagai macam orangtua yang tepat, Ia lalu berkewajiban untuk memeliharanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s