Kelas Kreatif Bentara “PRASI: DARI TRADISI HINGGA KINI”

Minggu, 16 Februari 2020, pukul 14.00 WITA

Melanjutkan agenda Kelas Kreatif Bentara sebelumnya, kali ini akan dihadirkan lokakarya menggambar di atas daun lontar atau Prasi. Prasi boleh dikata merupakan seni ilustrasi tradisional Bali yang dibuat dengan media daun lontar. Gambar yang umumnya dimuat dalam karya prasi berupa tokoh pewayangan dengan kisah-kisah yang berangkat dari naskah kekawin, kidung dan sebagainya. Di Bali sendiri seni prasi memiliki dua bentuk, yakni prasi yang hanya memuat teks naskah lontar, dan prasi yang berisi gambar ilustrasi dan teks naskah lontar –atau dapat disebut sebagai komik tradisi karena bentuk prasi ini menyertakan gambar dan teks yang dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.

Sebagai narasumber yakni Dudik Ariawan, seorang perupa muda yang belakangan aktif berkreasi dengan mengeksplorasi lontar sebagai medium berkarya. Meskipun bermediakan lontar, pilihan tematik dan pendekatan karya-karya Dudik terbilang sangat kekinian serta boleh dikata mampu memadukan antara perangkat tradisi Bali dengan ragam estetik seni rupa kontemporer.

Melalui Kelas Kreatif Bentara kali ini, publik bukan hanya diajak mengenal ragam seni prasi, namun juga membuka aneka kemungkinan kreatif penciptaan melalui eksplorasi tematik dan medium yang lintas batas. Terlebih di tengah fenomena kini, di mana seni prasi dan lontar kian terpinggirkan karena perkembangan teknologi digital.

Dudik Ariawan, perupa kelahiran 24 Juni 1996 asal Kaliasem, Banjar Buleleng Bali ini pernah meraih penghargaan Karya Cat Air Terbaik I pada Workshop ‘Water Colour’ di Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2015. Ia juga mendapatkan gelar Juara II Lomba Melukis dengan Tema Alam Bawah Laut pada acara Buleleng Bali Dive Festival (BBDF) di Pemuteran Singaraja, 2015 serta Juara I Melukis dengan Tema Alam Bawah Laut di acara yang sama pada tahun 2016. Putu Dudik aktif berpameran, antara lain Pameran 10 Kota di Taman Budaya Yogyakarta tahun 2019, Pameran ONE AND ANOTHER di Monkey Forest Gallery Ubud tahun 2019, Pameran Integrity di Batuan Art Museum tahun 2018 dan Pameran Art(I) ‘Sukat’ di Museum Puri Lukisan Ubud tahun 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s