Putu Kusuma Widjaja

dokumenter_putu-kusuma-widjajaPutu Kusuma Widjaja adalah lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang kemudian melanjutkan studi di Film Academie Amsterdam. Selepas menyelesaikan studi pada 1994 ia bekerja di sebuah stasiun televisi swasta nasional selama sepuluh tahun, sebelum akhirnya memutuskan untuk keluar dan berdiri sendiri.

Sebagai sineas, Kusuma Widjaja pernah terlibat dalam berbagai produksi film antara lain dalam film layar lebar “Under The Tree” arahan sutradara Garin Nugroho. Dalam film tersebut ia berparan sebagai asisten sutradara. Sebelumnya, Kusuma Widjaja terlibat dalam berbagai produksi serial televisi antara lain “Lupus”, “Dua Dunia”, “Tirai Sutra”, “Disaksikan Bulan” dan “Fantasi”.

Ketika pulang ke Bali, Kusuma Widjaja sempat bekerja sebagai penulis skrip dan editor di sebuah rumah produksi di Ubud, Jungle Run. Di situ ia pernah terlibat dalam pembuatan film dokumenter mengenai wabah flu burung, juga dalam pembuatan film dokumenter tentang masyarakat suku Komoro di Papua. Beberapa film karya Kusuma Widjaja seperti “On Moter’s Head”, berhasil menembus Amsterdam Documentary film Festival (IDFA) dan Rotterdam Film Festival.

Kini Kusuma Widjaja menetap di Lovina, sebuah tempat yang sangat indah di Bali utara.

Disunting dari situs Denpasar Film Festival

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s