Pesantian Kidung TIRTA AMERTA DAN MANDARA GIRI

Pesantian Kidung
TIRTA AMERTA DAN MANDARA GIRI
Rabu, 22 Juli 2015, pukul 18.30 WITA

Bagi masyarakat Bali, kidung umumnya dikenal sebagai unsur tak terpisahkan dari ritual-ritual keagamaan. Selain memiliki guru lagu, yakni panduan nada serta tempo tertentu, kidung pun mengandung keindahan serta kecemerlangan bahasa Bali, Jawa Kuno, bahkan juga Sansekerta, yang sarat pula dengan makna dan pesan moral-spiritual. Maka boleh dikata, seni suara yang satu ini tidak hanya menjadi bagian upacara-upacara, namun sekaligus pula sarana edukasi nilai-nilai kehidupan yang luhur.

Bentara Budaya Bali telah berulang menyelenggarakan rangkaian workshop kidung bagi mahasiswa, pelajar dan juga umum, termasuk upaya kolaborasi dengan bidang-bidang seni lainnya guna memperluas apresiasi seni kidung tersebut.

Kali ini, bekerjasama dengan Yayasan Sari Kahyangan dan Komunitas Pengkajian Agama, Budaya dan Pariwisata (PAGARi), Bentara Budaya Bali menggelar agenda Pesantian Kidung yang dipetik dari Kekawin Mahabarata, terutama pada bagian Adiparwa, khususnya mengisahkan tentang perebutan Tirta Amerta, yakni air suci keabadian, antara para Dewa dan Raksasa pada zaman Satyayuga. Guna memperoleh tirta tersebut, baik Dewa maupun Raksasa, harus memutar terlebih dahulu Gunung Mandara atau Mandara Giri, yang konon terletak di Sangka Dwipa (Pulau Sangka). Dengan bantuan Naga Basuki dan Kurma Awatara (kura-kura raksasa) bernama Akupa, yang diyakini merupakan penjelmaan Dewa Wisnu, para Dewa dan Raksasa bersama-sama memutar gunung suci tersebut hingga tirta amerta berhasil diperoleh. Namun, kisah ini kemudian berlanjut dengan pertikaian antara Dewa dan Raksasa, sebagai cerminan pertentangan antara nilai-nilai kebaikan dan keburukan.

Partner:

Logo Komunitas PAGARi

Iklan

One response to “Pesantian Kidung TIRTA AMERTA DAN MANDARA GIRI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s