Sinopsis Pemutaran Film Serangkaian 60Tahun Peringatan Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia

Rudolf the Black Cat
(Jepang, Durasi : 89 menit, Sutradara : Kunihiko Yuyama, Motonori Sakakibara )

Rudolph the Black Cat merupakan sebuah film animasi dari Jepang yang disutradarai oleh Kunihiko Yuyama dan Motonori Sakakibara. Film ini menceritakan mengenai seekor kucing peliharaan berukuran kecil dan berwarna hitam bernama rudolph. Dia terpisah dari pemiliknya dan tersesat di Tokyo. Dia kemudian bertemu dengan seekor kucing besar bernama ippaiattena. Keduanya kemudian menjalin bersahabatan dan berpetualang bersama.

5 Centimeters Per Second
(Jepang, Durasi : 63 menit, Sutradara : Shinkai Makoto)

Judul film ini diambil dari kecepatan gugurnya helai bunga sakura yang diucapkan oleh salah satu tokoh pada awal cerita. Film ini terbagi menjadi 3 episode yang menceritakan sebuah kisah cinta dengan tokoh utama Takaki dengan dua temannya bernama Akari dan Kanae. Tokoh Takaki diceritakan sebagai figur yang tidak bisa melupakan masa lalu, selalu terkungkung dalam bayang-bayang bersama Akari, cinta pertamanya.

Episode 1: Bunga Sakura
Bercerita tentang dua siswa SD, Takaki dan Akari, yang menempati kelas yang sama. Selama di SD mereka berdua sangat akrab dan saling menyukai satu sama lain. Namun kemudian jarak memisahkan mereka. Karena pekerjaan orang tuanya, Akari sekeluarga pindah ke daerah Tochigi. Takaki dan Akari selanjutnya berhubungan melalui surat. Ketika Takaki mengetahui bahwa ia sekeluarga akan pindah ke daerah Kagoshima, Takaki memutuskan untuk mengunjungi dan bertemu Akari sebab setelah kepindahan tersebut jarak yang memisahkan dirinya dengan Akari akan menjadi sangat jauh dan membuat mereka berdua semakin sulit bertemu. Namun, tebalnya salju menyebabkan kereta yang ditumpanginya mengalami keterlambatan.

Episode 2: Cosmonaut
Cerita berkisar pada saat Takaki berada di kelas 3 SMU di daerah Kagoshima (Tanegashima?). Pada saat inilah, sosok Kanae hadir dalam kehidupan Takaki. Kanae, teman sekelas Takaki, jatuh cinta pada Takaki sejak pandangan pertama. Akan tetapi Kanae tidak cukup berani untuk mengutarakan perasaan cintanya kepada Takaki. Di pihak Takaki sendiri tidak ada satu respon sebagai tanda balasan bagi perasaan Kanae. Takaki datar, dingin, terisolasi dalam perasaannya kepada Akari. Kanae pun kemudian sadar akan hal itu. Beberapa kali dilihatnya Takaki selalu tampak sibuk dengan gadget-nya, nampak seperti mengirim pesan ke seseorang di sana. Dan Kanae pun memutuskan untuk menyatakan cintanya.

Episode 3: 5cm per second
Kini Takaki telah lulus sekolah dan bekerja di sebuah perusahaan di Tokyo. Akari bersiap untuk menikah. Kerinduan Takaki akan Akari menjadi semakin akut dan mulai merusak kehidupannya. Satu hari ketika sedang melintasi perlintasan kereta api, Takaki dan Akari berpapasan.

HANA NO ATO
(Jepang, Durasi : 107 menit, Sutradara : Kenji NAKANISHI)

Di zaman Edo. Sekelompok gadis tengah menikmati keindahan bunga sakura. Saat itu Ito putri seorang petinggi bertemu dengan Magoshiro Eguchi, samurai berpangkat rendah yang menarik perhatiannya. Ito menantang Magoshiro bertarung menggunakan tongkat bambu. Keduanya saling tertarik walau Ito tengah dijodohkan dengan Saisuke Katagiri sementara Magoshiro dijodohkan dengan Kayo.

The Garden of Words
(Jepang, Durasi : 46 menit, Sutradara : Makoto Shinkai)

Film the garden of words bercerita tentang seorang laki-laki remaja bernama Takao Akizuki yang baru berusia lima belas tahun. Ada sebuah kebiasaan unik yang selalu dilakukan oleh takao akizuki. Kebiasaan tersebut adalah takao selalu datang ke sebuah taman ketika hujan. Bahkan untuk melakukan kebiasaan tersebut seringkalinya, takao harus bolos dari sekolahnya. Namun nyatanya hal tersebut sama sekali tidak pernah disesali oleh takao. Film ini merupakan sebuah film bergenre animasi yang dirilis pada tahun 2013.

The Place Promised In Our Early Days
(Jepang, Durasi : 91 menit, Sutradara : SHINKAI Makoto)

Cerita pada anime ini berlatar sejarah fiktif. Dalam anime ini diceritakan bahwa setelah PD II, Jepang mengalami pemisahan: bagian selatan, termasuk pulau-pulau utama Honshu dan pulau-pulau selatan lain diduduki oleh Amerika Serikat; sedangkan bagian utara pulau, Hokkaido (dulunya dinamakan Ezo seperti yang disebut di anime), diduduki oleh “UNION” (jika melihat sejarah sesungguhnya terkesan bahwa UNION dalam anime ini mengacu pada Uni Soviet).