Dialog dan Lokacipta KATA RUPA: ALIH KREASI, LINTAS MEDIA

Selasa-Sabtu, 3-7 Desember 2019

Kemajuan dunia audiovisual memang tak selamanya menjadi rahmat. Melekat dalam media-media modern itu sebentuk kecanggihan yang penuh godaan. Melalui mata rupa dan seperangkat alat canggih, peristiwa nyata bisa hadir lebih estetis dan jauh dari realita yang sebenarnya.

Penyuntingan (editing) dan framing atau pembingkaian yang (sengaja) tak akurat, membuahkan sederet gambar yang bersifat mimikri dan cenderung mengelabui, mungkin elok dan molek, namun sesungguhnya berlebihan. Giliran berikutnya, karena tampil berulang secara ritmis dan sugestif, gambar-gambar itu seolah menjelma mantra yang lambat laun menyulap penonton—terutama pemirsa televisi—dari sang subjek yang merdeka berubah menjadi objek yang tersandera.

Maka penting bagi generasi muda dan masyarakat kita yang sedang dalam tahapan transisi menuju demokrasi yang lebih sehat dan dewasa untuk memperoleh pemahaman perihal bagaimana mendayagunakan kecanggihan teknologi digital, kreativitas, dan kerja seni, berikut penggalian wacana dalam konteks yang lebih luas, internasional, guna menemukan perspektif baru.

Hal ini selaras upaya membangun kesadaran generasi muda kini agar terhindar dari aneka peristiwa rekayasa yang manipulatif atau ‘hoax’ di tengah penggunaan teknologi canggih yang semata hanya untuk memuaskan gaya hidup dan hal-hal yang cenderung tidak kreatif.

Mencermati berbagai fenomena di atas, jelaslah bahwa kita tengah mengalami tidak semata perubahan, melainkan percepatan perubahan sebagai akibat kemajuan teknologi, informasi dan audio visual yang tak terbayangkan sebelumnya. Masyarakat, terutama generasi Net, kini menjadi lebih akrab dengan Rupa daripada dengan Bahasa atau Kata.

Selaras itu, Yayasan Sahaja Sehati bekerja sama dengan Subdit Seni Rupa Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud RI serta Bentara Budaya Bali menyelenggarakan program Dialog dan Loka Cipta “KATA RUPA: Alih Kreasi-Lintas Media”, menghadirkan narasumber-narasumber lintas bidang yang akan berbagai pengalaman dan pemahamannya perihal seni rupa, alih kreasi serta kolaborasi lintas media.

Rangkaian program:

Dialog Kata Rupa “Alih Kreasi, Lintas Media”

Selasa, 3 Desember 2019, pukul 18.00 WITA

Narasumber: I Made Susanta Dwitanaya (Perupa, Kurator), Warih Wisatsana (Kurator)

Lokacipta Kata Rupa “Alih Kreasi, Lintas Media”

Rabu-Sabtu, 4-7 Desember 2019, pukul 15.00-18.00 WITA

Narasumber: Ari Bayuaji (Perupa)

Diskusi “Mangurupa dan Keberlanjutan Seni Rupa Bali”

Jumat, 6 Desember 2019, pukul 19.00 WITA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s