Sinema Bentara #KhususMisbar SOSOK ANAK DALAM ANIMASI

Jumat – Sabtu, 26 – 27 April 2019, pukul 18.00 WITA

Sinema Bentara kali ini mengetengahkan film-film animasi terpilih yang mengangkat sosok anak sebagai fokus utama kisahannya. Bukan semata hal-hal lucu dan jenaka yang mengemuka, namun juga sisi-sisi pilu yang mengharukan serta mengundang pertanyaan mendasar tentang arti kehidupan, kejujuran, hingga kesetiakawanan.

Film animasi yang menggunakan teknologi dua dimensi atau tiga dimensi kerap diidentikkan sebagai film anak-anak. Bukan saja lantaran temanya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dan menggunakan sosok anak sebagai tokohnya, terlebih sang kreator menghadirkan kisah-kisah imajinatif dan heroik yang membuat anak-anak menyukai dan menggemarinya. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa orang dewasa juga banyak yang menikmati alur cerita dan meresapi kisah dalam film tersebut.

Terlepas dari aneka ragam penikmat film animasi, jenis film ini sudah mulai diproduksi di awal abad ke-20 saat para pembuat film di Amerika Serikat, Prancis, Jerman, dan Rusia. Kemudian Jepang sebagai salah satu negara yang mempopulerkan ‘anime’ (kartun jepang), mengawalinya pada tahun 1913 dengan First Experiments in Animation oleh beberapa tokoh seperti Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro. Di Indonesia, film animasi mulai dikembangkan tahun 1963 oleh seniman Dukut Hendronoto (Pak Ook) yang sempat belajar animasi di Walt Disney atas rekomendasi Presdien Soekarno. Ia mengembangkan animasi dalam salah satu program di stasiun TVRI. Ajang penghargaan film Academy Awards memberikan penghargaan kepada kreator film animasi sejak tahun 2002 melalui kategori Best Animated Featured yang meningkatkan apresiasi dan penghargaan masyarakat global terhadap film animasi ini.

Adapun film-film yang akan ditayangkan pada Sinema Bentara diantaranya Panji Semirang (Indonesia, 2015, Durasi: 30 menit, Produksi Pusbang Film RI & Blacksheep Studio), Sahabat Pemberani (Indonesia, 2016, 6 episode, Durasi: 65 menit, Sutradara: Sumanti Adefian), Anima für Kids – Bunt & Wild (Jerman, Durasi 70 menit, 2004 – 2013), Cinemanya Weltweit (Jerman, 2004-2014, Durasi: 137 menit)  dan Allegro Non Troppo (Italia, 1976, Durasi: 85 menit, Sutradara: Bruno Bozzetto).

Program ini masih diselenggarakan dengan konsep Misbar, mengedepankan suasana nonton bersama yang hangat, guyub, dan akrab, didukung oleh Pusat Pengembangan Perfilman RI, KPK RI, Goethe Institut Jakarta, Konsulat Kehormatan Italia di Denpasar dan Udayana Science Club. Serangkaian pemutaran film diselenggarakan pula diskusi sinema bersama Anintyas Wening Ambarwaty (Animator, Bali Animasi Solusi Ekakarsa).

Sinopsis :

Panji Semirang

(Indonesia, 2015, Durasi: 30 menit, Produksi Pusbang Film RI & Blacksheep Studio)

Didukung oleh Pusat Pengembangan Perfilman RI

Panji Semirang berlatar cerita kerajaan di Jawa Timur pada masa lampau. Galuh Chandra Kirana sebagai Putri dari Kerajaan Kediri, dan Pangeran dari Kerajaan Daha, Raden Inu Kertapati, yang akan menghelat acara pernikahan antar kerajaan. Namun cerita indah berubah seketika, saat Galuh Chandra Kirana dituduh meracuni sang permaisuri oleh ibu tirinya, Dewi Liku. Melarikan diri dari kerajaannya dengan pengikut setianya, kemudian Galuh Chandra Kirana merubah karakter perempuannya menjadi seorang laki-laki. Ia kemudian membuat kerajaan di dalam hutan Asmarantaka. Bagaimanakah nasib Raden Inu Kertapati yang selalu mencari keberadaannya sejak saat itu. Apakah takdir akan mempertemukan mereka kembali?

Sahabat Pemberani

(Indonesia, 2016, 6 episode, Durasi: 65 menit, Sutradara: Sumanti Adefian)

Didukung oleh KPK RI

Film ‘Sahabat Pemberani’ memperkenalkan tiga karakter utama, yaitu Kirana, Panji dan Krisna yang merupakan 3 sahabat karib. Film ini disajikan dalam bentuk yang menghibur dan sarat dengan pesan serta nilai-nilai kebaikan seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil. Nilai-nilai tersebut tercermin dari kepribadian 3 sahabat yang pemberani dalam setiap petualangannya.

Allegro Non Troppo 
(Italia, 1976, Durasi: 85 menit, Sutradara: Bruno Bozzetto)Didukung oeh Konsulat Kehormatan Italia di Denpasar


Allegro Non Troppo adalah film animasi Italia, merupakan parodi dari Walt Disney ‘s Fantasia. Di awal dan diantara animasi akan diperlihatkan narator dan pemain orkestra dalam film hitam putih yang mengantar narasi dan musik sebelum film dimulai. Film ini mendapatkan nominasi Best Feature pada Chicago International Film Festival 1976 dan penghargaan Special Award pada David di Donatello Awards 1978, serta Golden Cup pada Golden Goblets, Italia 1978.


CINEMANYA weltweit (CINEMANYA International)

(Jerman, 2004-2014, Durasi: 137 menit) 
Didukung oleh Goethe Institut Indonesien

Kompilasi ini merangkum kumpulan film animasi hebat dari program anak-anak DOK Leipzig yang termasyhur. Film-film di dalamnya terfokus di luar tokoh-tokoh animasi komersial, memperkenalkan keberagaman genre yang memiliki tradisi panjang secara menarik, menghibur, dan terutama sesuai untuk anak-anak. Berbagai pengalaman ajaib, petualangan liar, dan kisah penuh empati menyoroti tema-tema besar dalam kehidupan yang disampaikan dengan gaya ringan. Ini adalah kumpulan film yang menggetarkan hati dan akal, dan takkan pernah membosankan – tontonan menyenangkan untuk tua dan muda. 

Judul film: IN 3951 A Ralle und Bolle – fernsehsüchtig (D 2011, 8:45 menit), S: Winfried Bellmann, Doreen Schweikowski
IN 3951 B Kleider machen Freunde (D 2012, 8:29 menit), S: Falk Schuster
In 3951 C Dusty die kleine Hausstaubmilbe (D 2004, 12:08 menit), S: Matthias Bruhn
IN 3951 D Meine erste Hochzeit (D 2009, 5:13 menit), S: Ralf Kukula
IN 3951 E Steinfliegen (D 2009, 14:53 menit), S: Anne Walther
IN 3951 F Josette und ihr Papa (D 2010, 7:57 menit), S: Izabela Plucinska
IN 3951 G Lauf Jäger lauf! (D 2010, 3:31 menit), S: Raphael Wahl
IN 3951 H Monsteriös (D 2011, 2:21 menit), S: Constanze Engel
IN 3951 I Julia und der Schrecken (CH 2012, 4:13 menit), S: Anja Sidler

Pada 2015, di puncak krisis pengungsi Eropa, Goethe Institute, dengan dukungan dermawan dari Asosiasi Seni Jepang dan bekerja sama dengan Federasi Jerman Klub. Film untuk Anak-anak dan Kaum Muda (BJF), mengumpulkan film- film guna memfasilitasi kegiatan pendidikan berbasis media dengan anak-anak pengungsi dan kaum muda. Pemilihan ini dikuratori oleh Michael Harbauer, direktur Festival Film Internasional Schlingel untuk Anak-anak dan Penonton Muda yang berbasis di Chemnitz. Cinebox itu dipasok ke pusat-pusat budaya, sekolah, tempat penampungan pengungsi, dan fasilitas sosial atau budaya di Jerman dan bertujuan untuk membantu memperkenalkan audiens muda kepada budaya dan bahasa baru serta menawarkan hiburan dari rumah-rumah pengungsi yang kerap suram. 

Film pendek usia 6-11 tahun
1. ANGELINHO (IN 5100)
Sutradara: Maryna Shchipak, Jerman , 2011, 05 mnt.
Malaikat pelindung malaikat Angelinho mengawasi seorang bocah lelaki yang hanya  memiliki gangguan di pikirannya dan terus-menerus menempatkan dirinya dalam bahaya. Angelinho benar-benar ingin beristirahat, tetapi apakah dia diizinkan untuk melakukan itu?

2. LOOKS (IN 5101)
Sutradara: Susann Hoffmann, Jerman, 2014, 03 mnt.
Lynx abu-abu ditolak dan dirundung oleh hewan berwarna. Dalam upaya putus asa untuk pengakuan dan penerimaan, ia melakukan sesuatu yang drastis.

3. ZEBRA (IN 5102)
Sutradara: Julia Ocker, Jerman, 2014, 03 mnt.
Zebra yang lalai secara tidak sengaja menabrak pohon, menyebabkan semua garis-garisnya terlepas dari tempatnya. Tidak ada yang seharusnya. Akankah hambatan lain memperbaiki segalanya, atau hanya memperburuk keadaan?

4. UNCARPETED / TEPPICHLOS (IN 5103)
Sutradara: Sathya Schlösser, Tatjana Thüring, Michael Strasser, Jerman, 2014, 05 mnt.
Seorang sultan yang kelebihan berat badan mencari karpet terbang baru, tetapi tak satu  pun dari mereka yang cukup kuat untuk menahan beratnya. Akhirnya, seorang pedagang karpet memiliki ide untuk solusi yang sepenuhnya tidak konvensional, tetapi sangat jelas.
5. A SLIPPERY TALE (IN 5104)
Sutradara: Susanne Seidel, Jerman, 2004, 08 mnt.
Seekor katak jantan jatuh cinta dengan pengantin katak. Hanya ada satu tangkapan: pengantin katak itu tidak nyata, tetapi hanya hiasan pada sandal. Namun demikian, katak ingin melakukan segalanya untuknya – seandainya tidak ada bangau yang lapar setelahnya.

6. MOBILE (IN 5105)
Sutradara: Verena Fels, Jerman 2010, 06 mnt.
Seekor sapi besar gemuk menggantung sendirian di satu sisi ponsel. Anjing, babi, ayam, domba dan tikus di sisi lain memilikinya jauh lebih baik. Akan tetapi, bisakah hewan-hewan itu berkumpul bersama?

7. PRINCE RAT (IN 5106)
Sutradara: Albert Radl, Jerman, 2011, 15 mnt.
Pangeran Rat jatuh cinta dengan seorang putri yang cantik, dan karenanya buta terhadap tikus betina di depan rumahnya. Ketika sang putri diculik oleh seekor naga, dia ingin menyelamatkannya – seperti halnya pesaing terkuatnya.

8. MONSTER’S SYMPHONY (IN 5107)
Sutradara: Kiana Nasghshineh, Jerman, 2012, 04 mnt.
Seorang gadis kecil melakukan latihan suara di hutan dengan beberapa monster sehingga mereka dapat menakuti orang dewasa. Dia sendiri, bagaimanapun, tidak takut pada mereka dan selalu memiliki situasi terkendali – bahkan ketika dia sedang tidur.

9. WOMBO (IN 5108)

Sutradara: Daniel Acht, Jerman, 2013, 08 menit.
Ketika pesawat ruang angkasanya kehabisan energi, kecelakaan Wombo mendarat di sebuah gudang di Bumi. Segera setelah itu, seekor anjing ingin memakannya – dan karena dia terlihat seperti kentang, itu adalah bahaya pertama dari banyak yang dia hadapi.

10. OUT ON A LIMB (IN 5109)

Sutradara: Falk Schuster, Jerman, 2011, 05 menit
Di musim gugur, burung-burung berkumpul bersama untuk terbang ke selatan. Tetapi seekor burung tidak mau menerima bahwa dahan favoritnya kehilangan daunnya. Dia menyalahkan burung-burung lain untuk itu, dengan konsekuensi fatal.
11. LAMBS (IN 5110)
Sutradara: Gottfried Mentor, Jerman, 2013, 04 mnt.
Pada sebuah padang rumput, dua domba induk ingin mengajari anak mereka cara merembes dengan benar dan “menjadi” domba. Kesuksesan tampaknya tidak ada dalam kartu – tetapi kemudian terjadi sesuatu yang mereka temukan sangat melegakan.
Film untuk usia 12 hingga 16

12. FREE-RANGE EGGS (IN 5111)
Sutradara: Daniel Faigle, Jerman, 2007, 10 mnt.
Dua telur bertemu di meja sarapan dan romansa dengan cepat bermekaran. Tapi kebahagiaan mereka tidak berlangsung lama, karena pisau dan alat garam punya rencana lain untuk mereka.

13. FROM DAD TO SON (IN 5112)

Sutradara: Nils Knoblich, Jerman, 2012, 05 mnt.
Seorang narapidana penjara mendapat pesan dari ayahnya yang mengatakan dia butuh bantuan untuk sampai ke ladang. Dalam situasi tanpa harapan, narapidana itu mencari cara agar penjaga penjara menggali tanah ayahnya. 
14. HINTERLAND (IN 5114)
Sutradara: Jost Althoff dan Jakob Weyde, Jerman, 2010, 09 mnt.
Karena bosan, beruang mendapat i-Pod. Ketika seekor gagak mencuri gadget mahal itu, beruang itu memburu si pencuri – dia dengan gigih bertekad untuk mendapatkan kembali miliknya, tidak peduli berapapun biayanya.

15. RISING HOPE (IN 3899)
Sutradara: Milen Vitanov, Jerman, 2012, 10 mnt.
Rising Hope, yang pernah menjadi kuda tercepat di lintasan, berubah menjadi pecundang dalam semalam. Ditinggalkan oleh joki-nya, ia berkeliaran di kota dan menemukan teman baru di anjing greyhound serta sifat sejatinya.

16. WHITE NO WHITE (IN 5115)
Sutradara: Samo (Anna Bergmann), Jerman, 2010, 07 mnt.
Sebuah kisah tentang dua orang, satu binatang kecil, dan sekawanan burung di dunia yang kontras.

17. WIND (IN 5116)
Sutradara: Robert Löbel, Jerman, 2013, 04 mnt.
Angin kencang bertiup terus-menerus, memengaruhi semua bidang kehidupan masyarakat. Orang-orang telah menyesuaikan diri dan menguasai kehidupan sehari-hari mereka sebaik mungkin. Tetapi mereka tidak pernah mempertanyakan dari mana angin datang.

18. ANNIE & BOO (IN 5117)
Sutradara: Johannes Weiland, Jerman, 2003, 15 mnt.
Karena kecelakaan acak, seorang gadis muda bernama Annie ketinggalan kereta dan untuk pertama kalinya dalam hidupnya, bertemu dengan kebetulan. Dia menyebut dirinya Boo, bernama 300, dan belum pernah bertemu seorang gadis sebelumnya.

19. CYBER (IN 5118)

Sutradara: Stefan Eling, Jerman, 2007, 05 mnt.
Seorang pria memiliki segala macam pengalaman baru berkat kemampuan transformasi furnitur ruang tamunya. Tapi perjalanan virtualnya tidak benar-benar membawanya ke mana pun pada akhirnya.

Anima für Kids – Bunt & Wild (Animasi untuk Anak-Anak – Warna-Warni & Seru)

Kompilasi ini merangkum kumpulan film animasi hebat dari program anak-anak DOK Leipzig yang termasyhur. Film-film di dalamnya terfokus di luar tokoh-tokoh animasi komersial, memperkenalkan keberagaman genre yang memiliki tradisi panjang secara menarik, menghibur, dan terutama sesuai untuk anak-anak. Berbagai pengalaman ajaib, petualangan liar, dan kisah penuh empati menyoroti tema-tema besar dalam kehidupan yang disampaikan dengan gaya ringan. Ini adalah kumpulan film yang menggetarkan hati dan akal, dan takkan pernah membosankan – tontonan menyenangkan untuk tua dan muda. 

Judul film: IN 3951 A Ralle und Bolle – fernsehsüchtig (D 2011, 8:45 menit), S: Winfried Bellmann, Doreen Schweikowski
IN 3951 B Kleider machen Freunde (D 2012, 8:29 menit), S: Falk Schuster
In 3951 C Dusty die kleine Hausstaubmilbe (D 2004, 12:08 menit), S: Matthias Bruhn
IN 3951 D Meine erste Hochzeit (D 2009, 5:13 menit), S: Ralf Kukula
IN 3951 E Steinfliegen (D 2009, 14:53 menit), S: Anne Walther
IN 3951 F Josette und ihr Papa (D 2010, 7:57 menit), S: Izabela Plucinska
IN 3951 G Lauf Jäger lauf! (D 2010, 3:31 menit), S: Raphael Wahl
IN 3951 H Monsteriös (D 2011, 2:21 menit), S: Constanze Engel
IN 3951 I Julia und der Schrecken (CH 2012, 4:13 menit), S: Anja Sidler

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s