Festival Film German Cinema 2018

Jumat – Minggu, 5-7 Oktober 2018 di XXI Level 21 Mall, Denpasar

Tujuh film pilihan produksi dua tahun terakhir akan ditayangkan serangkaian German Cinema 2018 di Denpasar. Pada festival yang keenam ini, sebagaimana tahun sebelumnya Pusat Kebudayaan Jerman Goethe Institut kembali bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali. Kali ini film-film pilihan tersebut akan ditayangkan secara bebas bea (gratis) d XXI Level 21 Mall, Denpasar.

Adapun film-film yang diputar di Denpasar antara lain: Königin von Niendorf/Queen of Niendorf (Film Cerita, Sutradara: Joya Thome, Durasi: 67 menit, Produksi: 2016); Wildes Herz/Wild Heart (Dokumenter, Sutradara: Charly Hübner, Sebastian Schultz, Durasi: 94 menit Produksi : 2017); Sommerhäuser/The Garden (Film Cerita, Sutradara: Sonja Maria Kröner, Durasi: 97 menit, Produksi: 2017); Western (Film Cerita, Sutradara: Valeska Grisebach, Durasi: 121 menit Produksi: 2017); Aus Dem Nicht/In the Fade (Film Cerita, Sutradara: Fatih Akin, Durasi: 105 menit, Produksi: 2017); Happy (Dokumenter, Sutradara: Carolin Genreith, Durasi: 85 menit Produksi: 2017); Willkommen Bei Den Hartmanns (Film Cerita, Sutradara: Simon Verhoeven, Durasi: 116 menit, Produksi: 2017).

Film-film ini telah melanglang buana dan memeroleh penghargaan di berbagai festival dunia, sekaligus mendapat sambutan hangat dari publik, khususnya para kritikus. Selain di Denpasar, festival ini diselenggarakan pula di beberapa kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Makassar, Yogyakarta dan Surabaya. Sinema-sinema pilihan tersebut mengedepankan cerita-cerita seru berlapis kemungkinan, bukan sekadar menghibur namun juga mengajak publik untuk turut meresapi kehidupan sehari-hari berikut kemelut serta konflik para tokohnya yang penuh kompleksitas.

Tempat terbatas, bagi para pemirsa dimohonkan hadir minimal 1 jam sebelum waktu penayangan film. Berikut ini sinopsis dan jadwal pemutaran:

Königin von Niendorf (Queen of Niendorf)
Jumat, 5 Oktober 2018, pukul 15.00 WITA
Film Cerita, Sutradara: Joya Thome, Durasi: 67 menit, Produksi: 2016
Kategori usia: 8 tahun ke atas

Liburan musim panas, Lea (10) sedang menjelajahi kota asalnya Niendorf di Brandenburg, Jerman Timur. Dia mendapati lima pemuda telah membangun rakit sendiri di sebuah danau kecil. Tapi rakit itu milik mereka – tidak ada perempuan yang bisa ikut! Tetapi karena Lea ingin lebih dari apa pun untuk menjadi anggota geng, ia membujuk mereka untuk menguji keberaniannya. Sejak saat itu, ia memiliki musim panas penuh petualangan.

Wildes Herz (Wild Heart)
Jumat, 5 Oktober 2018, pukul 17.00 WITA
Dokumenter, Sutradara: Charly Hübner, Sebastian Schultz, Durasi: 94 menit Produksi : 2017
Kategori usia: 15 tahun ke atas

Wild Heart adalah film dokumenter tentang Jan “Monchi” Gorkow, penyanyi band punk Feine Sahne Fischfilet dari Mecklenburg-Vorpommern. Band ini melibatkan dirinya secara terbuka melawan rasisme, seksisme dan homophobia, tetapi juga melawan emigrasi dan frustrasi yang mengikuti reunifikasi Jerman. Sutradara film adalah aktor Charly Hübner, yang lahir di Mecklenburg sendiri dan yang memulai debutnya sebagai sutradara film dengan “Wild Heart”.

Penghargaan: Festival Internasional untuk Film Dokumenter dan Film Animasi Leipzig 2017. DEFA: Penghargaan Kemajuan, Goethe Institute: Dokumenter Award, Service Workers Union Verdi: Thought Exposure Awar

SOMMERHÄUSER (The Garden)
Sabtu, 6 Oktober 2018, pukul 15.00 WITA
Film Cerita, Sutradara: Sonja Maria Kröner, Durasi: 97 menit, Produksi: 2017
Kategori : Dewasa

Jerman, musim panas 1976: Eva, suaminya Bernd, dan anak-anak mereka pergi ke pondok musim panas, Nenek Sophie. Ini adalah tradisi lama bahwa semua keluarga besar bertemu di sana setiap tahun untuk menghabiskan liburan bersama. Namun tahun ini semuanya berbeda: Sophie baru saja meninggal, dan petir telah menghancurkan pohon tua di kebun. Sementara anak-anak bersenang-senang tanpa beban, orang dewasa menjadi semakin tegang. Eva merasa terganggu oleh kakak iparnya Gitti, dan Bernd mencoba membuat catatan langsung dengan ayahnya Erich. Sementara itu, anak-anak menjelajahi lingkungan sekitar dan perumahan misterius di sebelahnya. Ketika seorang gadis dari daerah itu menghilang, berita dramatis mengancam untuk menghancurkan harapan reuni keluarga yang indah.

Penghargaan: Skenario Terbaik Bavarian Film Awards 2018, Winner Young German Cinema Award – Direction (Regie) Munich Film Festival 2017

WESTERN
Sabtu, 6 Oktober 2018, pukul 17.00 WITA
Film Cerita, Sutradara: Valeska Grisebach, Durasi: 121 menit Produksi: 2017
Kategori Usia : 15 tahun ke atas

Sekelompok pekerja konstruksi Jerman memulai pekerjaan berat di lokasi terpencil di pedesaan Bulgaria. Tanah asing membangkitkan rasa petualangan manusia, tetapi mereka juga dihadapkan dengan prasangka dan ketidakpercayaan mereka sendiri karena hambatan bahasa dan perbedaan budaya. Panggung cepat ditetapkan untuk konfrontasi ketika pria mulai bersaing untuk mendapatkan pengakuan dan dukungan dari penduduk desa setempat.

AUS DEM NICHT (In the Fade)
Sabtu, 6 Oktober 2018, pukul 19.00 WITA
Film Cerita, Sutradara: Fatih Akin, Durasi: 105 menit, Produksi: 2017
Kategori : R (Dewasa) 21 tahun ke atas

Kehidupan Katja runtuh setelah kematian suami dan putranya dalam serangan bom. Setelah masa berkabung dan ketidakadilan, Katja berusaha membalas dendam.

Penghargaan: Winner Best Motion Pictures – Foreign Language Golden Globes, USA 2018, Winner Best Actrees – Bavarian Film Awards 2018, Winner Best Actrees – Cannes Film Festival 2017

HAPPY
Minggu, 7 Oktober 2018, pukul 15.00 WITA
Dokumenter, Sutradara: Carolin Genreith, Durasi: 85 menit Produksi: 2017
Kategori Usia: 17 tahun ke atas

Carol Dieter menyusul ayahnya pergi ke Thailand setelah ia mendapatkan kartu pos yang mengatakan bahwa ayahnya baik-baik saja setelah bercerai dari Ibunya. Ayahnya menghabiskan waktu makan Pad Thai, minum bir dan menempui perempuan muda yang tak jauh usianya dari Carol Dieter. Apakah ini adalah mimpi buruk bagi Carol?

Penghargaan: Audience Award Duisburger Film Week

WILLKOMMEN BEI DEN HARTMANNS
Minggu, 7 Oktober 2018, pukul 16.45 WITA
Film Cerita, Sutradara: Simon Verhoeven, Durasi: 116 menit, Produksi: 2017
Kategori usia: 17 tahun ke atas

Keluarga Munich yang kaya menawarkan tumpangan ke pengungsi. Diallo dari Nigeria segera berteman di antara anggota keluarga, tetapi mereka diuji ketika mereka harus menghadapi rasisme, birokrasi dan kecurigaan teror karena dia.

Penghargaan: Winner Audience Award as Best Film – Bavarian Film Awards 2017, Winner Audience Award – German Film Awards 2017, Winner German Cinema Award for Peace- Best National Director – Munich Film Festival 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s