FESTIVAL OF INDONESIANITY OF THE ARTS (FIA)#1 “EMPOWERING TAKSU”

Akademika Bentara
Pembukaan : Senin, 10 September 2018, pukul 19.00 WITA
Pameran berlangsung : 11 – 20 September 2018, pukul 10.00 – 18.00 WITA
Diskusi : Senin, 10 September 2018, pukul 15.00 – 18.00 WITA

Serangkaian Festival of Indonesianity in The Arts, yang digagas Pusat Penelitian LP2M ISI Denpasar, dan bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali, dihadirkan berbagai program seni budaya yang mengelaborasi tajuk “Empowering Taksu”. Seluruh program ini merupakan proses cipta yang berbasis penelitian di lapangan, juga mengedepankan ragam seni yang lahir dari pendalaman konsep terpilih sekaligus mencerminkan adanya kolaborasi yang bersifat lintas latar dan bidang; mempertautkan antara seni lukis, fashion, film, desain komunikasi visual, kriya, karawitan, pedalangan, serta seni tari. Secara khusus juga diadakan acara diskusi atau timbang pandang yang menelisik lebih jauh perihal konsep dan hasil penelitian di lapangan, serta perspektifnya bagi penciptaan mendatang.

Rujukan tematik kali ini mengandaikan taksu sebagai energi, karisma, sekaligus keluhuran yang memancar dari karya seni –cerminan pergulatan kreatif yang panjang dari seniman, yang tidak hanya mendayagunakan kekuatan intuisi dan imajinasinya, melainkan juga mendasarinya dengan olah nalar serta pengetahuan secara intens.

Melalui elaborasi dan kolaborasi kali ini berupaya dipresentasikan perihal ke-Indonesiaan dalam praktik seni hari ini. Seturut itu, dibincangkan pula perihal bukti-bukti dan data hasil ciptaan seni selama ini yang berbicara tentang tema-tema kebangsaan, baik dari konsep estetika nusantara, berwujud serapan dari bentuk, ikon, maupun beragam teknik tradisional yang telah dan tengah bertumbuh secara lintas zaman.

Program ini merupakan desiminasi hasil penelitian dan penciptaan dosen ISI Denpasar. Bertindak sebagai kurator yakni Prof. Dr. I Wayan Dibia dan Dr. I Wayan ‘Kun’ Adnyana, serta selaku Ketua Panitia kegiatan yakni Dr Ni Luh Sustiawati MPd.

Akan ditelaah pula mengenai fenomena festival seni dari sudut tata kelola, berikut posisi seniman selaku pemeran ataupun pencipta, terutama dalam seni panggung (pertunjukan). Selaku narasumber timbang pandang yakni: Nirwan Dewanto (Budayawan, Jakarta), Ni Putu Putri Suastini (Pegiat Seni Panggung, Bali), dan Candra Ayu Probirini (Penari, Penggiat Festival, Surabaya).

Pameran diikuti antara lain: Drs. I Wayan Gulendra M.Sn (Seni Lukis), Drs. A.A Ngr. Anom Mayun K. Tenaya M.Si (Desain Fashion), Ida Bagus Trinawindu S.Sn, M.Erg (Desain Komunikasi Visual), I Kadek Dwi Noorwatha, S.Sn., M.Ds (Desain Interior), Cokorda Istri Puspawati Nindhia, S.Sn., M.Sn. (Fotografi), Drs. I Ketut Buda, M.Si. (Televisi-Film), I Nyoman Laba, S.Sn., M.Sn. (Kriya Seni), Dra. Dyah Kustiyanti M.Hum (Tari), Saptono, S.Sen., M.Si (Karawitan), I Kadek Widnyana SSP., M.Si (Pedalangan), I Gede Gunadi Putra S.Sn., M.Sn (Sendratasik), I Gede Oka Surya Negara SST., M.Sn (Tari)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s