Pameran Kartun Sanur Village Festival 2018 GLOBALISEXY

Pembukaan : Sabtu, 18 Agustus 2018, pukul 17.00 WITA
Pameran : 18 Agustus – 18 September 2018
Diskusi : Rabu, 29 September 2018

Serangkaian program Sanur Village Festival 2018 diselenggarakan sebuah Pameran Kartun merujuk tajuk Globalisexy, pada18 Agustus hingga 18 September 2018. Berlokasi di Retro Resto, Jalan Danau Tamblingan, Sanur Denpasar, eksibisi ini diikuti 10 kartunis lintas generasi, antara lain Jango Pramarta, Putu Ebo, Monez Gusmang, Agung Yudha, Cuk, Pinki, Krisna, Andik, Diant dan Nuriartha.

Selaras tajuk pameran ini, 30 karya kartun yang dihadirkan berupaya mengkritisi perubahan dari fenomena globalisasi yang berdampak pada tatanan sosial, budaya, politik, ekonomi, pariwisata di Bali. Beragam dinamika perubahan yang berkembang di Bali, ditangkap oleh kartunis sebagai rujukan kesadaran mereka dengan karakter yang berbeda-beda.

Selain itu, secara khusus ditampilkan pula salah satu karya terpilih maestro Indonesia, GM Sudarta. Pameran kali ini juga sekaligus didedikasikan untuk GM Sudarta telah berpulang pada 30 Juni 2018 lalu serta telah dikebumikan di Yogyakarta. Ia tersohor dengan sosok Oom Pasikom, terbit berkala di harian Kompas sedari bulan April 1967.

Pembukaan pameran akan berlangsung pada Sabtu, 18 Agustus 2018, pukul 17.00 WITA oleh Konsul Kehormatan Polandia di Denpasar, Ida Bagus Lolec, dikenal pula sebagai kartunis senior Bali. Peresmian pameran akan dimaknai juga pembacaan puisi.

Jango Pramartha koordinator pameran Globalisexy mengatakan, bahwa nanti disamping acara pameran juga akan diadakan diskusi tentang perkembangan dunia kartun di Bali. Program diskusi atau timbang pandang ini akan diselenggarakan pada Rabu, 29 Agustus 2018 di Retro Resto.

Dok. Bogbog Cartoon

Jango sendiri memang memiliki kedekatan dan jalinan persahabatan yang erat dengan GM Sudarta, terlebih sewaktu ia kemudian menggantikan GM Sudarta sebagai Ketua Pakarti atau Persatuan Kartunis Indonesia.

Lebih jauh, Jango juga mengungkapkan bahwa semangat dasar dari kegiatan ini yakni menggeliatkan kembali kehidupan seni karikatur di Indonesia. Ia mencontohkan sejumlah peristiwa penting yang menjadi momentum bagi perkembangan seni karikatur di Indonesia seperti Borobudur Cartoonist Forum, Pameran Kartun Democrazy di ARMA Museum (2005).

Gagasan penyelenggarakan Pameran Kartun di Sanur Village Festival ini juga tak terlepas dari upaya menumbuhkan kesadaran tentang seni karikatur yang sesungguhnya berifat lintas batas, serta membangun kembali suasana pergaulan kreatif yang guyub hangat.

Adapun program ini terselenggara atas kerjasama Sanur Village Festival 2018, Retro Resto, serta didukung oleh Bogbog Cartoon Magazine dan Bentara Budaya Bali.

Dok. Bogbog Cartoon

Menurut Yudha Bantono, selaku Koordinator Media dan Publikasi Sanur Village Festival, pemilihan lokasi penyelenggaraan pameran di sebuah resto, tepatnya di Retro Resto, juga bukan tanpa alasan khusus. Ia mengungkapkan bahwa Bali sesungguhnya membutuhkan lebih banyak ruang alternatif untuk apresiasi kesenian, yang mana kini masih terbatas pada konteks galeri semata. Bila merunut kembali kesejarahannya, tak dipungkiri bahwa banyak peristiwa seni, diskusi, yang hadir dan lahir melalui ruang alternatif seperti cafe, resto, juga pub.
Selain itu, sang pemilik Retro Resto, Bapak Wayan Suadana, adalah sosok yang selama sekian kurun waktu aktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kesenian. Keterlibatannya selama ini selaras upaya menumbuhkan iklim kesenian yang lebih baik di Bali.

Boleh dikata ini merupakan bagian dari kecenderungan seni saat ini yang bersifat partisipatoris, dimana pencipta dan apresiator lebur menjadi satu; tak ada lagi istilah penonton atau yang ditonton. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s