Workshop Seni Pertunjukan BERSAMA ENRICO BONAVERA

Rabu, 8 Agustus 2018, pukul 19.00 WITA

Setelah program pertunjukan dan workshop topeng yang diselenggarakan Kedutaan Besar Italia dan Italian Cultural Instititue Jakarta, Maestro seni panggung Italia, Enrico Bonavera,  menyelenggarakan lokakarya seni pertunjukan di Bali, seraya berbagai pengalaman serta pemahamannya mengenenai Arlecchino dan Commedia dell’arte.

Selain menggelar lokakarya di Bentara Budaya Bali, Enrico Bonavera secara khusus juga akan hadir serta mengeksplorasi beragam topeng dari seluruh dunia, termasuk pula  koleksi topeng Commedia dell’Arte, di Rumah Topeng Setia Darma, Ubud pada 9 Agustus 2018 pukul 15.30 WITA. Program ini terselenggara atas kerjasama dengan Konsulat Kehormatan Italia di Bali, juga Rumah Topeng Setia Darma.

Commedia dell’Arte adalah bentuk awal teater profesional, berasal dari Italia, yang populer pada abad 16 sampai 18. Commedia dell’Arte adalah bentuk teater di mana para lakonnya melakukan improvisasi dialog dan mengenakan kostum berwarna-warni. Karakteristik Commedia dell’Arte lainnya adalah penggunaan topeng dalam penceriteraan.

Commedia dell’Arte merupakan pementasan pertunjukan berdasarkan skenario tapi terlebih lagi adalah improvisasi, masuk dan keluarnya lakon ke/dari panggung sudah ditentukan. Ciri khas lain dari Commedia dell’Arte adalah lazzi. Sebuah lazzo berarti candaan atau sesuatu yang lucu atau jenaka, yang biasanya sudah dikuasai oleh pemeran lakon sebagai candaan rutin. Commedia dell’Arte dikenal juga karena pantomim, yang sering kali digunakan terutama oleh tokoh Harlequin.

Enrico Bonavera adalah salah satu pemeran terbaik untuk karakter Harlequin, ikon Commedia dell’Arte Italia, di dunia. Enrico Bonavera sudah tampil di panggung sejak tiga dekade. Ia adalah murid dari Ferruccio Soleri. Bonavera saat ini juga menjadi tutor untuk Commedia dell’arte Academy di Piccolo Teatro di Milan dan Sekolah Teater Shapkin di Moskow. Bonavera pernah memperoleh penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Terbaik di Festival Teater Borgio Verezzi dengan memerankan Harlequin di karya Carlo Goldoni yang bertajuk “The Venetian Twins” (I due gemelli veneziani). Tahun 2007 Bonavera memenangkan penghargaan “Golden Harlequin” di Mantua – sebuah penghargaan yang sebelumnya dimenangkan oleh Marcel Marceau, Dario Fo, Ferruccio Soleri dan Carolyn Carlson.

Sejak 1987 hingga saat ini Enrico Bonavera membawakan lakon Brighella dan Arlecchino dalam “the Servant of Two Masters” (Il servitore di due padroni) yang disutradarai oleh Giorgio Strehler di Piccolo Teatro di Milan. Dengan mahakarya tersebut ia berhasil mengelilingi dunia: Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Amerika Selatan (Cile, Brasil, Ekuador), Afrika Utara (Ajlazair dan Mesir) dan juga Asia (jepang dan Cina).

Enrico Bonavera pernah bekerja sama dengan teater sipil, teater swasta dan perkumpulan teater. Sebagai aktor, Bonavera pernah disutradarai oleh Strehler, Lassalle, Sciaccaluga, Amelio, Battistoni, Boso, Kerbrat, Friedel, Hörtnagl, Gallione, Conte, Emiliani, Bartoli, Maifredi, Zecca. Sebagai pengajar sejak 1990 ia berkolaborasi dengan Scuola del Teatro Stabile di Genoa. Enrico Bonavera pernah mengajar di ENSATT di Lyon, di European Summer School di S. Miniato Pisa, di pusat pelatihan Teatro del Veneto dan di Pusat Topeng di Abano Terme yang dikepalai oleh Donato Sartori. Sejak 2004 Bonavera adalah asisten profesor di DAMS Universitas Imperia. Enrico Bonavera telah memberikan beberapa workshop di Universitas “La Sapienza” di Roma, Universitas Rio de Janeiro, University of Oslo, di HKPA Hong Kong, Summer Campus of the New York University di Firenze.

Workshop dan bincang proses kreatif serupa ini juga pernah diselenggarakan di Bentara Budaya Bali, bersama maestro teater Eugenio Barba (Odin Teatret) dan Julia Varley, seniman lukis cat air Atanur Dogan (Turki/Kanada), perupa Indigineous-Aborigin sohor Jandamarra Cadd, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s