Workshop & Pertunjukan “LONTAR DALAM BUDAYA BALI”

Minggu, 22 Juli 2018
Workshop : pukul 15.00-17.00 WITA
Pertunjukan: pukul 19.00 WITA

Bentara Budaya Bali kembali bekerjasama dengan Yayasan Sari Kahyangan Indonesia, SMP Pancasila Canggu, dan Pasraman Patih Ulung, kembali menyelenggarakan acara Workshop dan Pertunjukan “Lontar dalam Budaya Bali”. Sebagai narasumber antara lain Prof. Dr. I Wayan Sukayasa, M.Si., (akademisi, pengkaji Lontar), I Wayan Sujana, S.Ag. (pemangku, penghayat budaya Bali), I Kadek Yoga Pratama Putra (penulis lontar) dan Dr. Ketut Sumadi, M.Par. (akademisi, pengamat seni budaya). Workshop menulis lontar ini merupakan rangkaian workshop dan pembahasan perihal lontar sebelumnya, sebagai upaya mengembangkan apresiasi terhadap aksara Bali.

Leluhur orang Bali zaman dulu menuliskan ilmu pengetahuannya pada daun lontar (rontal). Jika hendak menyelami local wisdom dan local genius Bali, pelajarilah Lontar-Lontar yang ada di Bali, karena isi lontar menyangkut pengetahuan tentang Sekala (dunia nyata) dan Niskala (dunia gaib). Lontar yang tersebar di berbagai desa, baik koleksi pribadi, perpustakaan, maupun lontar yang tersimpan di Pura, tempat suci umat Hindu berisi pengetahuan tentang kehidupan, karakter, dan kebudayaan orang Bali. Sampai sekarang Lontar di Bali diyakini sebagai “Pustaka Suci”, disebut pula “Candi Pustaka” sebagai stana Sang Hyang Aji Saraswati, manifestasi Sang Hyang Widhi/Tuhan sebagai pencipta dan penguasa ilmu pengetahuan. Dalam konteks kehidupan sehari-hari, apa makna symbol tersebut, perlu dikaji lebih mendalam seirama dengan perkembangan budaya masa kini.

Kini di tengah berkembangnya teknologi grafika dan media digital muncul fenomena, bahwa Lontar Bali kian terpinggirkan. Kalangan generasi muda banyak yang merasa asing dengan Lontar, bahkan tidak tahu apa itu Lontar, karena mereka tidak mendapatkan pelajaran mendasar tentang keberadaan warisan pusaka budaya yang “bernilai intangible” tersebut.

Workshop ini bertujuan menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap Lontar, selaras upaya menumbuhkan pemahaman generasi muda betapa pentingnya eksistensi Lontar dalam kehidupan di Bali sebagai sumber local wisdom dan local genius yang menjadikan Bali dikenal sebagai “Pulau Dewata”. Dari acara ini dapat digali lebih jauh makna ilmu pengetahuan atau ajaran-ajaran dalam lontar di Bali yang sarat nilai luhur kehidupan. Selaras itu, sebagai kelanjutan dari agenda ini akan diprogramkan pula sebuah pameran serta upaya-upaya pendokumentasian Lontar-Lontar langka.

Lokakarya ini dimaknai pula Pertunjukan bertajuk “Lontar-Lontar”, sebuah garapan seni kontemporer yang terinspirasi dari lika-liku perkembangan peradaban menulis Lontar para leluhur zaman dulu, sampai akhirnya kini berhadapan dengan budaya globalisasi yang digital, di tengah berkembangnya Bali sebagai daerah wisata. Sebagai produser dan penanggungjawab adalah Dr. Ketut Sumadi, M.Par., koreografer I Gede Antika, S.Sn, M.Pd dan I Made Sulendra, S.Sos.H, M.Pd. Penabuh: SMP Pancasila Canggu dan Pasraman Patih Ulung. Pemain: siswa SMP Pancasila Canggu, Pasraman Patih Ulung, dan Yayasan Sari Kahyangan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s