Kelas Kreatif Bentara “MENULIS RESENSI FILM”

Sabtu, 21 Juli 2018, pukul 14.00 – 17.00 WITA

MENDAFTAR SEKARANG

KELAS RESENSI #2

Setelah pada seri sebelumnya Kelas Kreatif Bentara mengetengahkan lokakarya seputar Dunia Digital berikut ragam kemungkinannya untuk pengembangan kreativitas, kini akan diselenggarakan pembekalan dalam bidang penulisan kreatif, khususnya Menulis Resensi Film.

Program ini merupakan kelanjutan dari Kelas Kreatif Bentara: Resensi Seni dan Kritik Film yang digelar pada April 2017 bersama sastrawan Oka Rusmini. Pertemuan tersebut merupakan pengantar awal mengenai penulisan resensi seni atau kritik film, di mana bukan semata mengedepankan keterampilan berbahasa, akan tetapi juga bagaimana sudut pandang penulis yang kuasa merangkum kedalaman referensinya sekaligus dapat menguraikan keunggulan ataupun kelemahan dari karya seni yang tengah dikritisinya ini.

Pada kesempatan kelas kreatif kali ini akan difokuskan untuk mendalami resensi film, baik yang dihadirkan di halaman media koran atau situs online, maupun dalam ragam talkshow di radio dan televisi.

Kelas Kreatif Bentara: Menulis Resensi Film ini akan dilangsungkan sebanyak tiga seri pertemuan, memadukan antara pembekalan teori serta praktik. Materi akan diisi seputar dasar-dasar penulisan kreatif hingga langkah-langkah menganalisis film berdasarkan pembacaan atas tema, latar historis film dimaksud, sejarah perfilman Indonesia dan dunia, serta silang referensi dengan film-film lain bertema serupa, kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan resensi atau ulasan sinema.

Program ini akan diselaraskan dengan agenda Sinema Bentara, sebagai bagian dari sesi praktik menonton film terpilih untuk peserta kelas. Lokakarya ini akan dipandu oleh pemateri yakni Ni Ketut Sudiani (Redaktur Tribun Bali).

Adapun peserta terbatas untuk 50 orang dan bersedia mengikuti kelas ini secara penuh (4 kali pertemuan). Peserta diharapkan telah memiliki latar atau kemampuan dasar menulis.

Ni Ketut Sudiani menulis puisi, cerpen, esai dan novel. Alumni Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Udayana ini kini merupakan redaktur di Tribun Bali. Tulisan-tulisannya dimuat di sejumlah media, seperti Kompas Minggu, Media Indonesia, Suara Merdeka, Jurnal Nasional, Bali Post, Jurnal Sundih, Radar Bali dan lainnya. Tulisannya terangkum dalam antologi bersama seperti Buku Kumpulan Esai, Menteri Lingkungan Hidup, Jakarta, 2006, antologi Puisi, “Jalan Angin”, 2006, antologi Puisi “Kota di Utara Peta”, 2007, antologi Puisi “100 Puisi Terbaik’, INTI dpp Jakarta, 2007, buku Biography Kreatif, “Waktu Tuhan (Wianta)”, 2008, antologi Puisi “Kampung Dalam Diri”, 2008, antologi Puisi “Keranda Emas”, 2008, antologi Cerita Pendek, Akademika, 2009 dan antologi Puisi dwibahasa , Indonesia – Prancis “ Warna Perempuan” 2011. Meraih Juara III Journalist Award Bali, mengikuti Youth Forum di Manila, Filipina, 2009; Pertukaran Pemuda Indonesia – Kanada, 2011 -2012, Pertukaran Penulis Muda Indonesia – Australia, 2014, Ubud Writers and Readers Festival, 2014.

Ketentuan Peserta :
1. Peserta terbatas 50 orang, terbuka untuk UMUM (usia minimal 15 tahun)
2. Kelas terbagi dalam 4 sesi pertemuan dan praktik, peserta diharapkan dapat mengikuti semua kelas dengan jadwal yang telah ditetapkan
3. Peserta diharapkan membawa contoh tulisan yang pernah dibuat (dapat berupa ulasan, resensi, berita jurnalistik, esai)

Jadwal Pertemuan :

Kelas Ke – Waktu Durasi Materi Tempat
Pertama Sabtu, 21 Juli 2018

Pukul 15.00 – 20.00 WITA

5        jam 1.      Pengenalan awal/teori dasar-dasar penulisan

2.      Praktik menonton film

3.      Tugas 1

Bentara Budaya Bali:

Jl. Prof. Ida Bagus Mantra No.88A, bypass Ketewel, Sukawati, Gianyar

Kedua Minggu, 29 Juli 2018

Pukul 15.00 – 18.00 WITA

3 jam Presentasi dan Pembahasan Tugas 1

 

Ketiga * Sabtu, 18 Agustus 2018

Pukul 15.00 – 20.00 WITA

5 jam
  1. Pendalaman teori
  2. Praktik Menonton Film
  3. Tugas 2
Keempat * Minggu, 19 Agustus 2018

Pukul 15.00 – 18.00 WITA

3 jam Presentasi dan Pembahasan Tugas 2

 

Evaluasi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s