Akademika Bentara “PAMERAN TUGAS AKHIR MAHASISWA FSRD ISI DENPASAR”

Pembukaan : Senin, 2 Juli 2018, pukul 19.00 WITA
Pameran berlangsung: 3 – 4 Juli 2018, pukul 10.00 – 18.00 WITA

I Komang Oka Saputra, Akan Ku Kejar, 2018, 120x70cm, Fiber Glass

I Komang Oka Saputra, Akan Ku Kejar, 2018, 120x70cm, Fiber Glass

Sebagaimana sebelumnya, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali menyelenggarakan Pameran Tugas Akhir Mahasiswa, diikuti 63 peserta di antaranya berasal dari Program Studi Seni Murni (32 orang), Kriya Seni (11 orang) dan Fotografi (20 orang).

Pameran tugas akhir ini, merujuk tajuk “Keragaman Kreatif Dalam Merajut Persatuan”, adalah sebuah tahapan yang menguji hasil-hasil latihan atau praktik penciptaan para kreator muda. Merefleksikan pula upaya berkelanjutan dari sebuah lembaga pendidikan seni, yang memang berkewajiban mengondisikan suatu atmosfer kreatif di mana mahasiswa berkesempatan mengasah bakat, kecerdasan intuisi dan daya analisanya secara lebih terarah serta terukur menuju tahapan kematangan sebagaimana yang diterakan oleh kurikulum.

Pertautan antara bakat alam, kecerdasan intuisi dan intelektualitas telah terbukti selama ini mendorong para kreator bereksprimen dengan berbagai kemungkinan yang tak terduga, serta terhindar dari proses cipta yang bersifat spekulatif atau cenderung serba kebetulan. Layak dicatat, tidak sedikit seniman-seniman sohor Indonesia dan dunia mulai terasah bakatnya sewaktu yang bersangkutan menempuh studi di perguruan atau institut seni.

I Putu Madu Sedana, Bhatara Kala Kroda, 2018, 160x120 cm, Cat Akrilik di Kanvas

I Putu Madu Sedana, Bhatara Kala Kroda, 2018, 160×120 cm, Cat Akrilik di Kanvas

Agenda yang terangkum dalam program Akademika Bentara ini selaras pula dengan visi misi Bentara Budaya, yakni bukan saja membuka ruang bagi seniman-seniman mumpuni dan maestro, tetapi juga mengapresiasi mereka yang tengah meneguhkan eksistensinya, termasuk upaya edukasi terkait pengembangan bakat dan minat.

Selain di Bentara Budaya Bali, pada waktu bersamaan, Pameran Tugas Akhir Mahasiswa FSRD ISI Denpasar ini dilangsungkan pula di Plaza Renon, khusus untuk Jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion serta Televisi dan Film (TVF).

Ini juga bukan kali pertama Bentara Budaya Bali bekerjasama dengan ISI Denpasar, khususnya Fakultas Seni Rupa dan Desain. Bukan saja menyelenggarakan Pameran Tugas Akhir Mahasiswa, namun juga pameran mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Fotografi, Desain Fashion, serta beberapa kali pemutaran film kreasi mahasiswa Prodi Televisi dan Film.

I MADE SATRIYA DWI BASKHARA- ZAMAN SEKARANG DI KOTA DENPASAR-50 CM - FOTO DI PIRING

I Made Satriya Dwi Baskhara- Zaman Sekarang di Kota Denpasar_50 CM _Foto di Piring

Selain itu, terkait program Akademika Bentara, Bentara Budaya Bali juga sempat bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Jurusan Film dan TV ISI Denpasar, Jurusan Fotografi ISI Denpasar, Tim Jurnalistik Maestro Fakultas Teknik Universitas Udayana, Persma Linimassa Universitas Udayana, Persma Akademika Universitas Udayana, Udayana Science Club, BEM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, BEM PM Universitas Udayana, STMIK STIKOM Bali, Alfa Prima, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Papua Centre FISIP Universitas Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s