Akademika Bentara PERS KAMPUS SELINGKAR KABAR

Talkshow, Lomba News Anchor dan News Paper
Bersama Pers Mahasiswa Akademika Universitas Udayana
Minggu, 27 Mei 2018, pukul 08.00 WITA

Bukan kali pertama Pers Mahasiswa Akademika Universitas Udayana bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali, menyelenggarakan sejumlah acara terkait perkembangan perkembangan jurnalistik dan persuratkabaran, baik umum maupun tertaut pers kampus dan kalangan pelajar. Kali ini, selain talkshow terkait peran jurnalistik dalam kehidupan berdemokrasi di tanah air, diadakan pula sejumlah lomba berskala nasional perihal News Anchor dan Mini News Paper bagi kalangan mahasiswa dan pelajar.

Tampil sebagai narasumber talkshow yakni Dr. Ni Made Ras Amanda G. S.Sos, M.Si (Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Udayana) dan Ida Setyorini (Wartawan Harian Kompas), yang secara khusus membincangkan fungsi pers sebagai salah satu pilar demokrasi yang berperan penting dalam arus informasi di masyarakat, tak terkecuali sikap kritis menyangkut berbagai isu dan kebijakan pemerintah. Akan dibincangkan pula media-media yang bersifat partisan, mendukung atau tak segan memberitakan hal-hal yang menjatuhkan pihak tertentu, termasuk pula fenomena yang mengemuka belakangan ini dengan hadirnya media-media online yang menyebarkan hoax serta bias informasi yang menyesatkan.

Adapun lomba News Anchor tingkat nasional, terbuka untuk siswa SMA/SMK/MA sederajat dan Mahasiswa, serta Lomba Mini News Paper tingkat nasional bagi kelompok SMA/SMK/MA sederajat. Sebagai juri Lomba News Anchor yakni Putu Suprapti Santy Sastra,SH dan Komang Putri Cahaya Pratiwi, serta juri Lomba Mini News Paper yaitu Ni Putu Eka Wiratmini, Ni Nyoman Alit Purwaningsih dan Agung Witara.

Program yang terangkum dalam Gema Jurnalistik 2018 ini diniatkan untuk memberikan pembinaan kepada pelajar dan masyarakat umum mengenai teknik-teknik jurnalistik, menggali bibit-bibit unggul jurnalis muda Indonesia dari redaksional dan reportase, serta menciptakkan insan pers muda yang mampu mendekonstruksi informasi hoax dan partisan, sekaligus memposisikan diri sebagai jurnalis idealis sebagaimana peran profesional semestinya.

Akademika Bentara merupakan sebuah program yang diniatkan sebagai ruang untuk melakukan transfer of knowledge atau perluasan kesadaran akan pengetahuan, terutama bagi generasi muda. Sedini awal keberadaannya, Bentara Budaya Bali secara khusus bekerjasama dengan berbagai kalangan civitas akademika, menggelar aneka kegiatan berupa pameran seni, pertunjukan teater, tari, musik, pemutaran film, workshop, diskusi, dan juga kolaborasi lintas bidang lainnya. Kerjasama tersebut antara lain dengan : Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Jurusan Film dan TV ISI Denpasar, Jurusan Fotografi ISI Denpasar, Tim Jurnalistik Maestro Fakultas Teknik Universitas Udayana, Persma Linimassa Universitas Udayana, Persma Akademika Universitas Udayana, Udayana Science Club, BEM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, BEM PM Universitas Udayana, STMIK STIKOM Bali, Alfa Prima, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Papua Centre FISIP Universitas Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s