Pustaka Bentara “BECOMING, 20 TAHUN GALANG KANGIN”

Minggu, 8 April 2018, pukul 19.00 WITA

Pustaka Bentara kali ini akan membincangkan buku “Becoming”, 20 Tahun kelompok perupa Galang Kangin dalam menapak dunia kesenirupaan, dan tertaut pula pameran karya terkini mereka yang diselenggarakan di Museum Neka, 25 Februari – 24 Maret 2018 lalu. Selain berisi rangkuman berita terkait aktivitas komunitas ini selama kurun waktu tersebut, terdapat pula tulisan-tulisan kurator pameran, catatan-catatan narasumber terpilih perihal capaian Galang Kangin, termasuk sejumlah kaleidoskop kegiatan.

Sebagai narasumber diskusi yakni Hardiman, yang juga bertindak selaku editor buku serta beberapa kali dipercaya menjadi kurator pameran Galang Kangin. Tampil pula para seniman antara lain Made Supena, Galung Wiratmaja, I Wayan Setem, dan lain-lain, yang akan berbagi pengalaman bagaimana mengelola kebersamaan komunitas kreatif dengan berbagai latar anggotanya yang boleh dikata berbeda serta memiliki kecenderungan perkembangan gaya lukisnya masing-masing.

Akan ditimbang pula keberadaan Galang Kangin dibandingkan komunitas-komunitas serupa yang ada di Bali atau di tanah air, berikut problematik yang membayangi sebuah kelompok seni rupa dalam merawat eksistensi komunitas di satu sisi dan capaian individu sebagai seniman dengan karya yang mempribadi. Dialog ini juga menandai upaya Galang Kangin yang tengah mempersiapkan satu pameran retrospektif yang diharapkan dapat mencerminkan dinamika sepanjang 20 tahun ini.

Komunitas Galang Kangin didirikan tahun 1996 dan secara rutin menyelenggarakan aktivitas pameran di berbagai ruang kebudayaan. Para anggotanya juga meraih berbagai penghargaan seni rupa serta melakukan pameran di dalam maupun luar negeri. Pameran bersama ini dapat pula dimaknai sebagai peta perjalanan Komunitas Galang Kangin sebagai salah satu komunitas seni rupa yang berperan penting di Bali, terutama dalam membangun semangat kreativitas secara komunal—hal yang barangkali kian memudar pada era kini yang dalam kemodernannya justru makin mempertajam perwujudan individualisme.

Drs. Hardiman, M.Si., adalah pengajar Jurusan Pendidikan Seni Rupa Undiksha. Penulis seni rupa dan kurator independen. Tulisannya dipublikasikan di Kompas, Visual Art, Media Indonesia, Gatra, dan sejumlah jurnal. Esai-esainya dikumpulan dalam buku Eksplo(ra)si Tubuh: Esai-esai Kuratorial Seni Rupa (2016). Puisinya terhimpun dalam antologi Yang Tujuh Ini , dan Peta Lintas Batas. Pamerannya antara lain Bienale Seniman Muda Indonesia di TIM (Jakarta), Pameran Berdua di Aliance Prancaise (Bandung), Pameran Bertiga di Andi’s Gallery (Jakarta), Pameran Tunggal di Galeri Bandung, (Bandung), Pameran Jogya International Bienale Miniprint (Jogya), dll. Karya drawingnya digunakan sebagai gambar sampul dan ilustrasi sejumlah buku sastra, sosial, dan politik oleh sejumlah penerbit, beberapa buah dimuat di Kompas sebagai ilustrasi cerpen.

I Wayan Setem, S.Sn., M.Sn, lahir di Karangasem, 20 September 1972. Ia menyelesaikan program Pascasarjana di ISI Yogyakarta (2009) dan kini sebagai Dosen Seni Rupa di ISI Denpasar. Pameran tunggalnya: “Jalak Bali” di Singapadu dan Bali Starling House, Jerman (1997) dan Manunggaling Kala Desa di Sangkring Art Space, Yogyakarta (2009). Ia juga aktif berpameran bersama antara lain: Bali Art Festival XVI di Taman Budaya Denpasar (1994), pameran bersama Galang Kangin di Museum Bali (1995), “The Third Milenium” di Museum Rudana, Ubud (1999), Refleksi Seni II “Warna –Warna Ekspresi” di Darga Gallery, Sanur (2000), “Asthetics and Nature” di Griya Santrian Gallery, Sanur (2003), “Jejak Tradisi dan Ekspresi Modern III” di Museum Widayat, Magelang (2004), Indonesia Contomporary and Modern Art Pictures, Jakarta (2009), “Return to Abstraction” di Tonyraka Art Gallery, Ubud (2009), “Kata vs Rupa” di Gkartspace Denpasar (2010), Kuta Art Chromatic (2013), “Transformasi Air dalam Karya Visual Atraktif” di Bentara Budaya Bali (2014), dll.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s