Dialog Sastra #59 KWAL, KOLABORASI MUSIK DAN PUISI

Sabtu, 24 Maret 2018, pukul 19.00 WITA

Serangkaian Hari Frankofoni Internasional, perayaan bagi para penutur Bahasa Prancis di seluruh dunia, yang diperingati setiap tanggal 20 Maret, diadakan berbagai peristiwa seni budaya, tak ketinggalan juga di Indonesia. Perayaan Frankofoni menjadi pertemuan budaya dalam berbagai bentuk, seperti pertunjukan seni, pemutaran film, diskusi sastra, kuliner serta pameran. Saat ini, ada 84 negara dan perwakilan pemerintah yang tercatat sebagai anggota Oganisasi Internasional Frankofoni (OIF). Sebanyak 274 juta orang tersebar di lima benua merayakan Frankofoni dalam keberagaman.

Memaknai perayaan Hari Frankofoni Internasional 2018 tersebut, Institut Français d’Indonésie (IFI) dan Alliance française Bali bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali menghadirkan seniman multitalenta Vincent Loiseau yang sohor sebagai KWAL dengan penampilan musik slamnya. Dalam turnya di Indonesia, Kwal hadir dalam format trio bersama Tony Baker (piano) dan Heloise Levebvre (biola).

Tiga seniman tersebut akan membawakan album terbaru KWAL bertajuk « Les Liens » atau “Hubungan”. Lewat album ini, KWAL ingin menggambarkan hubungan antar manusia yang berlapis dan kompleks. Selain liriknya yang puitik serta memiliki nilai-nilai susastra dan mencerminkan gambaran khas keseharian, penampilan trio ini juga mengedepankan kolaborasi yang diperkaya unsur-unsur musikal dari instrumen musik biola dan piano serta ragam irama musik elektro.

Credit photo by: Scarlett

Vincent Loiseau / Kwal (vokal). Tertarik pada Bahasa Prancis dan menulis kisah keseharian sejak usia 15 tahun, Kwal adalah artis yang kerap memadukan ragam bentuk seni. Sebagai petualang, ia memperoleh inspirasi dari seluruh dunia yang tak pernah habis untuk dieksplorasi. Kwal juga menulis diari dan mengoleksi cerita. Sebagai musisi, ia telah menghasilkan 5 album dalam Bahasa Prancis, 2 album dalam Bahasa Bambara (Afrika Barat) dan 1 album dalam Bahasa Arab Klasik, dan sudah melakukan tur secara berkala di Prancis, Afrika Barat dan Timur Tengah.

Sebagai aktor, ia pernah menciptakan karya teater berjudul « Chroniques de Là où j’habite », sebuah kompilasi cerita dan kenangan dalam kehidupan sekitarnya, di mana Kwal tampil secara solo dengan bercerita, slam atau bernyanyi. Pada tahun 2014, ia menciptakan « Chroniques des Bouts du monde ». Kwal menulis « P.P. Les petits cailloux » bersama pendongeng Annabelle Sergent (LOBA Company). Karya tersebut masuk nominasi pada perhelatan Molières 2011.

Tony Baker adalah seorang penyair dan pianis British Jazz. Ia pernah belajar musik dan komposisi di Trinity College, London serta sastra di Cambridge University. Pada tahun 1982, ia menyelesaikan pendidikan doktor di Durham University. Ia turut terlibat dalam berbagai proyek yang mempertemukannya dengan para artis lintas disiplin, seperti penari, musisi, pelukis dan penyair. Ia mendukung pertunjukan Kwal secara berkala untuk berbagai pertunjukan dan terlibat dalam program televisi Two’s Company di London pada tahun 2004.

Heloise Lefebvre, lahir dari keluarga yang hobi bermusik, Héloïse mulai belajar memainkan biola pada usia 5 tahun. Ia mengikuti program pelatihan musik klasik, kemudian langsung terlibat dengan berbagai kelompok musik mulai dari duet, quartet hingga orkestra. Setelah belajar musik secara intensif selama 10 tahun, ia diterima untuk mengikuti pelatihan musik Gypsy di sekolah « Jazz à Tours » pimpinan gitaris Thierry Vaillot. Ketertarikannya pada musik jazz mendorong dirinya untuk melanjutkan program pelatihan secara penuh di sekolah itu, kemudian masuk departemen jazz di akademi musik regional. Ia memulai karir sebagai musisi bersama berbagai grup musik, seperti Trio Elbasan (Jazz/Balkans), Compagnie Frasques (Jazz/ Chamber Music), Kwal (Slam) dan Sextet Sun Dew (label Laborie Jazz).

Di Indonesia, KWAL akan tampil di Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s