Sinema Bentara “LANGGAM FILM MUSIKAL”

Jumat – Sabtu, 21 – 22 Juli 2017, pukul 18.00 WITA

Kehadiran musik yang melekat pada film tidak terlepas dari perkembangan teknologi perekaman audio/ suara yang ada sejak tahun 1940-an. Sebelumnya, musik dimainkan terpisah melalui live orchestra yang mengiringi adegan-adegan dalam film.

Sinema Bentara kali ini merujuk tajuk Langgam Film Musikal, menayangkan ragam film fiksi, drama-biografi, dan dokumenter; bukan hanya memoar tentang pemusik legendaris, melainkan juga drama musikal, serta dokumenter yang bertema tentang menyusur riwayat musik-musik rakyat (folk) yang nyaris punah.

Secara khusus akan dihadirkan sebuah film drama musikal Ambilkan Bulan (2012, Indonesia, Durasi: 91 menit, Sutradara: Ifa Isfansyah) dengan latar musik berupa sepuluh lagu anak pilihan karya Bapak AT. Mahmud. Selain itu, kisah hidup dan perjalanan kreatif seorang maestro penyanyi opera asal Italia sohor, Carlo Broschi, melalui film Farinelli (1994, Italia, Durasi: 111 menit, Sutradara: Gérard Corbiau) meraih penghargaan Golden Globe untuk Film Berbahasa Asing Terbaik (1995).

Ditampilkan pula film Sound of Home (2011, Jerman, Durasi: 93 menit, Sutradara: Arne Birkenstock & Jan Tangeler), upaya seorang musisi asal Selandia Baru, Hayden Chisholm menelusuri kembali lagu-lagu rakyat (folk) yang masih hidup dan berkembang di berbagai daerah terpencil Jerman, namun kerap terlupakan akibat kehadiran lagu-lagu pop yang mendominasi media elektronik radio dan televisi. Tidak ketinggalan, film drama komedi asal Prancis, Attilla Marcel (Perancis, 2012, Durasi: 106 menit, Sutradara: Sylvain Chomet) akan menghibur penonton dengan memperdengarkan musik-musik virtuso piano yang indah.

Program ini masih diselenggarakan dengan konsep Misbar, mengedepankan suasana nonton bersama yang akrab, guyub, dan hangat, serta didukung oleh Bioskop Keliling BPNB Bali Wilayah Kerja Bali, NTB, NTT, Konsulat Kehormatan Italia di Denpasar, Pusat Kebudayaan Jerman Goethe Institut Indonesien, Pusat Kebudayaan Prancis Alliance Francaise Bali, dan Udayana Science Club. Selain penayangan film, agenda ini dimaknai pula diskusi bersama  I Ketut Sumerjana, S. Sn, M. Si (musisi dan Dosen Prodi Musik ISI Denpasar).

I Ketut Sumerjana, S. Sn, M. Si lahir di Singaraja, 14 Agustus 1974, merupakan Dosen Program Studi Musik ISI Denpasar. Menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Musik ISI Yogyakarta (1999) dan program magister di bidang Penciptaan Seni di Pascasarjana ISI Yogyakarta (2013). Beberapa karya musiknya antara lain: Eggology (Video Art by Krisna Mukti), Fruit Archipelago (Video Art by Krisna Mukti), Young Man and The Sea (Video by Akasacara Film, Yusron Fuadi), Tengkorak (Video by Akasacara Film, Yusron Fuadi), A Farewell (Video by Akasacara Film, Yusron Fuadi), Slimpat (Koreografer Adi Gunarta), Di Balik Layar (Di Antara) – Video Art by Yogi Antari, dan lain sebagainya. Ia juga kerap berpartisipasi dalam berbagai festival musik tingkat nasional dan internasioal serta menjadi juri pada sejumlah festival musik di Bali.

Jadwal Pemutaran Film

Jumat, 21 Juli 2017
18.00 WITA Pertunjukan Musik & Pasar Misbar
18.30 WITA Attila Marcel
20.00 WITA Sound of Home

Sabtu, 22 Juli 2017
18.00 WITA Pasar Misbar
18.30 WITA Ambilkan Bulan
20.00 WITA Diskusi Sinema
Narasumber: I Ketut Sumerjana, S.Sn, M.Sn. (Dosen Prodi Musik ISI Denpasar)
20.30 WITA Farinelli

 

SINOPSIS
Ambilkan Bulan
(2012, Indonesia, Drama Musikal, Durasi: 91 menit, Sutradara: Ifa Isfansyah)
Didukung oleh Bioskop Keliling BPNB Bali Wilayah Kerja Bali, NTB, NTT

Amelia, 10 tahun, kesepian, berlibur di desa mengunjungi sepupunya, Ambar. Setiap hari, bersama Ambar dan teman-temannya menjelajah seluruh desa hingga tersesat di sebuah hutan yang angker, bertemu Mbah Gondrong (Landung Simatupang) yang konon berteman dengan jin dan suka memangsa anak-anak. Bagaimanakan kisah seru petualangan Amelia dan kawan-kawanya?

Film fantasi musikal ini meraih penghargaan Pemeran Anak Terpuji pada Festival Film Bandung 2013. Film ini mengangkat 10 lagu karya Alm. AT Mahmud dan dinyanyikan ulang oleh 10 Band Sony Music.

Trailer: https://www.youtube.com/watch?v=2OXtI1A_YLQ

Farinelli
(1994, Italia, Drama Biografi, Durasi: 111 menit, Sutradara: Gérard Corbiau)
Didukung oleh Konsulat Kehormatan Italia di Denpasar

Drama biografi yang mengisahkan tentang kehidupan dan karir penyanyi opera Italia abad ke-18, Carlo Broschi, yang dikenal sebagai Farinelli. Ia dianggap sebagai penyanyi castrato terbesar sepanjang masa. Dalam film ini diungkapkan juga hubungannya dengan saudaranya, komposer Riccardo Broschi .

Film ini meraih penghargaan Golden Globe untuk Film Berbahasa Asing Terbaik 1995, Anugerah Cesar untuk Tata Suara Terbaik 1995, Anugerah Cesar untuk Desain Produksi Terbaik 1995, Penghargaan David di Donatello untuk Best Costume Design 1995.

Trailer: https://www.youtube.com/watch?v=iGhlievFg24

Sound of Home
(2011, Jerman, Dokumenter, Durasi: 93 menit, Sutradara: Arne Birkenstock & Jan Tangeler)
Didukung oleh Goethe Institut Indonesien

Seorang pemusik keturunan Skotlandia asal Selandia Baru bernama Hayden Chisholm berangkat ke Jerman (Cologne, Bavaria, Vogtland, Ore Mountains, Buchenwald Memorial dan Flensburg) untuk mencari musik-musik rakyat (folk) yang telah lama terlupakan. Hayden Chisholm dan kelompoknya menemukan musik rakyat yang hidup, unik, dan produktif.

Trailer: https://www.youtube.com/watch?v=dt_sGJk7fTw

Attila Marcel
(Perancis, 2012, Durasi: 106 menit, Sutradara: Sylvain Chomet)
Didukung oleh Alliance Francaise Bali

Paul dibesarkan oleh kedua bibinya sepeninggal orang tuanya. Kedua bibinya terobsesi agar Paul memenangkan kompetisi virtuoso piano, namun ia merasakan kehampaan dalam dirinya sampai ia bertemu tetangga eksentrik Madame Proust yang mengajaknya berfantasi. Dalam petualangan fantasi inilah ia bertemu sosok Attila Marcel yang mengungkapkan rahasianya.

Film ini meraih penghargaan Aktor Terbaik pada Beijing International Film Festival 2014 dan Editing Terbaik pada Newport Beach Film Festival 2014.

Trailer: https://www.youtube.com/watch?v=SDL0UBFXoJ8

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s