Tayang Film & Diskusi “RWA BHINEDA”

Selasa, 4 Juli 2017, pukul 19.00 WITA

Mahasiswa Jurusan Film dan Televisi (FTV) ISI Denpasar angkatan 2014 bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali menggelar program Tayang Film, menghadirkan 6 produksi fiksi pendek yang terangkai dalam tematik “Rwa Bhineda”. Film-film tersebut antara lain: Nganten (Sutradara: Putu Raditya Pandet, Produksi: 2017); Lintang Ayu (Rai Dwi Purnama Dewi, 2017); Impas (Kadek Satriya Wibawa, 2017); Kiwa Tengen (Gde Arystha Adhi Arjana, 2017); Baju Biru (Gde Arystha Adhi Arjana, 2017); Dimana Sembadra (Bayu Dwi Atmoko, 2017).

Kerjasama Bentara Budaya Bali dengan Jurusan Film dan Televisi ISI Denpasar juga telah berlangsung sebelumnya pada program pemutaran film dan diskusi ‘Cinema AK13’ tahun 2016, menghadirkan empat film pendek terpilih karya mahasiswa unggulan angkatan 2013; pemutaran film dan diskusi ‘Omnibus’ pada April 2017, menghadirkan enam film pendek karya mahasiswa angkatan 2015.

Keenam film yang ditayangkan itu akan didiskusikan capaian sinematografi berikut proses kreatif bersama narasumber Dr. I Komang Arba Wirawan, S.Sn., M.Si (Dosen dan Ketua Program Studi FTV ISI Denpasar) dan enam sutradara berikut tim kreatinya.

Dr. I Komang Arba Wirawan, S.Sn, M.Si lahir di Singaraja, 31 Desember 1970 merupakan dosen fotografi di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar. Ia menamatkan program magister dan doktoralnya di Program Studi Kajian Budaya Unud. Ia menjabat sebagai Ketua Program Studi Film dan Televisi FSRD ISI Denpasar. Beberapa penelitian akademik yang telah dilakukan di antaranya: The Roll of T’Shirt Designer for Tourism in Kuta Bali (1997); Study Comparative of Photography Analog With Photography Digital (2005). Ia juga aktif berpartisipasi dalam pameran fotografi bersama, di antaranya: Indonesian Art Festival V di ISI Denpasar (2006), “Jejak-jejak Tradisi II” di Neka Museum Gianyar Bali (2006), Pameran bersama Perhimpunan Fotografer Bali di Museum Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar (2006); Pameran Fotografi bersama di Sika Galery Ubud (2005), Indonesian Art Festival IV di STSI Bandung (2005), Pameran Fotografi di Culity Galery Perth (2013), Pameran Fotografi di Pesta Kesenian Bali 2016 “Karang Awak”. Ia juga sempat mengikuti program Artist Residence di Faculty Art Visual Architecture and Landskap, (ALVA) The Western Univeristy of Australia (UWA), 2012 serta menjadi juri dalam berbagai kompetisi fotografi dan festival film pendek.

Sinopsis Film
NGANTEN
(Drama, 20 menit, Sri Redjeki FIlm, 2017)

Gede, pemuda Bali, memiliki pacar bernama Adeline, yang berasal dari Belanda. Namun, saat Gede akan menikahinya, ia terhalang oleh perbedaan budaya. Akhirnya maasalah Gede terselesaikan karena Adeline dan keluarganya tiba-tiba datang kerumah Gede. Bagaimanakah akhir cerita percintaan lintas bangsa ini?

Tim Produksi
Hanif Syahrul Mubarik : Produser
Putu Raditya Pandet : Sutradara
Mila Puspita Sari : Penulis Naskah
I Wayan Andika Parta : Penata Gambar
Ni Kadek Ary Meilyani : Penata Artistik
I Kadek Agus Pausan Dwi A. : Penata Suara

LINTANG AYU
(Drama, 20 menit, Rhanada Film, 2017)

Menuai perjalanan hidup gadis penari Joged Bumbung di masa lampau, Lintang Ayu, menjalani kehidupan sebagai perempuan Bali yang pada jamannya masih terpaku dengan adat yang begitu kental. Hidupnya tak terhindar dari problema percintaan dengan kekasihnya, Bagus. Hingga hal yang tak pernah ia sangka terjadi.

Tim Produksi
Ni Kadek Ferry Aryanthi : Produser
Rai Dwi Purnama Dewi : Sutradara
Ni Made Juni Indah Suputri : Penulis Naskah
Arga Agustianto : Penata Gambar
Luh Kade Anggun Yulandari : Penata Artistik
Dewa Made Widhya Nugraha : Penyunting Gambar

IMPAS
(Drama Misteri, 20 menit, Equila Film, 2017)

Film ini bercerita tentang seorang anggota reserse kriminal, Dimas yang penuh pengabdian pada tugasnya. Bersama sahabatnya, Rama mereka bekerja siang malam untuk turut mengamankan kehidupan masyarakat. Konflik muncul ketika mereka melakukan perburuan dan upaya penangkapan terhadap pencuri, ternyata ada kisah tersembunyi di balik peristiwa tersebut.

Tim Produksi
Katherina Dwikirana Kuncoro : Produser
Kadek Satriya Wibawa : Sutradara
I Putu Kurniawan Adi Putra : Penulis Naskah
Fajar Hari Priagasta : Penata Gambar
I Putu Nova Widiantara : Penata Artistik
Dewa Putu Ananta Mahaputra : Penata Suara

KIWA TENGEN
(Drama Mistis, 24 menit, RB Production, 2017)

Ayu Durganing Sari (22 tahun) tanpa sadar mewarisi ilmu Leak dari neneknya melalui mimpi. Berbagai kejadian yang menimpanya, mendorong Ayu mendalami ilmu itu. Di sisi lain, seseorang bernama Angga, terkena cetik dari temannya sendiri. Berbagai prasangka muncul, namun Ayu justru berupaya membuktikan bahwa ilmu pengiwa itu tidak sepenuhnya jahat, melainkan juga dapat bermanfaat demi hal-hal baik – semua tergantung pada niat dan tujuannya.

Tim Produksi
Gde Arystha Adhi Arjana : Sutradara
Ade Aprilia Puspayanti : Penulis Naskah
I Gusti Bimantara Saputra : Penata Gambar
Bagus Kadek Gilang Deva P. : Penata Artistik
I Gusti Ngurah Fajar P. : Penyunting Gambar
I Made Wira Sanjaya : Penata Suara

BAJU BIRU
(Drama, 24 menit, Lau_Bajet Film, 2017)

Agus seorang pengemis yang memiliki keinginan untuk membahagiakan ibunya membuatnya terjebak untuk mengikuti ajang pencarian bakat yang tidak dia rencanakan, dengan bakat terpendam yang dia miliki. Akhirnya dia berhasil lolos audisi dan membahagiakan ibunya.

Tim Produksi
I Komang Tri Prassetya : Sutradara
I Ketut Jaya Artawan : Penulis Naskah
I Kadek Oko Suarcaya : Penata Gambar
Lutfia Hidayatul Laili : Penata Artistik

DIMANA SEMBADRA
(Drama Misteri, 18 menit, Cetas Film, 2017)

Seorang gadis yang terpasung meratapi nasibnya, hari demi hari ia lewati untuk mengingat hari dimana semua dimulai. Namun ketika hari itu datang, sebuah kenyataan harus ia hadapi. Menyadari bahwa dunia nyata dan imajinasinya telah membaur hingga tidak lagi dapat ia kenali lagi. Sang gadis meringis dalam tangis menginginkan kembali hidupnya yang dulu.

Tim Produksi
Ni Nengah Noviani : Produser
Bayu Dwi Atmoko : Sutradara
Galih Sekar Sari : Penulis Naskah
Peggy Ramdani : Penata Gambar
Ary Puja Wardana : Penata Artistik
Diane Febby Pietersz : Penata Suara
I Wayan Sulis Setiawan : Penyunting Gambar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s