Pertunjukan Wayang Kontemporer “KAWAMURA KOHEYSAI`S SHADOW & MUSIC”

Sabtu, 15 Juli 2017 pukul 19.00 WITA

Sebuah pertunjukan wayang kontemporer dengan dalang Kawamura Koheysai akan tampil di Bentara Budaya Bali dengan lakon ‘Pulau Walak Pulau Fiksi’. Uniknya, dalam pertunjukan ini, Kawamura Kohey tampil seorang diri, termasuk menghadirkan latar musik buah karyanya berikut permainan bayang-bayang dan cahaya di sebalik layar.

Penonton akan disuguhi kreasi permainan tangan dan wujud rupa tertentu yang imajinatif. Dalam lakon ini akan dikisahkan tentang suatu pulau fiksional atau antah berantah bernama Pulau Walak. Bentuk pertunjukan Kawamura Koheysai`s Shadow & Music ini bersifat interaktif dimana percakapan-percakapan para tokoh wayang akan bersahutan dengan penonton yang diajak terlibat sebagai bagian dari cerita. Penonton juga akan diajak menyanyikan lagu-lagu selaras estetika pertunjukan ini yang mengedepankan interaksi guyub hangat antara kreator (dalang) dan publik (pemirsa).

Bentuk pertunjukan dan workshop shadow puppet ini juga pernah diselenggarakan di Bentara Budaya Bali pada tahun 2014, menghadirkan kelompok Budrugana-Gagra asal Tbilisi, Georgia.

Kawamura Koheysai dikenal sebagai seniman multitalenta asal Jepang. Sebagai dalang wayang kontemporer, ia bukan hanya tampil seorang diri (solo play), bahkan juga menciptakan sosok-sosok wayang berikut musik latarnya. Sedari tahun 1999, ia menekuni kesenian Bali serta secara khusus belajar seni wayang kontemporer kepada Mr. Larry Reed (San Fransisco). Sejumlah produksi wayang kontemporer yang telah digarapnya antara lain: Kawamura Koheysai no Kage to Ongaku (2009~), [Jizo ni tsuite](Yamagata Biennale 2014), [Hebiwa Hebiwa] (Yamagata, Hukushima 2015), [Kousetsu Syohukuji Engi](Yamanashi 2016), [Bam Boo Nest] (Yamagata Biennale 2016). Berkat inovasi dan kreatifitasnya ia memperoleh penghargaan Juara Seni dari The Gotoh Memorial foundation (Jepang / 2016). Ia sempat memberikan workshop dan pentas di Bentara Budaya Jakarta serta menyajikan pertunjukan di tanah air seperti Yogyakarta, Bali, dan Kalimantan.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s