EUROPE ON SCREEN

Tayang Film

Minggu – Selasa, 7 – 9 Mei 2017, pukul 18.00 WITA

Festival film tahunan Europe On Screen yang menayangkan film-film pilihan dari Benua Eropa akan kembali digelar di Indonesia. Festival ini merupakan inisiatif bersama kedutaan besar dan pusat kebudayaan Eropa di Indonesia, pertama kali diadakan tahun 1990, kemudian yang kedua pada tahun 1999. Sejak tahun 2003, diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya.

Tahun ini Europe on Screen telah memasuki edisi ke-15. Rangkaian pemutaran film akan dimulai pada 5 hingga 14 Mei 2017. Serupa dengan edisi sebelumnya, Europe on Screen akan hadir di 6 kota, yaitu Jakarta,Bandung, Denpasar, Medan, Yogyakarta dan Surabaya. Khusus di Bali, penyelenggaraan Europe on Screen terlaksana atas kerjasama Alliance française Bali dengan Bentara Budaya Bali, pada 7-9 Mei 2017, dan ini merupakan kerjasama kali kedua. Adapun yang pertama dilaksanakan pada tahun 2015. Lokasi pemutaran film bertempat di Bentara Budaya Bali, dengan layar lebar dan suasana nonton bersama ala misbar di halaman terbuka dalam suasana guyub, hangat, dan akrab.

Adapun film-film yang diputar antara lain: THE VISITORS: BASTILLE DAY (Prancis, Jean-Marie Poiré, 2016), UNDER THE SHADOW (Qatar, Yordania, Inggris, Babak Anvari, 2016), THE NEW ADVENTURES OF ALADDIN (Prancis, Arthur Benzaquen, 2015), OUR KIND OF TRAITOR (Inggris, Susanna White, 2016), BALLERINA (Prancis, Kanada, Éric Summer, Éric Warin, 2016) dan THE GIRL WITH ALL THE GIFTS (Inggris, Colm McCarthy, 2016).

SINOPSIS FILM:
Minggu, 7 Mei 2017 | 18.00
THE VISITORS: BASTILLE DAY (Prancis)
Sutradara : Jean-Marie Poiré
Aktor : Christian Clavier, Jean Reno, Franck Dubosc
Jenis film : Komedi
Tahun rilis : 2016
Durasi : 110 menit
Bahasa/Teks : Prancis/Indonesia

Film ketiga dari trilogi Les Visiteurs (The Visitors), melanjutkan The Visitors II: The Corridors of Time rilis pada tahun 1998. Film pertama dalam seri ini diluncurkan tiga tahun sebelumnya, yaitu tahun 1993. Film ini berkisah tentang perjalanan seorang ksatria dari abad pertengahan Godefroy de Montmirail bersama pengawalnya, Jacquouille la Fripouille terdampar saat Revolusi Prancis, sekitar tahun 1793. Mereka terjebak pada waktu yang berbeda dari kehidupan sebenarnya. Keduanya pun bertemu dengan keturunan mereka masing-masing. Di tengah belenggu teror, mereka beruntung karena bertemu seorang peramal yang mampu mengembalikan mereka ke waktu asal.

Minggu, 7 Mei 2017 | 20.00
UNDER THE SHADOW (Qatar, Yordania, Inggris)
Sutradara : Babak Anvari
Aktor : Narges Rashidi, Avin Manshadi, Bobby Naderi
Jenis film : Horor
Tahun rilis : 2016
Durasi : 84 menit
Bahasa/Teks : Persia/Indonesia
Shideh (Narges Rashidi) dan keluarganya harus bertahan hidup dalam kekacauan perang Iran-Iraq, yang dikenal sebagai periode The War of the Cities. Shideh terpaksa pindah ke tempat baru karena suatu masalah berkaitan dengan pemerintahan. Saat itu, situasi Tehran sedang darurat karena teror serangan udara. Suaminya pun harus pergi dan bertugas dalam perang. Shideh dan anak perempuannya mencoba bertahan dari teror pascarevolusi. Mereka dihantui roh jahat misterius. Film berlatar perang di Tehran tahun 1980-an ini merupakan karya perdana Babak Anvari, sutradara kelahiran Iran dengan rumah produksi Inggris Wigwam Films. Film ini diputar perdana saat Sundance Film Festival tahun 2016.

Senin, 8 Mei 2017 | 18.00
THE NEW ADVENTURES OF ALADDIN (Prancis)
Sutradara : Arthur Benzaquen
Aktor : Kev Adams, Jean-Paul Rouve, Vanessa Guide
Jenis film : Komedi
Tahun rilis : 2015
Durasi : 107 menit
Bahasa/Teks : Inggris/Indonesia

Sam dan Khaled menyamar sebagai Santa Klaus di Galeries Lafayette, bermaksud mencuri barang yang ada di sekitar mereka selama perayaan Natal. Namun sayangnya, Sam terjebak oleh anak-anak yang memintanya mendongeng. Awalnya, dia menolak, namun kemudian ketika pengelola pusat perbelanjaan itu bersikeras agar Sam dapat menyenangkan anak-anak itu. Sam mendongeng tentang Aladin dalam kehidupannya. Karakter utama dalam cerita
memrepresentasikan orang-orang dalam kehidupan nyata. Keinginan untuk menjadi rapper, bertamasya, dan kaya digabungkan dengan permintaan fantasi anak-anak dalam cerita.

Senin, 8 Mei 2017 | 20.00
OUR KIND OF TRAITOR (Inggris)
Sutradara : Susanna White
Aktor : Ewan McGregor, Naomie Harris, Stellan Skarsgård, Damian Lewis
Jenis film : Thriller
Tahun rilis : 2016
Durasi : 107 menit
Bahasa/Teks : Inggris/Inggris

Saat berlibur di Marrakech, pasangan asal Inggris, Perry dan Gail, berkenalan dengan dengan Dima asal Rusia yang tampak flamboyan dan karismatik. Tanpa sepengetahuan mereka, Dima sebenarnya adalah bagian dari kelompok mafia Rusia, gembong pencucian uang. Ketika Dima meminta Perry dan Gail memberikan informasi kepada badan intelijen Inggris, mereka terjebak dalam bahaya mata-mata internasional dan praktik politik kotor. Pasangan ini harus melewati perjalanan yang membahayakan melalui Paris dan Bern, mulai dari rumah yang aman di Pegunungan Alpen Prancis, lalu tempat yang suram di Kota London dan terhubung dengan Pemerintah Inggris lewat agen rahasia MI6. Film ini merupakan adaptasi novel karya John le Carré yang berjudul sama.

Selasa, 9 Mei 2017 | 18.00
BALLERINA (Prancis, Kanada)
Sutradara : Éric Summer, Éric Warin
Aktor : Elle Fanning, Dane DeHaan, Maddie Ziegler, Carly Rae Jepsen
Jenis film : Animasi
Tahun rilis : 2016
Durasi : 89 menit
Bahasa/Teks : Inggris/Indonesia

Film berlatar di Prancis, tahun 1879 menceritakan seorang gadis yatim piatu bernama Felicie (Elle Fanning) yang bercita-cita untuk menjadi seorang ballerina. Pada suatu hari ia meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Paris untuk mengikuti kelas balet di Paris Opera. Akan tetapi, Felicie merasa bahwa kelas baletnya terlalu sulit untuknya, bahkan sulit bergaul dalam mendapatkan teman baru. Berkat dukungan Odette, seorang penjaga misterius di Paris Opera dan sang penemu muda bernama Victor, Felicie memacu dirinya untuk bekerja keras dalam mewujudkan cita-citanya.

Selasa, 9 Mei 2017 | 20.00
THE GIRL WITH ALL THE GIFTS
Sutradara : Colm McCarthy
Aktor : Gemma Arterton, Anamaria Marinca, Dominique Tipper
Jenis film : Horor, Thriller
Tahun rilis : 2016
Durasi : 111 menit
Bahasa/Teks : Inggris/Inggris

Sebuah wabah merajalela dan menyebabkan korbannya menjadi pemakan daging manusia. Hanya sekelompok anak yang memiliki imun dan mampu terhindar dari wabah ini. Kelompok unik ini pun dikumpulkan di pangkalan militer Inggris untuk dipelajari dan diteliti oleh ahli biologi Dr. Caldwell. Meskipun di sekeliling mereka terinfeksi oleh zombie yang menakutkan, anak-anak ini mampu mempertahankan pikiran dan emosi yang positif. Mereka mengikuti pelajaran layaknya di sekolah, yang dikepalai oleh Sergeant Parks dan diajar oleh guru Miss Justineau. Seorang anak bernama Melanie, tampak menonjol dari anak lain. Melanie begitu spesial karena mengungguli teman-temannya di kelas, imajinatif, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika pangkalan militer diserang, Melanie melarikan diri bersama penghuni lainnya, sekaligus mencari tahu tentang jati dirinya yang sebenarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s