Bali Tempo Doeloe #15 “KAIN ENDEK DAN SEJARAH BALI”

Senin, 27 Februari 2017, pukul 19.00 WITA

Bali Tempo Doeloe #15 kali ini akan mengetengahkan dialog seputar Kain Endek Bali, salah satu jenis kain yang dibuat melalui proses menenun. Akan diulas perihal sejarah endek yang diyakini telah ada sejak abad XVIII, berikut motif-motif khasnya, hingga perkembangan endek masa kini dalam perspektif mode, kebudayaan dan sosial. Sebagai narasumber adalah Drs. Tjok Gde Abinanda S.M.Sn. (Dosen Jurusan Desain Mode ISI Denpasar, Desainer) dan Dra. Anak Agung Ayu Rai Wahyuni, M.Si (Dosen Jurusan Sejarah Universitas Udayana).

Bali Tempo Doeloe adalah sebuah agenda yang memutar seri-seri dokumenter tentang Bali Tempo Doeloe, dipadukan dengan diskusi bersama para pengamat dan pemerhati budaya, dalam memaknai perubahan kondisi Bali dari masa ke masa. Dialog berkala dan berkelanjutan yang telah digelar sedari tahun 2013 ini tidak hanya mengetengahkan sisi eksotika dari Bali masa silam, melainkan juga menyoroti problematik yang menyertai pulau ini selama aneka kurun waktu, termasuk kemungkinan refleksinya bagi masa depan. Beberapa tematik yang pernah dihadirkan dalam program ini antara lain: “Denpasar Dalam Tantangan Zaman”, “THE GODS OF BALI: Antara Ritual Sakral Dan Pertunjukan Profan”, “Gema Gamelan Bali ke Masa Depan”, “Citra Dalam Sinema”, “Rudolf Bonnet dan Arie Smit: Cerita Seni Rupa Bali”, “Mistis dan Turistik Bersisian di Nusa Penida”, “Bioantropologi: Tenganan Pegringsingan Dalam Dua Perspektif”, “Jejak DAS Pakerisan Dalam Arkeologi dan Seni”, dan lain-lain.

Selain dialog, acara ini dimaknai pula pemutaran film tentang produksi Kain Endek di Bali produksi Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, NTB, NTT. Agenda yang didukung oleh BPNB Bali, NTB, NTT ini secara khusus digelar selaras dengan pameran kain “Nusawastra Silang Budaya”.

bali_tempo_doeloe_tjok-abiDrs. Tjok Gde Abinanda S.M.Sn., lebih dikenal sebagai Tjok Abi, lahir 13 Januri 1968. Ia merupakan lulusan S1 Ekonomi Management Universitas Trisakti Jakarta, serta sempat menempuh pendidikan Fashion Design Cavendish College London England, kemudian menyelesaikan S2 di Pasca Sarjana ISI Denpasar. Tahun 2002 ia masuk dalam The Best Ten Selected Indonesian Designer by FTV Paris on Bali Fashion Week ke-3. Pada tahun yang sama (2002), Tjok Abi mendirikan de Galuh Boutique. Sedari tahun 2012 hingga kini ia menjadi dosen di jurusan Desain Mode Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar. Sebagai desainer, ia dikenal konsisten mengeksplorasi warna poleng dalam setiap karya rancangannya.

 

whatsapp-image-2017-02-06-at-16-32-45Dra. Anak Agung Ayu Rai Wahyuni, M.Si lahir di Bima, 17 Mei 1962. Ia merupakan dosen sekaligus Ketua Program Studi Ilmu Sejarah di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Menyelesaikan studi S1 dalam bidang Ilmu Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, sedangkan gelar magisternya diperoleh di Universitas Udayana untuk studi Kajian Budaya. Karya tulisnya yang berjudul ”Sejarah Bali dalam Konteks Kolonial” diterbitkan oleh Kemenbudpar RI dan Pusat Kajian Bali Unud tahun 2010. Saat ini ia juga aktif sebagai anggota Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Bali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s