Timbang Pandang BUKU “JEJAK HITLER DI INDONESIA”

Karya Horst Geerken

Jumat, 20 Januari 2017 pukul 18.00 WITA
Tempat : ARMA Museum, Jl. Raya Pengosekan, Ubud

jejak-hitlerTimbang Pandang kali ini akan membahas sejarah hubungan antara bangsa Jerman dengan Indonesia sedini disebut Hindia Belanda hingga era perjuangan kemerdekaan. Acara ini memaknai peluncuran buku bertajuk “Jejak Hitler di Indonesia” ( Penerbit Buku Kompas).

Buku ini bukan hanya mengisahkan tentang penggalan bukti fisik keberadaan pemerintahan Jerman semasa Hitler di Indonesia, namun juga mengungkapkan bukti-bukti betapa tokoh di lingkaran dalam Hitler begitu antusias serta punya perhatian tersendiri pada potensi Kepulauan Nusantara.

Buku karya Horst Henry Geerken (83) ini ditulis melalui riset mendalam baik di Indonesia maupun di Jerman. Di dalamnya terangkum fakta-fakta menarik yang belum pernah diungkap sebelumnya, seperti Kedekatan Hitler dengan Walther Hewel yang memperkenalkannya pada Indonesia; Kisah Emil Helfferich dengan perkebunannya di Jawa dan Sumatera; Pianis kesayangan Hitler yang berasal dari Indonesia; Hubungan dagang antara Nazi Jerman dengan Hindia Belanda; Sekolah Jerman di Jawa; Makam tentara Jerman di Jawa; Tokoh-tokoh Jerman yang terlibat dalam pembangunan Indonesia pasca kemerdekaan, dan lain-lain. Buku ini diterbitkan dalam tiga bahasa: Jerman (Hitlers Griff nach Asien), Inggris (Hitler’s Asian Adventure); dan Indonesia (Jejak Hitler di Indonesia).

Acara timbang pandang kali ini menghadirkan penulisnya langsung, Horst Geerken. Terselenggara berkat dukungan Agung Rai dan I Gusti Agung Ngurah Harta, serta kerjasama ARMA Museum, Penerbit Buku Kompas dan Bentara Budaya Bali.

Diskusi serupa juga diselenggarakan di Toko Buku Gramedia Level21 Mall, Denpasar dan Padepokan Sandhi Murti, Denpasar.

geerken-1Horst Henry Geerken lahir tahun 1933. Ia meraih gelar insinyur teknik di Jerman dan AS. Ia bekerja di perusahaan telekomunikasi Jerman yang menempatkannya di Indonesia sebagai direktur kantor perwakilannya sejak 1963 hingga 1981.

Buku pertamanya tentang pengalamannya di Indonesia bekerja di penghujung pemerintahan Soekarno, masa-masa peralihan kekuasaan ke Soeharto, dan masa-masa awal pemerintahan Orde Baru telah diterbitkan dengan judul A Magic Gecko: Kesaksian Seorang Jerman di Indonesia 1963-1981.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s