Pameran Karya Pemenang Kompetisi Trienale Seni Grafis Indonesia V 2015 JAYANTA’S PRINTS

Pembukaan : Sabtu, 14 Januari 2017, pukul 18.30 WITA
Pameran berlangsung : 15 – 27 Januari 2017, pukul 10.00 – 18.00 WITA

jayanta-1211_l1wr4Serangkaian Kompetisi Internasional Trienale Seni Grafis Indonesia V Bentara Budaya, digelar pameran tunggal untuk 3 peraih juara. Pemenang pertama, Jayanta Naskar (India), kali ini menghadirkan 65 karya grafis dengan teknik etsa, cukil dan litho, merujuk tajuk “Jayanta’s Prints”. Pada kompetisi tersebut, karya Jayanta Naskar yang berjudul Reinvention of Myself dengan teknik Etsa dan Intaglio, tampil sebagai pemenang pertama dan mengalahkan 354 karya dari 197 pegrafis yang berasal dari Indonesia, Amerika Latin, Argentina, Australia, Belgia, Brazil, Bulgaria, Canada, Cina, Italia, India, Jepang, Jerman, Kroasia, Kolombia, Malaysia, Mesir, Peru, Polandia, Serbia, Spanyol, Swedia, Thailand dan Turki.

Dewan juri yang terdiri dari Aminudin TH. Siregar, Tisna Sanjaya, Bambang Bujono, Devy Ferdianto, Syahrizal Pahlevi dan kurator Bentara Budaya, telah melakukan penilaian dalam tiga tahap melalui perdebatan yang panjang, mulai tahapan semi finalis, finalis hingga pemenang. Ketiga dewan juri menetapkan Jayanta Naskar sebagai pemenang pertama, pemenang kedua adalah Puritip Suriyapatarapun (Thailand) dan pemenang ketiga yakni Muhlis Lugis dari Indonesia.

Sebagai kelanjutan dari kompetisi tersebut, digelar pameran keliling karya-karya pemenang di empat venue Bentara Budaya. Selain di Bentara Budaya Bali, pameran keliling ini digelar di Bentara Budaya Jakarta (3-13 November 2016), Bentara Budaya Yogyakarta (17 – 25 November 2016), Balai Soedjatmoko Solo (2-9 Desember 2016), dan Bentara Budaya Bali (14-27 Januari 2017).

jayanta-27a_24xbiJayanta Naskar lahir di Batanagor, India pada 4 Agustus 1975. Gelar BVA diperoleh pada tahun 2001 di Rabindra Bharati University Kalkuta, India, dan mendapatkan gelar MVA pada tahun 2003 di Visva University. Aktif berpameran, baik tunggal maupun bersama di negaranya dan tingka internasional di beberapa negara. Jayanta sering berpartisipasi dalam pameran internasional seperti Lessedra World Art Print Annual di Bulgaria, 2nd Penang International Print Exhibitiona di Malaysia, Thailand dan India.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s