Pustaka Bentara DISKUSI NOVEL “MOEMIE: GADIS BERUSIA SERATUS TAHUN” Karya Marion Bloem

Senin, 19 Desember 2016, pukul 13.30 – 16.00 WITA
di Gedung Auditorium Widya Sabha, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Kampus Sudirman

pustaka_moemie_cover-kkpgSejarah kolonialisme, kita tahu, bisa dibaca dari dua sudut, yaitu sudut kaum penjajah dan kaum terjajah. Tetapi selalu ada sudut yang lebih abu-abu, yaitu kaum peranakan. Meskipun kaum ini menikmati kemudahan laiknya kaum penjajah, mereka tak cukup dipandang oleh kaum penjajah. Di sisi lain kaum ini, cenderung dimusuhi oleh kaum terjajah.

Pustaka Bentara kali ini adalah kerjasama Penerbit KPG, Bentara Budaya Bali, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, akan bertimbang pandang perihal novel “Moemie, Gadis Berusia Seratus Tahun” (KPG, 2016). Novel yang memiliki judul asli “Een meisje van honderd” ini ditulis oleh Marion Bloem, merentang sejarah sebuah keluarga peranakan (Indo-Belanda) dalam waktu seratus tahun.

Kisah bermula di sebuah negeri yang ketika itu bernama Hindia Belanda, melewati masa pendudukan Jepang, kemerdekaan 1945, pengakuan kedaulatan 1959, hingga meliputi peristiwa terkini, yakni Tragedi Mei 1998 dan Bom Bali. Selama rentang waktu yang panjang itu, peristiwa-peristiwa berkelindan dengan peristiwa di belahan dunia lain, mulai dari Perang Dunia II sampai Tragedi 9/11. Cerita berlatar Indonesia dan Negeri Belanda, dituturkan lewat tokoh Moemie dan keluarga peranakannya dalam tiga generasi.

Selain membincangkan novel ini dari sudut antropologis dan sejarah kolonialisme, akan coba ditelaah pula problematik tokoh kaum peranakan yang lintas zaman ini melalui perspektif psikologi sosial kultural serta tertaut perihal konstruksi identitas yang membayangi selama kurun 100 tahun. Sebagai pembahas adalah Dr. Jean Couteau (budayawan, sosiolog) dan dr. I Nyoman Sutarsa, MPH (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Udayana). Akan diagendakan pula satu bahasan khusus mengenai upaya penerjemahan karya-karya sastra dunia ke dalam bahasa Indonesia, berikut problematiknya, dengan narasumber Wendoko (penyair, editor buku Moemie, Gadis Seratus Tahun).

pustaka_marion_bloem_2Marion Bloem, lahir 24 Agustus 1952 di Arnhem, Belanda, adalah penulis dan sutradara film berdarah Indo-Belanda. Ia terutama dikenal lewat novel Geen Gewoon Indisch Meisje (No Ordinary Indo Girl) yang terbit tahun 1983, serta film Ver van Familie (Far from Family) tahun 2008. Cerita pendek pertama Bloem muncul tahun 1968 ketika ia baru berusia 16 tahun. Bloem membuat debut sebagai penulis serius pada tahun 1976, lewat novel De overgang (The Transition). Sebelumnya ia sudah menerbitkan beberapa buku anak-anak, di antaranya Matabia yang dianugerahi Ibby Prize dan Tiger Award. Novel-novel Bloem yang lain adalah Vaders van betekenis (Noteworthy Fathers) tahun 1989, De leugen van de Kaketoe (The Cocketoo’s Lie) tahun 1993, Ver van Familie tahun 1998 (yang lalu disutradarai berdasarkan skenario yang ditulisnya sendiri), dan Een Meisje van Honderd tahun 2012.Tahun 1993 Bloem menerima E. du Perron Prize untuk seluruh karyanya.Banyak karya Bloem berkembang di sekitar eksplorasi artistik dari identitas dan budaya Indo-Belanda, yang menempatkan dirinya dalam tradisi Tjalie Robinson. Seperti Robinson yang mengeksplorasi identitas Eurasianya dari perspektif global,Bloem juga menempatkan pencarian identitas pribadinya dalam perspektif imigran dan integrasi yang lebih luas. Bloem adalah penulis generasi kedua Indo-Belanda yang paling terkemuka dan produktif. Ia adalah pelopor untuk penulis-penulis Indo-Belanda segenerasinya seperti Alfred Birney.

pustaka_sutarsadr. I Nyoman Sutarsa, MPH adalah dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, menamatkan pendidikan sebagai dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun 2008 dan menyelesaikan pendidikan Master of Public Health dari La Trobe University, Australia tahun 2014. Tulisan-tulisannya telah dipresentasikan di forum-forum internasional seperti Australasian HIV and AIDS Conference (Melbourne and Darwin) , The Indonesian Post Graduate Forum (Melbourne), The Asia Pasific IUSTI Conference (Bangkok), International Conference on Global Health (Indonesia), dan lain sebagainya. Beberapa tulisannya juga telah dibukukan serta dimuat pula dalam berbagai jurnal ilmiah. Tahun 2014, Sutarsa mendapatkan The Australian Leadership Awards Round 8 serta mendapatkan Ary Suta Centre Award untuk bidang penulisan tahun 2009, 2010, dan 2013. Saat ini Sutarsa sedang menempuh pendidikan S3 di Autralian National University, Australia menggunakan The Indonesian Presidential Scholarship.

pustaka_jean-couteauDr. Jean Couteau, adalah budayawan dan pengamat seni asal Perancis, telah lama bermukim di Indonesia. Ia menulis lebih dari 15 judul buku dalam bahasa Inggris, Perancis dan Indonesia, antara lain : Bali Today Catatan-Catatan Kebudayaan (edisi 1 dan 2), tentang pelukis Affandi, Srihadi Soedarsono, Walter Spies, Puri Lukisan, Bali Inspires dan lain-lain. Ia juga menerjemahkan karya sejarawan besar, Denys Lombard (Nusa Jawa Silang Budaya), Keping Rahasia Terakhir karya Jean Rocher serta novel Emilie Java 1904 karya Chatherine Von Moppes, dan sebagainya. Jean Couteau menjadi penulis di berbagai media antara lain : koran KOMPAS, Majalah Tempo, The Jakarta Post, C-Art, Visual Art serta media lain di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu ia juga merupakan kurator dan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar serta kerap diundang sebagai pembicara dalam forum-forum kebudayaan nasional maupun internasional. Kini ia juga aktif mengisi kolom Udar Rasa di KOMPAS setiap minggunya.

pustaka_wendokoWendoko adalah penyair, cerpenis, editor dan penerjemah. Meraih SIH Award (2002) dari Jurnal Puisi. Dua buku puisinya, Sajak-Sajak Menjelang Tidur (2008) serta Partitur, Sketsa, Potret dan Prosa (2009), masuk dalam shortlist Khatulistiwa Literary Award 2008 dan 2009. Sejumlah puisinya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan terbit dengan judul Selected Poems (2010). Buku puisinya yang lain Oratorio (Edisi Kedua, 2011), Jazz! (2012) dan Catatan Si Pemabuk (2014).

Rekanan :

pustaka_penerbit-kpg pustaka_logo-unud pustaka_bem-logo121

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s