Pameran Seni Rupa IMAGO MUNDI, THE ART OF HUMANITY

Pembukaan : Sabtu, 12 November 2016, pukul 18.30 WITA
Pameran berlangsung : 13 – 21 November 2016, pukul 10.00 – 18.00 WITA

indonesiaSebuah pameran bertajuk “Imago Mundi, The Art of Humanity”, menghadirkan 222 karya para perupa Indonesia digelar di Bentara Budaya Bali. Pameran kerjasama Wina Galeri dan Fondazionesarenco Benetton (Italy) serta Bentara Budaya Bali ini diawali dengan penerbitan buku bertajuk “Imago Mundi” atau Gambar Dunia, di mana tajuk khusus untuk perupa Indonesia adalah “Indonesia: Islands of the Imagination”. Pameran serupa juga diadakan di Malaysia, bertajuk “Malaysia: Colours of Destiny”, menghadirkan 144 perupa dan untuk Singapore: “Singapore Art 21st Century and Beyond” (140 Perupa).

Selama ini, proyek seni “Imago Mundi” telah menerbitkan buku-buku seni yang diedarkan di museum, galeri nasional, art foundation, kolektor di seluruh dunia, masing-masing 5000 exemplar untuk setiap negara, di kawasan Eropa , Afrika, Amerika, Australia dan tak ketinggalan pula Asia. Seluruh program penerbitan buku yang dilanjutkan pameran, merangkum kekayaan dan pencapaian perupa-perupa berbagai negara di belahan dunia, termasuk negara-negara di Asia Tenggara ini, sepenuhnya bersifat nirlaba di bawah naungan Yayasan Benneton, dengan tujuan utama menghadirkan kekayaan dan keragaman dunia melalui capaian artistik perupa masing-masing negara yang terlibat, sekaligus mendokumentasikannya dalam program katalogisasi.

Di samping itu, seluruh karya yang lolos seleksi juga dihadirkan di dalam situs web dan media sosial yang dengan mudah dapat diakses guna didedikasikan untuk para penghayat dan pecinta seni, bekerjasama dengan berbagai lembaga-lembaga seni antara lain; galeri nasional, art space dan museum seluruh dunia. Bertindak sebagai kurator program “Imago Mundi” di Indonesia adalah Antonius Kho.

Sedangkan ketua Yayasan Benneton, Luciano Benneton, menyatakan bahwa tujuan program budaya ini adalah turut mendorong kehidupan yang lebih demokratis secara global sekaligus juga menunjukkan pada masyarakat seni dunia perihal adanya keragaman ekspresi. Tujuan lainnya adalah agar melalui program ini, serta didukung upaya-upaya publikasi melalui jejaring sosial dan media web, karya-karya seni dapat diakses dan diapresiasi oleh sebanyak mungkin orang di dunia ini. Dengan demikian diharapkan akan mendorong interaksi dan komunikasi yang intens yang memungkinkan lahirnya karya-karya baru yang lebih unggul dan merangkum kekayaan kekayaan kultural lintas bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s