Dialog Sastra #53 “MERAYAKAN 15 TAHUN SUPERNOVA”

Fringe Events Ubud Writers and Readers Festival 2016
Jumat, 28 Oktober 2016, pukul 18.00 WITA

Dialog sastra di Bentara Budaya Bali kali ini merupakan kerjasama dengan Ubud Writers and Readers Festival 2016. Sebagaimana tahun lalu, acara ini merupakan bagian dari Fringe Events UWRF 2016, secara khusus menghadirkan novelis Dewi Lestari (Dee).

intelegensi_embun_pagiSelain berbagi seputar proses kreatif penciptaanya, Dee Lestari akan membincangkan juga pengalaman penulisan novel Supernova. Diterbitkan pertama kali tahun 2001, novel fiksi ilmiah yang terbilang fenomenal ini terdiri dari 6 seri yakni Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh; Akar; Petir; Partikel; Gelombang; dan Intelegensi Embun Pagi. Novel ini patut untuk diperbincangkan karena sewaktu dirilis pertama kali, sang penulis, Dee Lestari, menghadirkan bukan saja imajinasi fiksi ilmiah namun juga tematik seputar realitas sosial yang kala itu masih dianggap tabu, terkait hubungan sesama jenis.

dialog-sastra-53_dee-copyDee Lestari dikenal sebagai salah satu penulis terbaik Indonesia. Ia lahir di Bandung, 20 Januari 1976, memulai karir penulisannya di tahun 2001 dengan sebuah novel yang kini telah menjadi ‘hexalogy’; Supernova. Selain seri Supernova, Dee telah menulis Perahu Kertas, dan tiga antologi lainnya, yaitu Filosofi Kopi, Madre, dan Rectoverso. Filosofi Kopi, yang merupakan kumpulan karyanya dari tahun 1995 – 2005 menjadi Karya Sastra Terbaik 2006 versi majalah Tempo dan menjadi 5 Besar Khatulistiwa Literary Award. Dee juga dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu.

Tahun 2016 merupakan kali ketigabelas penyelenggaraan UWRF, sebuah festival sastra tahunan yang berpusat di Ubud. Tema yang diusung kali ini adalah ‘Tat Tvam Asi’, sebuah penggalan filosofi Hindu dari abad ke-6 dengan makna yang sangat dalam. Tat Tvam Asi bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘Aku adalah engkau, engkau adalah aku.’ atau bisa juga berarti ‘Kita semua satu’. Festival ini dihadiri sekitar 160 penulis lintas bangsa, seniman, jurnalis, musisi, pegiat sastra dan seni lainnya.

Partner :

2016-uwrf-horizontal-positive

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s