Komponis Kini #4 A Tribute to Lotring BERSAMA DEWA PUTU RAI & YUDI KRISNAJAYA

Sabtu, 24 September 2016, pukul 19.00 WITA

Dua komponis yang akan tampil mempresentasikan karyanya dalam Komponis Kini #4 “A Tribute to Lotring kali ini adalah Dewa Putu Rai (Ubud) dan I Gede Yudi Krisnajaya (Denpasar). Keduanya adalah komposer muda yang sedari remaja telah intens berkesenian dan tergabung dalam sanggar (sekaa) gamelan yang aktif berkolaborasi serta berpentas ke mancanegara. Meski berbeda angkatan, Dewa Putu Rai maupun Yudi Krisnajaya sama-sama adalah alumnus Jurusan Karawitan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Sebagaimana pertunjukan seri terdahulu, kedua komponis akan mempresentasikan buah cipta terkininya, sekaligus menghadirkan respon kreatif atas karya-karya klasik dari para maestro terdahulu. Selain menampilkan pertunjukan musik, acara juga akan diperkaya dengan timbang pandang atau dialog bersama para komposer bersangkutan; sebentuk pertanggungjawaban penciptaan.

‘Komponis Kini’ merupakan acara berkala setiap bulannya, dihadirkan pula sebagai sebuah “A Tribute to Lotring”, sebentuk penghargaan dan penghormatan mendalam kepada maestro gamelan yang karya-karyanya terbilang immortal. Lotring adalah sebuah fenomena, seorang seniman pelopor yang memberi sentuhan personal pada keberadaan seni gamelan Bali. Sebagai kurator adalah I Wayan Sudirana, Dewa Alit dan Wayan Gde Yudane.

Komponis_Dewa RaiDewa Putu Rai, lahir di Pengosekan, Ubud. Ayahnya, I Dewa Nyoman Sura merupakan perintis sekaa tabuh sejak tahun 60-an di Pengosekan. Lahir di lingkungan yang intens berkesenian, membuat aktivitas menabuh dan menari menjadi ibarat nafas serta ekspresi jiwa Dewa Putu Rai. Sejalan dengan sang Ayah, ia dikenal memiliki andil besar dalam pendirian Sanggar Seni Cudamani (1997). Ia aktif sebagai pembina tabuh dan komposer semenjak bersekolah di SMKI. Ia juga turut serta berpentas ke Jepang (1996) dan ke Amerika (1998). Karya musiknya bergenre tradisi dan kontemporer, dipentaskan dalam berbagai event di Bali, Jepang, Eropa, Australia dan Amerika. Komposisi yang diciptakannya antara lain : Padutala (2003), “Ilusi” (2003), “Kusa-Lawa” (2004), “Abimanyu Antaka” (2005), “Legong Narasingha” (2013), “Ngreh” (2014), “Legong Wargasari” (2015), musik iringan untuk Sendratari Kolosal “Perjuangan Dewa Agung Kanya” di Klungkung (2015), “Legong Renon” (2016), dan lain-lain. Kemampuan bermusik Dewa Rai semakin matang berkat berbagai kolaborasi yang dilakukannya dengan seniman dalam maupun luar negeri, semisal kolaborasi dengan Wadaiko group Jepang (2005, 2012), seniman “Noh” Jepang (2005,2012,2013), Papatarahumara Jepang (2008) dan Ragamala, Amerika (2009).

Komponis Kini_Yudi Krisnajaya 21I Gede Yudi Krisnajaya menamatkan pendidikannya di ISI Denpasar pada tahun 2014. Menekuni gamelan Bali telah menjadi panggilannya sedari remaja, terbukti dengan pilihannya untuk mendalami seni Karawitan di SMK Negeri 5 Denpasar. Ia juga pernah bergabung dengan sejumlah grup gamelan dan berpentas ke mancanegara, salah satunya ke Australia. Komposisi yang telah diciptakannya antara lain: Ling Maling (2012) ditampilkan bersama bersama ST. Eka Prayojana, Amukti Palapa (2013) ditampilkan bersama Sekaa Cokot, Paling (2014) ditampilkan bersama Sekaa Parasugeni, Nik Nik Teknik (2015) ditampilkan bersama Sekaa Parasugeni, Summer Thing (2016) ditampilkan bersama Sekaa Gong Mertha Jaya, Lingkaran (2016) ditampilkan bersama Sekaa Gong Mertha Jaya, Not For Sale (2016) ditampilkan bersama Sekaa Gong Mertha Jaya, pendukung karya musik “Retro” Sekaa Gong Mertha Jaya, dan lain-lain. Sejumlah komposisi yang dikreasikannya meraih penghargaan sebagai karya terbaik Dies Natalis Universitas Udayana (2014 & 2015). Anggota gamelan Wrdhi Cwaram ini juga pernah berpartisipasi dalam World Musician in Residence Program Perfomance The University of Western Australia (2013). Kali ini ia akan tampil bersama Gamelan Wrdhi Cwaram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s