Pertunjukan Teater & Workshop “AVE MARIA”

Pertunjukan : Sabtu, 6 Februari 2016, pukul 19.00 WITA
Workshop teater : Sabtu, 6 Februari 2016, pukul 15.00 WITA

image029Sebuah lakon bertajuk “Ave Maria” akan dipentaskan oleh kelompok Odin Teatret – Nordisk Teater Laboratorium, grup yang didirikan di Oslo, Norwegia. Sebagai pemain adalah aktris Julia Varley, teks dan sutradara Eugenio Barba, asisten sutradara Pierangelo Pompa dan penata musik Jan Ferslev. Lakon yang dipentaskan pertama kali di Holstebro, Denmark, 22 Oktober 2012 ini merupakan sebentuk ode atau persembahan bagi aktris penuh dedikasi asal Chili, María Canepa yang telah berpulang.

Selain pertunjukan teater, digelar pula workshop dan dialog dengan narasumber Julia Varley, Eugenio Barba, Carolina Pizarro dan Prof. I Made Bandem.

Odin Teatret – Nordisk Teater Laboratorium pertama kali dibentuk pada tahun 1964 di Oslo, Norwegia, lalu berpindah ke Holstrebo, Denmark pada 1966, kemudian berganti nama menjadi Nordic Theatre Laboratory atau Odin Teatret. Kini, teater ini memiliki anggota berbagai negara dari tiga benua di dunia, termasuk dari Bali

Kelompok teater ini telah memproduksi 76 pertunjukan dan pentas di 63 negara dengan konteks sosial yang berbeda-beda. Selain pementasan, kelompok teater ini juga aktif dalam upaya penelitian dan publikasi, di antaranya: penelitian tentang antropologi teater pada ISTA (the International School of Theatre Anthropology) dan upaya kolaborasi dengan CTLS (Centre for Theatre Laboratory Studies), University of Århus, pertunjukan multikultural berkala Theatrum Mundi Ensemble, produksi majalah dan buku serta film dan video.

e.barba 2Eugenio Barba lahir pada 29 Oktober 1936 di Brindisi, Italia. Ia juga penulis dan sutradara Teater yang bermukim di Denmark, pendiri Odin Theatre dan International School of Theatre Anthropology yang berpusat di Denmark. Eugenio Barba adalah sutradara teater multikultur yang pertama kali menggagas teater dengan pendekatan antropologi, di mana panggung berikut ekspresi para aktornya berpijak pada aneka ragam gaya dan tradisi baik kolektif maupun individual, dengan kata lain, proses kreatif berteaternya melalui tahapan kajian dan elaborasi berdasarkan pendekatan antropologi. Menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Århus, Ayacucho, Bologna, Havana, Warsawa, University of Plymouth (Inggris) dan “Reconnaissance de Mérite scientifique” dari Université de Montréal. Ia juga meraih Denmark Academy Award, Meksiko Theatre Critics Prize, Diego Fabbri Prize, Pirandello International Prize, Sonning Prize dari University of Copenhagen dan Akademi Seni Pertunjukan (Hong Kong).

julia varley 2Julia Varley lahir pada tahun 1954 di London, sempat menempuh studi Filsafat di Universitas Milan. Sebelum bergabung dengan Odin Teatret ia bekerja di Milan dengan teater Teatro del Drago, Centro Sociale Santa Marta dan Circolo La Comune, dan bekerja sebagai seorang asisten produser film. Ia bergabung dengan Odin Teatret pada tahun 1976. Bersama Odin Teatret, Julia Varley mengajar di sekolah-sekolah dan universitas. Sejak tahun 1990 ia telah terlibat dalam organisasi ISTA (International School of Theatre Antropologi). Mengarahkan berbagai produksi pementasan, antara lain ; Pumpenhaus Theater di Jerman (Auf den Spuren des Yeti dan Blau), dengan Ana Woolf dari Argentina (Seeds of Memory and White is the Night), dengan Hisako Miura dari Jepang (Fox Wedding) dan dua produksi dengan Lorenzo Gleijeses dan Manolo Muoio (Il figlio di Gertrude dan L’esausto o il profondo azzurro). Ia juga menulis novel Wind in the West dan Notes of an Odin Actress – Stones of Water. Artikel dan esainya telah diterbitkan dalam jurnal seperti The Mime Journal, New Theatre Quarterly, Teatro e Storia, Conjunto, Lapis, The Open Page, Performance Research, Teatro XXI and Máscara.

pk bandemProf. I Made Bandem, penari Bali, pemusik, penulis dan Rektor ISI Yogyakarta (1997 – 2006). Mendapat gelar master tari dari UCLA, dan Ph.D ethnomusicology dari Wesleyan University, Midleton, Connecticut, Amerika Serikat (1980), serta meraih gelar profesor tari Bali dari College of the Holy Cross di Worcester, Massachussets, Amerika Serikat. Kerap memberikan kuliah tari dan gamelan di berbagai universitas di Amerika Serikat dan melalukan riset yang mendalam terhadap musik tradisional di nusantara. Buku-bukunya antara lain: ’Kaja dan Kelod: Balinesse Dance in Transition’ (1981 yang dicetak kembali 1995), didistribusukan oleh Oxford University Press, Kuala Lumpur, Malaysia, dan mendapat penghargaan di seluruh dunia, ’Prakempa: A Cosmology in Balinese Music’, ‘Wayang Wong in Contemporary Bali’, ‘Traditional Theatre of Indonesia’ dan ‘Encyclopedia of Balinese Dance’s’ yang menjadi acuan untuk mempelajari seni Indonesia. Menerima penghargaan UNESCO Music Council Award (1994), Adhi Karya Award dari Departemen Pos dan Telekomunikasi RI (1992), Dharma Kusuma Award dari pemerintah propinsi Bali (1995) dan Lempad Award dari Sanggar Dewata Painting Association (1998), Habibie Award (2003), Fumio Koizumi Prize (2006). Ia juga menjadi Direktur artistik bagi Indonesia untuk festival seni internasional, seperti : Expo Vancouver-Kanada (1986), Expo Brisbane-Australia (1988), Festival Indonesia di Amerika Serikat (1990, 1991), Expo Sevilla-Spanyol (1992), Hannover Fair di Jerman (1995) dan Indonesia Japan Friendship Festival (1997).

Carolina Pizarro, lahir di Chili pada 1981, merupakan seorang aktor, sutradara, dan guru. Ia juga merupakan seorang sarjana seni pada bidang pertunjukkan teater, dan mendapat gelar sebagai profesional aktris dari University of Chile. Penelitiannya telah mempertemukannya dengan Julia Valey, dan pendidikannya terkait seni bela diri Kalaryppayyatu dan Silambattam. Carolina telah mengajar di beberapa workshop dan seminar, dan telah menyutradarai kelompok mahasiswa, mengajar teknik mendongeng, dan menggagas project internasional Transfer untuk mengundang teater dan seniman lintas bangsa ke Chili. Pada Februari 2013, Carolina telah mendapat penghargaan sebagai aktris terbaik dan sebagai penampilan terbaik pada Coquimbo Theatre Festival di Chili. Triskel Director dalam seni pertunjukkan sejak tahun 2007. Carolina bergabung dalam Odin Teatret sebagai aktor sejak Oktober 2015, bergabung juga dalam pertunjukkan ansambel pada The Chronic Life, Inside the Skeleton of the Whale, Ode to Progress dan The Great Cities Under the Moon.

Partner :

odin logo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s