MY FRENCH FILM FESTIVAL 2016

Sabtu – Minggu, 13 – 14 Februari 2016, pukul 17.00 WITA

My french film posterIni adalah sebuah festival yang digagas guna mempublikasikan secara luas karya-karya sineas-sineas terkini Prancis. Menariknya, festival ini menayangkan film-film yang secara khusus dapat diunduh langsun oleh pengguna web di seluruh dunia, sekaligus turut serta berbagi apresiasi tentang film-film Prancis yang tengah diputar atau ditayangkan. Bertajuk My French Film Festival, adalah sebuah festival film tahunan di Prancis dengan satu program pemutaran film berikut konsep yang inovatif; yakni menonton film secara online. Akan tetapi, setiap film yang ditayangkan akan digelar juga di teater, bioskop mini dan pesawat terbang.

Tahun 2016 ini merupakan kali keenam penyelenggaraan My French Film Festival. Ada sejumlah film pilihan yang serentak diluncurkan di sejumlah negara di dunia, antara lain 10 film panjang dan 10 film pendek dengan waktu tayang antara tanggal 18 Januari – 18 Februari 2016. Khusus pemutaran film di Bali, Institut Francais Indonesia (IFI) dan Alliance Francaise Bali bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali. Menayangkan film-film fiksi panjang dan film pendek antara lain; L’affaire Sk1 (2013, Frédéric Tellier), Les Repas Dominical (2015, Céline Devaux), Essaie De Mourir Jeune (2014, Morgan Simon), La Belle Saison (2015, Catherine Corsini), La Fin Du Dragon (2015, Marina Diaby), H Recherche F (2014, Marina Moshkova).

Sinopsis film :
L’AFFAIRE SK1 (Serial Killer 1)
(Fiksi, 2013, durasi 120 menit, sutradara : Frédéric Tellier)

Paris, 1991. Franck Magne, seorang inspektur muda yang mengawali karirnya di Kepolisian Yudisial, 36 Wharf Goldsmiths. Penyelidikan pertamanya adalah kasus pembunuhan seorang gadis belia. Pekerjaan itu mengantarkannya pada kasus-kasus serupa. Pengungkapan kasus pembunuhan tak selalu berjalan mulus, karena Franck harus menghadapi realita dalam pekerjaannya sebagai penyelidik: kekurangan sarana, menghabiskan waktu yang panjang dan rumitnya birokrasi.

LES REPAS DOMINICAL (The Sunday Lunch)
(Fiksi, 2015, durasi 13 menit, Sutradara : Céline Devaux)

Pada saat makan bersama hari Minggu, Jean mengamati seluruh anggota keluarganya. Mereka menanyai Jean tanpa mendengarkan jawabannya. Mereka memberinya saran tanpa belaian dan tamparan. Ini normal, hari itu Minggu siang.

ESSAIE DE MOURIR JEUNE (Try to Die Young)
(Fiksi, 2014, durasi 20 menit, Sutradara : Morgan Simon)

Pada malam hari ulang tahun, Vincent dan Hervé adalah seorang ayah yang banyak bicara dan tak tahu berterima kasih, mencari sesuatu untuk dikerjakan. Perayaan ulang tahun ke-25 tentu sangat bermakna untuk dirayakan.

LA BELLE SAISON (Summertime)
(Fiksi, 2015, durasi : 1 jam 45 menit, Sutradara : Catherine Corsini)

1971. Delphine, anak dari keluarga petani yang memutuskan hijrah ke Paris agar bebas dan mandiri dalam hal finansial. Carole juga ada di Paris dan berpasangan dengan Manuel. Kini ia memulai gerakan feminis. Ketika Delphine dan Carole bertemu, kisah cinta mereka mulai menghancurkan hidup mereka.

LA FIN DU DRAGON (The Dragon’s Demise)
(Fiksi, 2015, durasi 26 menit, Sutradara : Marina Diaby)

Marianne, Mike dan Angela berkumpul di dekat ibu mereka yang sedang koma. Usia Claudine, ibu mereka sangat tergantung pada mesin. Dalam sepuluh hari setelah mematikan mesin itu, Claudine akan mati . Sepuluh hari? Marianne tak pernah menyangka bahwa usia dapat dihitung, namun kini dia lebih paham.

H RECHERCHE F
(Fiksi, 2014, durasi : 12 menit, Sutradara : Marina Moshkova)

André, seorang pelukis yang penuh krisis artistik, menyimpulkan bahwa: jika ia merindukan banyak kreativitas, itu karena dia belum menemukan inspirasi. Tepat pada hari pengumuman dari lembaga pernikahan, ia memutuskan untuk meraih cinta dan inspirasi.

Jadwal pemutaran film :

bentara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s