NEW MUSIC FOR GAMELAN “BEBARONGAN BARU”

Pertunjukan dan Dialog
NEW MUSIC FOR GAMELAN “BEBARONGAN BARU”
Minggu, 25 Oktober 2015, pukul 19.00 WITA

Kesenian tradisional Bali mengalami perkembangan yang panjang, dari semula ditujukan untuk kegiatan yang bersifat upacara keagamaan yang sakral, belakangan melahirkan pula pertunjukan-pertunjukan yang bersifat tontonan atau hiburan. Orientasi kesenian juga bergeser sejalan dengan hadirnya pariwisata, di mana ekonomi dan industri menjadi patron baru yang mengubah banyak hal baik secara stilistik maupun estetik. Dinamika tersebut mencerminkan pula perubahan yang terjadi di dalam masyarakat, dari masa kerajaan, kolonial, hingga masa sekarang ini yang melahirkan aneka gugatan sekaligus respon kreatif seniman-seniman untuk menciptakan genre kesenian baru, walau masih berbasis seni-seni tradisi.

Sebagai tinjauan atas fenomena dimaksud, kita dapat mencermati keberadaan kesenian Barong, yang juga mengalami perubahan dari tari Barong sakral Calonarang di masa tahun 1940-an, menjadi tarian Barong yang orientasinya bergeser menjadi hiburan untuk turis sejak tahun 1970-an.

Konser Gending Bebarongan Baru kali ini adalah sebuah upaya re-formasi, memberi format dan pemaknaan baru (re-interpretasi) terhadap gending bebarongan yang sudah ada, sekaligus melakukan (re-kreatif), menciptakan bentuk gending bebarongan yang (sama sekali) baru, buah respon perenungan yang panjang atas perjalanan kesenian Bebarongan ini.

Upaya-upaya tersebut tidak semata memberikan hiburan lahiriah dan batiniah, namun juga mencerahkan masyarakat agar turut bangga dan memiliki bentuk-bentuk kesenian yang lahir dalam ekspresi kekinian dengan capaian artitstik yang terpujikan serta bermutu tinggi.

Konser gamelan baru ini akan menampilkan Sanggar Cenik Wayah, membawakan karya-karya komposer Bali mumpuni dengan reputasi internasional, antara lain Wayan Sudirana, Wayan Gde Yudane. Adapun sebagai narasumber dialog adalah Wayan Gde Yudane & Wayan Sudirana PhD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s