Pustaka Bentara BUKU MEMOAR, BIOGRAFI DAN BABAD

Pustaka Bentara
BUKU MEMOAR, BIOGRAFI DAN BABAD
Sabtu, 15 Agustus 2015, pukul 18.30 WITA

Sejumlah buku biografi, entah tokoh politik, negarawan, seniman, budayawan dan bahkan selebriti, kini mudah ditemui di rak toko buku. Memoar-memoar tersebut dapatkah sepenuhnya dianggap sebagai dokumen sejarah, mengingat tidak jarang isinya terbilang bersifat subjektif, dipenuhi kisah-kisah atau tanggapan-tanggapan pribadi, yang boleh jadi dalam beberapa bagian, tak sepenuhnya merujuk pada hal yang faktual? Bukankah kajian sejarah selalu berlandaskan pada data dan fakta yang objektif? Bagaimana pula bila disandingkan dan dibandingkan dengan kisah-kisah yang tersimpan di dalam babad-babad yang belakangan ini juga gencar diterbitkan dan diyakini oleh sebagian kalangan sebagai kisah yang merujuk pada kenyataan sejarah.

Pustaka Bentara kali ini mengurai topik seputar penulisan buku biografi, babad, memoar-memoar dan juga catatan-catatan pribadi yang diangkat menjadi informasi bagi khalayak luas. Bagaimana pula posisi catatan-catatan seseorang yang tersimpan atau terangkum di dalam blog-blog pribadi, apakah dapat dijadikan sumber sejarah yang valid, atau perlu diuji lagi dalam sejumlah kajian?

Scan10022Sebagai narasumber adalah dosen Sejarah Universitas Udayana, Drs. Ida Bagus Gde Putra, M.Hum. Saat ini ia tengah menyelesaikan S3 Program Studi Kajian Budaya Pascasarjana Universitas Udayana. Beberapa tulisan yang telah dipublikasikan, antara lain Dampak Pembangunan Irigasi DAS Unda terhadap Pola Usaha Tani di Kabupaten Klungkung, 1963-1982 (Majalah Widya Pataka), Emas Hitam di Pulau Bali, Peredaran Opium dan Dampaknya Bagi Masyarakat Bali, 1839-1938 (Majalah Lontar, 2001), Perubahan Perilaku Penanggulangan Kesehatan Masyarakat di Bali pada medio Abad ke-19 dan awal abad ke-20 (Jurnal Sejarah Tantular, 2004), Kontributor buku Rektor Universitas Udayana Dari Masa ke Masa: Pemikiran dan Harapannya (2007).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s