ODE BULAN AGUSTUS

ODE BULAN AGUSTUS

Gelar Paduan Suara Bentara Budaya
Sabtu, 22 Agustus 2015, pukul 18.00 WITA

Memaknai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-70, Bentara Budaya menyelenggarakan Gelar Paduan Suara bertajuk Ode Bulan Agustus, diadakan di empat venue, yakni: Bentara Budaya Yogyakarta, Bentara Budaya Jakarta, Bentara Budaya Solo (Balai Soedjatmoko), dan Bentara Budaya Bali.

Perayaan kebersamaan ini bukan semata berbagi kepiawaian olah vokal maupun keelokan musik nan padu, melainkan juga sebentuk persembahan untuk tanah air tercinta sekaligus doa bagi terwujudnya cita-cita luhur para founding fathers kita; Indonesia yang subur, makmur, dan sejahtera.

IMG_1613

Para penampil merupakan kelompok paduan suara terpilih yang telah teruji tampil dalam acara-acara yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional; membawakan beragam lagu dengan aransemen dan komposisi yang kompleks serta khas. Masing-masing kelompok penampil akan membawakan tiga buah lagu, terdiri dari: satu buah lagu bertema cinta tanah air/perjuangan dan 2 dua buah lagu daerah.

Adapun untuk pertunjukan di Bali akan melibatkan Voice of Bali, Paduan Suara UKM Kesenian Universitas Udayana, Bahana Suara Universitas Pendidikan Nasional (Basarnas) dan Paduan Suara STMIK STIKOM Bali. Selain mengekspresikan keunikan aransemen dan capaian vokal dan musik masing-masing, juga pertunjukan diwarnai oleh upaya-upaya kolaboratif antara ragam musik modern dan musik tradisi sebagaimana tercermin dari peralatan musik yang mereka eksplorasi di atas panggung.

Voice of Bali merupakan kelompok paduan suara independen yang sebagian besar beranggotakan mahasiswa di Bali. Kelompok ini sempat meraih penghargaan internasional yakni Gold Medal untuk kategori Pop & Jazz Choir serta Silver Medal untuk kategori Folklore pada Bali International Choir Competition 2013. Selain aktif mengikuti kompetisi, kelompok ini juga kerap tampil dalam berbagai event, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Paduan suara UKM Kesenian Universitas Udayana sering tampil dalam acara internal universitas seperti pengukuhan guru besar dan wisuda. Selain itu, paduan suara ini juga berpartisipasi dalam berbagai event, baik tingkat lokal, nasional dan internasional seperti: Festival Budaya, Bulan Bung Karno, Bali Democracy Forum, APEC, Asean Fair, Asean Law, MDG Fair, serta turut berpartisipasi dalam Bali Choir Competition dan Bali International Choir Competition.

Bahana Suara Undiknas (Basarnas) kerap tampil dalam berbagai kegiatan, semisal: wisuda kampus, Rakornas Gapeksindo, Serah Terima Jabatan Bank Indonesia, dan Sarasehan Peringatan Bung Karno tahun 2015.

STMIK STIKOM Bali adalah perguruan tinggi Information and Comunication Technology (ICT) pertama di Bali dan Nusa Tenggara yang didirikan oleh Yayasan Widya Dharma Santhi pada 15 Agustus 2002. Meski berbasis IT, namun dalam pembelajarannya STIKOM Bali senantiasa mengedepankan nilai-nilai kultural, antara lain diwujudkan melalui UKM Tari, Tabuh, Musik serta UKM Paduan Suara “Voice of Stikom Bali” (VOS), yang coba memadukan unsur vokal dan gamelan Bali. Sebagai salah satu upaya melestarikan warisan budaya lewat digitalisasi arsip-arsip dan koleksi sejarah gamelan Bali tempo dulu, baru-baru ini STIKOM Bali bekerjasama dengan Arbiter of Cultural Traditions di New York juga meluncurkan 5 volume CD dan DVD Bali 1928 di Bentara Budaya Bali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s