Pentas Musik “GRAN KINO-SARASVATI”

Pentas Musik
GRAN KINO – SARASVATI
Kamis, 4 Juni 2015, pukul 19.00 WITA

Alliance Francaise Bali, Institut Francais Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Perancis bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali menghadirkan pertunjukan kolaborasi musisi Perancis, Gran Kino dan pemusik indie Indonesia, Sarasvati. Gran Kino dan Sarasvati akan mengeksplorasi tajuk “Bujangga Manik”, sebuah naskah kuno Sunda berusia 600 tahun. Melalui puisi lirik tentang pencarian kebahagiaan ini, Gran Kino dan Sarasvati mengajak kita berkelana dalam sebuah perjalanan puitis melalui harmonisasi sastra dan musik.

Naskah Bujangga Manik memuat kisah perjalanan seorang tokoh bernama Bujangga Manik mengelilingi Tanah Jawa dan Bali. Naskah ini ditulis pada daun nipah, dalam puisi naratif berupa lirik yang terdiri dari delapan suku kata, dan saat ini disimpan di Perpustakaan Bodley di Universitas Oxford sejak tahun 1627 (MS Jav. b. 3 (R), cf. Noorduyn 1968:469, Ricklefs/Voorhoeve 1977:181). Naskah ini sangat berharga karena menggambarkan geografi dan topografi Pulau Jawa pada saat naskah dibuat. Lebih dari 450 nama tempat, gunung, dan sungai disebutkan di dalamnya. Sebagian besar dari nama-nama tempat tersebut masih digunakan atau dikenali sampai sekarang.

Kolaborasi Gran Kino dan Sarasvati bermula pada Printemps Francais 2013, sebuah Festival Seni Budaya Perancis yang rutin digelar setiap tahunnya. Tahun ini, Printemps Francais 2015 digelar di sebelas kota di Indonesia, antara lain Bali, Bandung, Jakarta, Malang, Medan, Padang, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya dan Yogyakarta, sepanjang 15 Mei hingga 16 Juni 2015.

GranKino-Sarasvati_sumber ifi-idGran Kino beranggotakan 4 musisi sekaligus globe-trotteur, penjelajah dunia. Identitas musik mereka tidak terbatas pada satu genre tertentu, melainkan melebur dalam berbagai aliran seperti pop ,soul , hip-hop, musik tradisional. Gran Kino terdiri dari Sara De Sousa (vokal, piano, xylophone), Rémi Velotti (Keyboard, Bas), Morgan Arnault (Drum) dan Robin Genetier (Gitar, Bas), bergabung dalam sebuah proyek orisinal, yang memungkinkan mereka untuk bekerja dengan seniman berbakat lainnya, di luar Perancis. Pada pertunjukan kali ini mereka juga didukung oleh Gw Sok (Vokal), tata suara Gaël Marguin dan tata cahaya Hugo Genetier.

Sarasvati adalah band indie asal Bandung. Lewat musik dan liriknya, Sarasvatī bercerita tentang kehidupan, kasih sayang, persahabatan, dan banyak hal lainnya. Sarasvati telah memiliki 2 album, yaitu “Story of Peter” (2010), dan “Mirror” (2012). Sarasvati yang awalnya merupakan proyek solo setelah melewati beberapa proses kolektif dengan banyak musisi kemudian berubah menjadi sebuah band yang personilnya berjumlah 8 orang, terdiri dari Risa Saraswati (vokal) , Marshella Safira (vokal), Gallang Perdana (bass), Hinhin Agung Deryana (gitar), Iman Rohman (kecapi, suling), Kevin Renaldi (piano), Fajar Shiddiq (drum), Gigi Priadji (Machines, keyboard), serta didukung produksi oleh Butong.

Partner :

logo-printempsfrancais ifi-logo Kedutaan Perancis di Indonesia AF Bali 02 a

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s