Obituari Kaseno

OBITUARI KASENO
Minggu, 14 Juni 2015, pukul 19.00 WITA

Kaseno_Dokumentasi Abu Bakar 1Kaseno Lemu (60) tak terbantahkan adalah salah satu aktor yang mewarnai perjalanan teater modern di Bali. Sosok rendah hati ini memiliki nama asli Kateno, lahir di Blitar, 12 Juni 1955. Ia aktif dalam berbagai pertunjukan drama, selalu tampil total di atas panggung.

Semula Kaseno dikenal sebagai pelaut, bekerja di kapal usaha Indonesia-Jepang, mencari ikan tuna hingga lintas samudra. Namun kecintaannya pada seni panggung, dikenalnya sewaktu di sekolah menengah atas di Blitar, membuatnya nekad meninggalkan kariernya sebagai kepala kamar mesin.

Pertemuannya dengan sutradara Abu Bakar kian mempertajam bakat aktingnya, kemudian tersohor sebagai aktor monolog mumpuni. Beberapa lakon yang pernah dimainkannya antara lain; Racun Tembakau, Bos (Putu Wijaya), Kasir Kita (Arifin C Noor), dll. Ia sempat diundang pentas di beberapa kota di Indonesia. Bersama Abu Bakar dan Teater Bumi, ia sempat mementaskan lakon “Lelaki Kesayangan Tuhan” ( S.Di. Abbas) di Bentara Budaya Bali (2012).

Obituari ini didedikasikan untuk Kaseno, berpulang pada Kamis dini hari, 2 April 2015, di tanah kelahirannya, Blitar. Selain akan diputar film dokumenter dan pertunjukan fragmen monolog yang sempat dimainkan Kaseno, akan dibincangkan pula capaian akting berikut kehangatan persahabatannya.

Kaseno_dok. BBB

Bentara Budaya Bali juga pernah menggelar acara Obituari bagi penyair Wayan Arthawa, pelukis Wahyoe Wijaya, kurator seni rupa Thomas Freitag, koreografer I Nyoman Sura, pematung I Ketut Muja, serta kartunis dan cerpenis I Wayan Sadha.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s