Pustaka Bentara “Orang Lain Adalah Neraka”

Pustaka Bentara
ORANG LAIN ADALAH NERAKA
Sabtu, 4 April 2015, Pukul 17.00 WITA

Pustaka_Cover 2

Pustaka Bentara kali ini menghadirkan buku bertajuk “Orang Lain Adalah Neraka” (Pustaka Pelajar), karya Wahyu Budi Nugroho, yang berangkat dari pemikiran eksistensialisme Jean Paul Sartre. Buku ini menggambarkan kehidupan masa kecil Sartre yang menjadi latar pemikiran filsafatnya, diuraikan secara lugas dan tegas dalam Being and Nothingness, dengan diktum tersohornya; “My Original fall is the existence of the other” [Orang lain adalah sebab kejatuhanku] dan “Other is hell!”[Orang lain adalah neraka]. Dengan kata lain, Wahyu Budi Nugroho melalui bukunya tersebut berupaya mempertautkan filsafat eksistensialisme dengan Sosiologi, ilmu yang ditekuninya sebagai pengajar di Universitas Udayana.
Program ini bekerjasama dengan UKM Pers Mahasiswa Linimassa Universitas Udayana, menghadirkan pembahas Drs. Made Jiwa Atmaja, SU, direktur Udayana University Pers yang juga dosen di Universitas Udayana dan dimoderatori oleh Dra. Nazrina Zuryani, MA, PhD.

Pustaka Bentara_WahyuWahyu Budi Nugroho, S.sos.,M.A, kelahiran Yogyakarta, 11 Juni 1988, lulusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UGM. Penerima beastudi Bachelor Degree Programme of International Bussiness and Management Studies Department, Saxion Universities, Netherland (2006). Ia juga Pendiri dan Fasilitator Islamic Political Forum (IPF), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, Peneliti bidang ideologi pada Taimiyyah Institute. Bukunya antara lain: Orang Lain Adalah Neraka (Pustaka Pelajar, 2013), Alienasi, Fenomenologi, dan Pembebasan Individu (Lingkar Studi Mikrosiologi-UGM & LPPM-UGM, 2013), dll.

Pustaka_JIwa AtmajaDrs. Made Jiwa Atmaja, SU adalah dosen Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Udayana. Direktur Udayana University Press dan Ketua Redaksi Jurnal Ilmu-ilmu Budaya Pustaka. Buku-bukunya antara lain: Priangan Si Jelita Sebuah Telaah (Angkasa Bandung, 1983), Masalah Angkatan dalam Sastra (Himsa, 1983), Hati Nurani Manusia Idrus (Angkasa Bandung, 1985), Notasi tentang Novel dan Semiotika Sastra (Flores: Nusa Indah), Masyarakat Sastra Indonesia (Himsa, 1988), Pengalaman Pertama Seorang Guru (kumpulan Cerita Pendek, Flores Nusa Indah, 1984), Seduka Camar (Novel, BP 1987), Di Simpang Jalan (novel pemenang sayembara, 1990), Kritik Sastra Kiri (Pustaka Larasan, 2011), Bias Gender Perkawinan Terlarang pada Masyarakat Bali (Udayana University Press, 2012), dll. Tulisan-tulisannya juga dimuat di Kompas, Sinar Harapan, Merdeka Minggi, Republika, Simponi, Swadesi, Bali Post, Nusa Tenggara, Bali Tribun, majalah Matra, Editor, Jakarta-jakarta, Harian Neraca Ekonomi, Jayakarta Minggu. Berita Buana, Suara Karya Minggu, Horison dan Basis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s