Sandyakala Sastra #43: Obituari I Wayan Sadha

Sandyakala Sastra #43
OBITUARI I WAYAN SADHA
Kamis, 12 Maret 2015, Pukul 18.30 WITA


Sompret_2_resizeSandyakala Sastra kali ini akan memperbincangkan capaian karya cerpen I Wayan Sadha (67), peraih Hadiah Sastra Rancage 2010, dan juga kepiawaiannya dalam menciptakan kartun-kartun yang sarat pesan. Acara ini juga adalah sebuah obituari, memperingati berpulangnya I Wayan Sadha pada tanggal 28 Januari 2015. Sebagai pembicara adalah I Wayan Westa dan Drs. I Dewa Gede Windhu Sancaya M.Hum.

I Wayan Sadha sempat menjadi narasumber pada Sandyakala Sastra #5 pada tahun 2010 bersama Ida Bagus Wayan Widiasa Keninten. Wayan Sadha dilahirkan di Jimbaran, 29 Juli 1948, pendidikan resminya hanya sempat ditempuh hingga kelas dua Sekolah Rakyat. Ia pernah menjadi pedagang kayu bakar, penjual ikan, nelayan, dan fotografer keliling.

Sandyakala_i-wayan-sadha dok tribun bali

(alm.) I Wayan Sadha – dok. Tribun Bali

Sadha adalah seniman otodidak. Cerpen-cerpennya (berbahasa Bali), serupa dengan kartun-kartunnya, menggambarkan kehidupan rakyat kecil, bertema nyeleneh, penuh humor sarkastik, di mana tokoh-tokohnya mencerminkan problematik masyarakat proletar Bali yang terpinggirkan. Ia dikenal juga sebagai kartunis dengan tokoh rekaannya adalah seekor anjing bernama Sompret. Karya-karyanya dimuat berbagai media, seperti Archipelago, English Corner, Bali Echo, Harian Nusa, Sarad, Taksu, dan lain-lain. Sadha juga pernah diundang pameran bersama Prakarti, antara lain di ARMA Museum, Ubud, Bali Biennale dan lain-lain. Kartun karya Sadha juga telah diterbitkan dalam buku tiga bahasa (Bali-Indonesia-Inggris), berjudul The Dog of Bali. Kumpulan cerpennya yang pertama, Leak Pemoroan, diterbitkankan Balai Bahasa Denpasar, memperoleh Hadiah Sastra Rancage 2010. Anugerah ini diberikan oleh Yayasan Kebudayaan Rancagé pimpinan Ajip Rosidi. Pernah berpameran bersama di Bentara Budaya Bali, dalam tajuk “Local Knowledge, Reposisi Bahasa Rupa Tradisi Bali#2” pada 25 September – 4 Oktober 2011.

Sebelumnya, Bentara Budaya Bali juga pernah menggelar acara Obituari bagi penyair Wayan Arthawa, pelukis Wahyoe Wijaya, kurator seni rupa Thomas Freitag, koreografer I Nyoman Sura serta pematung I Ketut Muja.

Profil pembicara :
Sandyakala_Wayan WestaI Wayan Westa, seorang budayawan dan sastrawan modern Bali, memperoleh penghargaan Sastra Rancage 2014 atas karyanya Tutur Bali (2013). Menekuni dunia jurnalistik, tulisannya tersebar di sejumlah media; Mingguan Karya Bhakti, Harian Nusa, Bali Post, Kompas, dan Radar Bali. Tahun 2000-2009 bekerja sebagai Redaktur Majalah Gumi Bali SARAD. Tahun 2010-2012 dipercaya sebagai Pemimpin Redaksi Majalah SABDA. Sebelumnya, dalam rangka Program Pemetaan Bahasa Nusantara, tahun 1999 ia bekerja di The Ford Foundation. Menyunting sejumlah buku diterbitkan Yayasan Obor Indonesia, Wulan Sedhuwuring Geni (Antologi Cerpen dan Puisi Daerah), Seribu Kunang-Kunang di Manhatan (Terjemahan dalam 13 Bahasa Daerah), dan Sunari (Novel Basa Bali karya Ketut Rida). Rabindranath Tagore, Puisi Sepanjang Zaman, Penerbit Yayasan Darma Sastra, 2002. Menulis buku Tutur Bali, diterbitkan Yayasan Deva Charity, Utrecht, The Netherlands.

Sandyakala_windhu sancayaDrs. I Dewa Gede Windhu Sancaya, M.Hum. dosen Sastra Bali Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana ini juga adalah sastrawan peraih Penghargaan Sastra Rancage, melalui buku kumpulan puisi berbahasa Bali “Coffe Shop”. Dosen yang tengah menyelesaikan program doktornya ini dikenal sebagai sastrawan bahasa Bali dengan tema-tema karya yang mencoba mengangkat peralihan antara masyarakat Bali yang agraris-komunal menuju era industri yang lebih individual. Ia juga aktif di berbagai organisasi social budaya di Bali serta sering bertindak sebagai editor buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s