Pameran Seni Grafis Theresia Agustina Sitompul “Pada Tiap Rumah Hanya Ada Seorang Ibu”

Pameran Seni Grafis Theresia Agustina Sitompul
PADA TIAP RUMAH HANYA ADA SEORANG IBU
Pembukaan : Sabtu, 7 Maret 2015, Pukul 18.30 WITA
Pameran berlangsung : 8 – 15 Maret 2015, Pukul 10.00 – 18.00 WITA

IMG_7590===L1Sosok Ibu, baik dalam pengertian sehari-hari maupun simbolis, kerap jadi rujukan tematik dalam karya seni. Namun, perupa Theresia Agustina Sitompul, melalui karya grafisnya, mencoba menghadirkan Ibu dalam perspektif yang mempribadi. Yang mengemuka kemudian adalah refleksi keberadaan Ibu di dalam rumah, berikut kisah-kisah yang menyertainya –termasuk bagaimana ia dengan sabar dan penuh kasih sayang mengasuh anak-anaknya, tak terkecuali anak perempuannya yang kelak akan menjadi seorang Ibu pula. Begitulah setiap rumah, selalu diandaikan memiliki sosok Ibu sebagai Yang Satu.

Pada pameran tunggal grafisnya kali ini, Theresia Agustina Sitompul atau biasa dipanggil “Tere”, mengekspresikan Ibu sebagai metafor yang kaya akan makna. Ia secara khusus menggunakan teknik yang tidak lazim, yakni mendayagunakan karbon –sebentuk tafsirnya terhadap teknik penggandaan pada tradisi karya grafis. Melalui teknik yang terbilang unik ini, terbawa kita pada sejumlah ingatannya yang tertaut pada figur Ibu, semisal mesin jahit tua, tangan kasih yang bergandengan, sosok perempuan kecil dan sejumlah wujud visual lainnya yang bermuara pada perenungan tentang peran Ibu yang tak tergantikan.

TeresiaTheresia Agustina Sitompul, lahir 5 Agustus 1981 di Pasuruan, adalah lulusan Institus Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Ia pernah berpameran tunggal “Yearning” in Via – via Cafe Yogyakarta (2004), serta beberapa pameran bersama antara lain: Lessedra 4rd Annual Mini Print, Bulgaria (2005), “DRAW”, Biasa Art Space, Bali (2006), Biennale IX, Studio Grafis Minggiran, JNM, Yogyakarta (2007), Hello Print, Edwin Gallery, Jakarta (2008), Red District Project,Fund Rising Art Exhibition, Koong Gallery, Jakarta (2009), dll. Meraih penghargaan First Mural Champion ITC “Belanja Grosir Sambil Plesir” di Surabaya dan Pemenang III Kompetisi Trienal Grafis Indonesia IV (2012).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s