Pentas Teater “Urat Jagat” Mainteater Bandung

Pentas Teater
“URAT JAGAT “ MAINTEATER BANDUNG
Selasa, 24 Februari 2015, pukul 19.00 WITA

Sebuah pertunjukan teater multimedia bertajuk “Urat Jagat” akan dipentaskan di Bentara Budaya Bali, mengeksplorasi puisi berbahasa Sunda karya Godi Suwarna. Pentas kali ini adalah garapan dari Mainteater Bandung, menghadirkan kolaborasi antara Godi Suwarna, Wawan Sofwan, ahli musik Mall Webb dari Melbourne serta penata tari Jodee Mundy dan Sandra Fiona Long. Kolaborasi ini akan mengeksplorasi tema dunia yang sakit berikut berkisah perusakan dan kerusakan alam yang membayang-bayangi umat manusia, di mana narasi diterjemahkan menjadi gerak, suara dan bunyi, serta didukung oleh video art karya seniman instalasi, Deden Bulqini.

Pentas Urat Jagat 1Pertunjukan “Urat Jagat” ini adalah bagian dari proses kolaborasi yang berkelanjutan, dimulai tahun 2011 serta sempat dipentaskan dalam aneka variasi bentuk di Selasar Sunaryo, Bandung, The Jakarta-Berlin Art Festival, Jerman, Universitas Frankfurt, Belanda dan LaMama Courthouse, Melbourne, Australia. Pertunjukan kali ini diniatkan untuk memperingati Hari Bulan Bahasa Ibu Internasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2015.

Disutradarai Sandra Fiona Long, tampil sebagai pemain dalam Urat Jagat ini adalah Godi Suwarna, Wawan Sofwan, Jodee Mundy, Sahlan Bahuy, Heliana Sinaga, penulis naskah : Godi Suwarna, pemusik : Mal Webb, video art : Deden Jalaludin Bulqini, lighting director : Aji Sangiaji, stage crew : Ahadian Boyan. Bertindak sebagai pimpinan produksi adalah Pradetya Novitri dan Toni Lesmana.


Urat jagat pressMainteater
didirikan pada tahun 1995 oleh beberapa teaterawan di Jawa Barat. Bertujuan untuk menciptakan karya teater yang dapat dinikmati oleh seluruh penikmat dari berbagai macam budaya dan bahasa. Mainteater telah berkolaborasi dengan seniman di Melbourne sejak 1997. Pertunjukan “Happy 1000 1000 Bahagia” (2000/2007) memenangkan penghargaan Melbourne Fringe Award untuk kategori “Innovation of Form” dan menjadi nominee untuk Green Room Award untuk kategori yang sama. Dipentaskan di London International Festival of Theatre Enquiry Season dan juga dipentaskan dalam roadshow di 5 tempat di Indonesia. Pada 2007, Mainteater berkolaborasi dengan Ahli Upacara Teh dari Jepang, So Sen, dalam proses “The Wind in B Minor” yang dipentaskan di Fitzroy Town Hall dan LaMama, Melbourne, dilanjutkan dengan program residensi selama satu bulan di Albury’s Hothouse Theatre. Mainteater juga memproduksi “Sumur Tanpa Dasar, The Bottomless Well” (Indonesia dan Australia), “Oknum” (Indonesia, Australia, Malaysia dan Berlin) dan “Dam” (Australia, Indonesia dan Eropa) dan banyak lagi lainnya.

Selain di Bentara Budaya Bali, Mainteater Bandung juga melakukan serangkaian tour pentas “Urat Jagat” di beberapa kota, antara lain Selasar Sunaryo Art Space, Bandung, Gedung PKM UPI, Bandung, Bale Rumawat UNPAD, Bandung, Rumah Dunia, Serang, dan Bentara Budaya Jakarta.

The_group-19 pres

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s