Pustaka Bentara (Diskusi & Pentas Alih Kreasi Cerpen) “RUMAH KENANGAN” STHIRAPRANA DUARSA

Pustaka Bentara (Diskusi & Pentas Alih Kreasi Cerpen)
“RUMAH KENANGAN” STHIRAPRANA DUARSA
Kamis, 4 Desember 2014, Pukul 18.30 WITA

Cover buku Rumah kenanganPustaka Bentara kali ini akan menghadirkan sebuah buku kumpulan cerpen karya sastrawan Sthiraprana Duarsa, bertajuk Rumah Kenangan (Penerbit Buku Arti, 2014). Buku yang memuat 10 cerita pendek ini merangkum karya-karya yang tak hanya mengkritisi perihal posisi Bali yang tersohor dengan kehidupanan seni budaya berikut probelematik globalisasi yang menyertainya, tetapi menyiratkan pula gambaran alam pikiran sang penulis yang cemas akan perubahan tata nilai pulau kelahirannya ini. Tokoh-tokoh dalam cerita ini berada dalam sekian simpang pilihan, konflik batin mereka mencerminkan gambaran umum yang tengah terjadi dalam masyarakat Bali.

Buku kumpulan cerpen ini akan dibahas oleh Ida Bagus Darma Santika Putra dan Prof. Dr Nyoman Darma Putra, M.Litt. Selain itu ditampilkan pula alih kreasi cerpen Sthiraprana Duarsa menjadi dua pertunjukan dramatisasi cerpen oleh Christyan A.S dan Teater Takhta.

Pustaka_SthirapranaSthiraprana Duarsa, penulis kelahiran Denpasar. Cerita pendeknya pernah mendapatkan juara penulisan cerita pendek pada tahun 1986 dan 1987 dalam rangka Hari Ulang Tahun Bali Post. Selain cerita pendek, ia juga menulis puisi. Buku kumpulan puisinya Bagian dari Dunia (1994) dan Pulang Kampung (2008). Beberapa puisinya juga termuat dalam antologi bersama seperti : Sajak-Sajak Refleksi Setengah Abad Indonesia Merdeka (1995, Taman Budaya Surakarta), Menagerie 4 Antologi Puisi Bali (2006, Yayasan Pendet), Cinta Disucikan Kehidupan Dirayakan (2007, Yayasan Selakunda), dan Dendang Denpasar Nyiur Sanur (2012, Pemkot Denpasar bekerjasama dengan Arti Foundation).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s