Pentas Dua Monolog

Pentas Dua Monolog
Rabu, 12 November 2014, Pukul 15.30  WITA
Monolog PolitikSebelum memasuki tahun politik seperti sekarang, negara ini sudah dicabik-cabik korupsi. Alih-alih kapok, para pelaku korupsi seolah menemukan modus-modus baru untuk mengeruk uang negara sembari menimbun pundi-pundi kekayaan diri sendiri. Lembaga negara seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seperti “berkejaran keahlian” dengan para koruptor di dalam mencari alibi dan modus korupsi.

Bekerjasama dengan Arcana Foundation, pentas Dua Monolog ini akan menampilkan monolog karya Putu Fajar Arcana, sebelumnya telah dipentaskan di Bentara Budaya Jakarta pada tanggal 19 & 20 Juli 2014, berangkat dari situasi politik dan penyelenggaraan negara yang penuh dengan tipu-daya. Banyak pejabat negara, bahkan beberapa menteri terlibat kasus korupsi. Belum lagi kasus-kasus yang menimpa para pimpinan partai politik. Peristiwa-peristiwa yang mengguncang sendi-sendi kenegaraan kita itu diolah dan kemudian diekspresikan dalam bentuk monolog oleh Putu Fajar Arcana. Wartawan dan sastrawan ini menerbitkan buku berjudul “Monolog Politik” (Kompas, 2014), yang berisi lima monolog tentang centang-perenang kasus-kasus korupsi di Tanah Air. Ia tidak sekadar repetisi terhadap realitas sehari-hari yang keras, tetapi telah menjadi permenungan terhadap kemerosotan martabat dan rendahnya moralitas manusia dewasa ini.

Monolog pertama Wakil Rakyat yang Terhormat akan dimainkan oleh aktris yang telah berpengalaman tampil dalam film maupun seni panggung, yakni Sha Ine Febriyanti. Sebagai sutradara adalah Putu Fajar Arcana. Sedangkan lakon Orgil akan dimonologkan oleh aktor Didon Kajeng, disutradarai oleh Afif Mahfudz.

monolog_didon_kajengDidon Kajeng, pelakon terbaik dalam festival monolog nasional di Solo tahun lalu. Aktor teater ini pertama kali terjun ke sastra dan teater sejak pertemuannya dengan ibu Dhenok Kristianti, penyair dan sastrawan yang juga merupakan guru Bahasa Indonesianya saat duduk di bangku SMP. Didon yang kala itu masih kelas satu SMP diajak mengikuti lomba Sastra Lisan Pekan Seni Remaja Denpasar dan berhasil meraih juara dua untuk tingkat umum tahun 1988. Sejak saat itu Didon Kajeng kerap menjuarai berbagai lomba baca puisi, mendongeng, dan berpidato baik tingkat propinsi dan nasional. Mulai tahun 2008 Didon Kajeng kembali aktif dalam dunia teater terutama pentas monolog, dimulai dengan menjadi juara pertama lomba monolog KDRT yang diadakan Himpunan Wanita Penulis Indonesia Bali dalam rangka Pesta Kesenian Bali. Kala itu Didon berkesempatan berkenalan dengan Abu Bakar, dramawan dan penggiat teater di Bali. Bersama Abu Bakar Didon mementaskan beberapa naskah monolog dan drama, di antaranya monolog ‘Adik Kecilku’ dan lakon ‘Malam Jahanam’.

MONOLOG_INE FEBRIIne Febriyanti, lahir di Semarang, Jawa Tengah, 18 Februari 1976 adalah bintang film Indonesia serta tampil dalam pertunjukan teater. Ine turut ke dunia seni peran dengan membintangi sinetron Darah Biru, terlibat dalam penggarapan lakon drama Miss Julie karya dramawan Swedia, Johan August Strindberg yang dimainkan bersama Teater Lembaga Institut Kesenian Jakarta. Ia pun tampil dalam lakon Opera Primadona, di Teater Tanah Airku, sutradara Nano Riantiarno. Terlibat dalam sebuah pementasan kolaborasi teater di Jepang berjudul, The Whale on The South Sea. Pementasan itu berlangsung 27 kali, yaitu 23 kali di Tokyo dan empat di Okinawa.

Ine Febrianti terlibat Pentas Teater “Nyai Ontosoroh”, adaptasi Novel “Bumi Manusia” karya Pramoedya Ananta Toer oleh penulis Naskah Faiza Mardzoeki, dengan sutradara Ken Zuraida. Baru-baru ini Ine menyutradarai sebuah film ombinus Kita Vs Korupsi (Januari, 2012).

Partner:

ARCANA FOUND

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s