Pementasan & Sarasehan TARI BALI DAN PENDIDIKAN KARAKTER

Pementasan & Sarasehan
TARI BALI DAN PENDIDIKAN KARAKTER
Sabtu, 15 November 2014, pukul 17.00 – 22.00 WITA

Sanggar Mekar Sari bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali didukung oleh Listibiya (Majelis Pertimbangan dan Pembinaan Kebudayaan) Kabupaten Gianyar, menyelenggarakan pertunjukan tari Bali dan sarasehan. Selain mempertunjukkan tari-tari klasik, pertunjukan yang juga melibatkan seniman-seniman cilik ini akan menampilkan karya-karya kreasi terkini.

Sanggar tariAdapun sarasehan mengambil tema “Tari Bali dan Pendidikan Karakter”, yang membahas potensi-potensi kesenian, khususnya tari dalam upaya membangun pribadi-pribadi unggul berkarakter, serta memilki kecintaan kepada seni budaya. Tari-tari Bali selama ini diyakini diciptakan mengacu dengan nilai-nilai filosofis luhur; siwam (kebenaran spiritual), satyam (kemuliaan dan kesucian) dan sundaram (keindahan). Sebagai pembicara adalah Drs. I Nyoman Sama, M.Hum, I Ketut Sudra, SS., dan Nyoman Cerita, SST., MFA.

Drs. I Nyoman Sama, M.Hum, adalah staff pengajar program studi Antropologi Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Sekarang menjadi kandidat Doktor Ilmu Kajian Budaya Universitas Udayana dengan fokus kajiannya “Keterampilan Seni Tari sebagai Media Pembentukan Karakter Anak di Bali”.

I Ketut Sudra, SS, adalah seorang seniman dan pemerhati seni di Bali. Beliau juga merupakan pimpinan Sanggar Mekar Sari Gianyar yang telah berdiri sedari tahun 1995. Sanggar Mekar Sari kerap tampil dalam berbagai event seni budaya tingkat nasional maupun internasional, seperti Pesta Kesenian Bali, termasuk sering pula mengirim duta kesenian ke luar negeri.

I Nyoman Cerita, SST., MFA, adalah seniman, koreografer, komposer dan akademisi di ISI Denpasar. Saat ini tengah menempuh pendidikan program Doktor Kajian Budaya Universitas Udayana. Ia telah melahirkan tari-tari kreasi baru seperti Tari Satya Brasta, Tari Garuda Wisnu, Tari Legong Taksu, Tari Ratnayu, Tari Kebo Iwa, Tari Legong Sang Hyang, dan sejumlah tari fragmentari yang telah dipadukan oleh unsur-unsur kontemporer yang dipentaskan di tingkat nasional maupun internasional.

Beberapa pertunjukan yang akan ditampilkan antara lain; Tari Kupu-kupu Tarum, Tari Legong Kreasi Supraba Duta, Tari Baris Kembar, Tari Nelayan dan Tari Kreasi Baru Mekar Sari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s