INILAH DIA, PEMENANG LOMBA FOTOGRAFI KOMPAS GRAMEDIA BALI FESTIVAL 2014

INILAH DIA, PEMENANG LOMBA FOTOGRAFI KOMPAS GRAMEDIA BALI FESTIVAL 2014

IMG_9750Melanjutkan sukses ‘Semarak Bali Festival 2013’, Forum Komunikasi Daerah Karyawan Kompas-Gramedia Bali tahun ini kembali menggelar program serupa, kali ini bertajuk “Kompas Gramedia Bali Festival 2014’. Program ini tak terlepas pula dari upaya Kompas Gramedia untuk mewujudkan, melestarikan sekaligus merawat seni dan budaya Bali yang adiluhung dengan dukungan serta sinergi segenap pihak, baik dari masyarakat, pemerintah, para pelaku usaha serta stakeholder lainnya. Kegiatan yang didedikasikan bagi masyarakat luas di Bali ini berlangsung pada Minggu, 12 Oktober 2014 di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Renon Denpasar.

Adapun festival ini diawali dengan Jalan Sehat yang dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur Bali, Bapak Sudikerta.

“Program ini tak hanya bertujuan sebagai ruang ekspresi dan sarana komunikasi, tetapi juga media sosialisasi atas peran serta kontribusi Kompas-Gramedia dalam bersama-sama turut menjaga kehidupan sosial kultural Bali yang harmoni dan menjunjung nilai-nilai kedamaian serta keluhuran, “ ungkap Bapak Wayan Sukra Sudiarsa, Ketua Forum Komunikasi Kompas Gramedia Bali.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia kegiatan, Sang Nyoman Gunarta, yang juga GM Hotel Santika Siligita, Nusa Dua, agenda “Kompas Gramedia Bali Festival 2014” ini mengetengahkan bermacam lomba mulai dari kesenian seperti Gebogan Bunga, Baleganjur, modern dance, fruit carving, sampai yang bersifat fun untuk segala lapisan umur seperti lomba mewarnai, story telling, dan lomba komunitas yang menghadirkan komunitas Roti, Melukis Alam, Kelinci, Reptile, Miniatur, dll. Para peminat fotografi pun dapat ikut serta meramaikan acara yang berlangsung di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Renon, dengan mengikuti lomba serta workshop fotografi on the spot dengan objek foto terkait kegiatan “Kompas Gramedia Bali Festival 2014”.

IMG_0127Sebagai narasumber workshop fotografi adalah M. Bundhowi, fotografer yang kerap kali mengeksplorasi aneka objek foto dengan teknik montase. Ia telah berpameran tunggal di banyak tempat, antara lain:“Refugee” Solo, Photography exhibition, Galang – Indochina Refugee Camp, Indonesia (1988), “Images of Peace”, Solo – Evans Head, NSW, Australia (2000), “The Promise of Dawn”, Solo, Ganesha Gallery, Four Seasons Resort, Bali (2001), “Indonesia Goes Bush”, Touring art talk and presentation, intensive Workshop and lecture in different cities – NSW) Art presentation & Artist in Residence Australia, NSW, (2002), “A Bridge of Peace”, Solo, Xintong Arcade, Luang Prabang, Laos (2004-2005).

IMG_1525
Setelah menyisihkan 114 karya foto dari para peserta, Lomba Fotografi on The Spot menghasilkan 3 pemenang utama, yakni sebagai Juara I adalah Raka Bujangga, Juara II Luh Gede Krisna Handayani dan Jaura III A.A. Ngurah Gd. Yudiantara.

Adapun Juara Lomba Mewarnai tingkat TK, yakni Sabrina Flozie Thea (Juara I), Dio (Juara II), Savira (Juara III), Krishna Ananda (Juara Harapan I), Pt. Gd. Wikayana S. (Juara Harapan II), Wyn. Cista Maha Putra S. (Juara Harapan III), sedangkan untuk tingkat SD, yaitu Ni Km Sri Mahyaniariasih (Juara I), Angga Dwi Rahmawan (Juara II), Pt. Aditya Pratama (Juara III), I Md Aryaduta Restu (Harapan I), Eksa Mahotama (Harapan II) dan Ida Ayu Pt Audrey T.C. (Harapan III).

Sedangkan untuk Lomba Fruit Carving, Juara I diraih oleh Ida Bagus Soma, Juara II I Gusti Ngurah Citra Sena dan Juara III I Gd Artha Gunawan. Untuk Lomba Story Telling diraih oleh Christina Dewita Sari (Juara I), Made Ayu Arunhita (Juara II) dan Komang Satya Laksaguna (Juara III).

Selain itu, digelar pula lomba Baleganjung yang diikuti oleh 8 tim serta lomba modern dance yang diikuti oleh 6 tim.

“Melalui berbagai kegiatan serangkaian Kompas Gramedia Bali Festival ini kita senantiasa berupa mengedepankan bagaimana warisan nilai-nilai kearifan (local wisdom) Bali sebagai acuan sosial kultural keseharian kita. Kesenian dan kebudayaan sejatinya harus terus kita rawat dan lestarikan demi Bali yang lebih baik, “ ujar Sang Nyoman Gunarta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s