Dialog Budaya HEALTH INTERVENTION : WHERE DOES THE SOCIOCULTURE FIT?

Dialog Budaya
HEALTH INTERVENTION : WHERE DOES THE SOCIOCULTURE FIT?
Sabtu, 9 Agustus 2014, pukul 18.00 Wita

7

Ilustrasi

Acara ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan Bali International Summer School yang diadakan oleh BEM Fakultas Kedokteran UNUD. Kegiatan ini diikuti oleh 30 mahasiswa dari seluruh dunia yaitu Belanda, Inggris, Slovakia, Uzbekistan, Swedia, Tunisia, Nigeria, Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Masalah kesehatan tidak hanya bertaut erat dengan penanganan pengobatan, namun juga kiat-kiat pencegahan penyakit atau tindakan-tindakan preventif. Faktor sosial dan budaya menjadi hal yang utama pada metode pencegahan ini, dimulai dari promosi pangan dan gizi, penerapan peduli sanitasi, hingga mengadopsi perilaku sehat di masyarakat. Seringkali pula upaya preventif berupa publikasi kesehatan dipadukan dengan pertunjukan kebudayaan setempat demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya hidup sehat.

Akan tetapi, sejauh mana sebenarnya kiat ini efektif dilakukan? Lalu bagaimana daerah maupun negara-negara lain melakukan usaha-usaha preventif di bidang kesehatan? Dua pembicara Dr. Nazrina Zuryani, M.A., P.hD., dan dr. I Nyoman Sutarsa., MPH. akan mengulasnya dalam diskusi yang bertajuk “Health Intervention : Where does The Socioculture Fit?”

Dialog Budaya_NazrinaDr. Nazrina Zuryani ,M.A., P.hD., merupakan seorang dosen di Universitas Udayana yang juga seorang pemerhati masalah sosial-budaya khususnya di Bali. Nazrina meraih gelar Ph.D dari Newcastle University dengan disertasinya tentang masalah wanita Bali, terutama di daerah Buleleng, yang terkait program-program pemberdayaan Uni-Eropa.

Dialog Budaya_sutarsaSementara itu, dr. I Nyoman Sutarsa, MPH., adalah dosen Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Meraih gelar master bidang kesehatan masyarakat di La Trobe University, Australia. Saat menjalani program master di La Trobe, mendapatkan penghargaan Golden Key (untuk capaian prestasi akademis) dari Golden Key International Honour Society (2012). Saat ini juga menjadi Chief Editor Public Health and Preventive Medicine Archieve.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s