Sinema Bentara BOLA OH BOLA

Sinema Bentara
BOLA OH BOLA
Jumat – Sabtu, 25 – 26 Juli 2014, pukul 17.00 – 22.00 Wita

Sewaktu agenda Sinema Bentara ini disusun, piala dunia sepak bola tengah berlangsung. Segala analisa, komentar dan publikasi hadir sepanjang hari di televisi dan berbagai media lainnya. Seolah seluruh warga sejagat raya tumpah ruah perhatiannya pada ajang pertandingan empat tahunan ini. Sebagaimana pameo bola itu bundar, mengulang kisah Piala Dunia 2010 juara bertahan Perancis tersisih di babak awal, demikian juga Spanyol harus rela kembali pulang lantaran tak lolos penyisihan grup, ditekuk Belanda 5-1 dan dilibas Chile 2-0. Demikian juga nasib Inggris dan Australia, sedini itu harus angkat koper.

Sinema Bentara kali ini menayangkan film-film baik dokumenter maupun fiksi terkait sepak bola. Di mana melalui besutan sutradara Indonesia maupun luar negeri kita menyaksikan gemuruhnya dunia di sebalik si kulit bundar ini. Terangkum di dalamnya tak hanya soal taktik dan strategi serta aneka muslihat di lapangan, melainkan juga militasi para supporter, intrik politik dan kasak-kusuk yang melatarbelakangi kehadiran sebuah tim atau hasil pertandingan.

Simak saja film Arema” Agama Kedua” (Rio Armando|50 min 07 sec|2010|Dokumenter|FFD) dan juga “The Jak” (Andibachtiar Yusuf|75 min|2007|Dokumenter|Bogalakon Pictures) yang secara rinci menggambarkan sorak sorai dan kefanatikan para supporter kedua kesebelasan papan atas nasioal ini, yakni Arema asal Jawa Timur dan Persija asal Jakarta. Dua film ini sesungguhnya menguraikan perihal identitas berikut sub kultur tertentu yang melekat di dalamnya; satu kebanggaan, solidaritas, serta aneka pernak-pernik yang mewarnai perjalanan kedua tim ini. Film berikutnya bertajuk “Hari Ini Pasti Menang” (Andibachtiar Yusuf|122 min|2013|Fiksi|Bogalakon Pictures), sebuah cerita sederhana yang menggambarkan harapan para supporter dan pemain untuk meraih kemenangan dalam tiap pertandingan. Tentu saja film ini juga kaya akan ilustrasi yang menggambarkan kehidupan di sekitar sepak bola yang riuh rendah, antara kegembiraan dan kekecewaan, berikut harapan serta tekad untuk menjadi yang terbaik.

Film berikut mengisahkan legenda sepak bola Perancis Zidane bertajuk “Little Zizou” ( Sooni Taraporevala|101 min|2009|Fiksi). Tidak hanya menelisik sosoknya sebagai bintag yang penuh dengan kontroversi, melainkan juga mencoba merunut jejak masa kanaknya yang penuh dengan perjuangan serta dililit oleh kemiskinan. Laiknya seorang selebritas di bidang lain, pemain sepak bola memang menjadi pusat perhatian masyarakat dunia, para penggemar tak peduli dari pelosok negeri manapun selalu ingin tahu apa, dan bagaimana serta siapa sesungguhnya sang idola ini. Dalam “Maradona by Kusturica” (Emir Custurica|90 min|2008|Dokumenter), kita akan diajak menyelami sisi-sisi lain seorang maestro sepak bola yang lahir di Argentina yakni Diego Armado Maradona. Walaupun sejak kurun akhir tahun 90-an terbilang undur dari lapangan hijau, legenda sepak bola dunia ini masih mencuri perhatian khalayak, sekian cerita kelabunya membayang-bayangi keingintahuan para pengagum dan pembencinya sekaligus.

Sinema tentang bola ini sesungguhnya layak disandingkan dan dibandingkan dengan karya-karya yang mencoba menjadikan sepak bola sebagai tematik utama. Semisal Trilogi Bola yang ditulis secara literer dan puitik oleh Sindhunata, penuh acuan filosofi yang mencerahkan. Termasuk juga lagu-lagu yang diciptakan khusus untuk ajang piala dunia atau yang bertautan dengan kisah-kisah di seputar sepak bola. Karya-karya tersebut sesungguhnya bagian yang merangkum sejarah umat manusia terkait si kulit bundar, sekaligus mempresentasikan sesuatu yang kelak akan disimak dan dimaknai dikemudian hari oleh generasi mendatang.

Sinema Bentara kali ini bekerjasama dengan dengan Forum Film Dokumenter, Festival Film Dokumenter dan Bogalakon Pictures yang konsisten sebagai rumah produksi kreatif yang menghasilkan film dengan latar cerita sepak bola. Mari menonton sepakbola dalam lanskap dan perspektif yang berbeda, semoga menghadirkan kepada kita pengalaman lain tentang sebuah arena pertandingan, permainan dan sisi-sisi tersembuyi dari sepak bola.

Penjelasan tentang film dapat disimak lebih jauh di situs: http://www.bentarabudayabali.wordpress.com

Jadwal Pemutaran Film :
Jumat, 25 Juli 2014
1. Arema “Agama Kedua” 50 min 07 sec
–break– –break–
2.The Jak 75 min
3.Little Zizou 101 min

Sabtu, 26 Juli 2014
1.Hari Ini Pasti Menang 122 min
2.Diskusi 45 min
3.Maradona by Kusturica 90 min

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s