Pameran Trienal Seni Grafis Indonesia IV M. FADHLIL ABDI “REPRESS”

Pameran Trienal Seni Grafis Indonesia IV
M. FADHLIL ABDI “REPRESS”
Pembukaan : Kamis, 12 Juni 2014, pukul 18.30 Wita
Pameran untuk umum : 13 – 19 Juni 2014, pukul 10.00 – 18.00 Wita
Diskusi & workshop seni rupa : Jumat, 13 Juni 2014, pukul 18.30 Wita

Sebagai kelanjutan dari program lomba Trienal Seni Grafis Indonesia IV yang diselenggarakan Bentara Budaya, digelar serangkaian pameran keliling di empat venue, yaitu Bentara Budaya Jakarta, Bentara Budaya Yogyakarta, Bentara Budaya Bali dan Balai Soedjatmoko Solo. Pameran kali ini menghadirkan eksebisi tunggal pemenang II Trienal Seni Grafis Indonesia IV, M. Fadhlil Abdi bertajuk “Repress”.

IMG_0886Pameran grafis tunggalnya ini terinspirasi dari beberapa film biografi tentang kehidupan para seniman besar yang dalam pergulatan penciptaannya berhadapan pula dengan aneka tekanan psikologis, penuh pertanyaan pada diri sendiri, apakah untuk meraih kesuksesan seorang seniman harus mengalami kesakitan ? Haruskah karya masterpiece dilahirkan oleh kreator yang dihantui oleh kegilaan dan kesakitan psikis yang mendalam. Bagi Fadhlil Abdi, kemampuan seorang seniman menghadapi tekanan mendalam sewaktu proses penciptaan awalnya diyakini akan mengantarnya ke masa keemasan kelak sebagai seorang tokoh.

IMG_0834Tema Repress dimaknai pula oleh Fadhlil sebagai suatu proses pernyataan sikap mental yang menekan mencoba mengelak dan mengatasi hal-hal yang menindas, mengekang hasrat di dalam diri sang manusia. Menurut pandangannya, kadar represi sesungguhnya tergantung pada yang bersangkutan sewaktu mengalami dan bagaimana mengelola serta mengendalikan tekanan itu. Tekanan psikologis yang mendalam bisa menjadi lawan yang menciptakan perang di dalam diri atau sebaliknya menjadi kawan yang melahirkan satu kondisi kreatif yang produktif. Pameran kali ini sekaligus juga membuktikan bahwa sejatinya seni grafis dapat hadir sejajar dengan seni lukis.

M Fadhlil Abdi, kelahiran Palembang 30 Agustus 1987 merupakan lulusan pendidikan seni lukis di ISI Yogyakarta. Ia mulai tertarik menggrafis tahun 2010 pada selembar papan MDF berobjek potret diri. Kemudian dilanjutkan membuat karya grafis dengan garis-garis arsiran pendek yang rumit dan teliti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s