Sinema Bentara ODE UNTUK MUSIK

Sinema Bentara

ODE UNTUK MUSIK

Sabtu – Minggu, 19 – 20 April 2014, Pukul 17.00 – 22.00 Wita

 

Musik bisa dinikmati secara universal, lintas bangsa dan lintas kultur. Bahkan musik juga bisa diresapi melalui aneka media, seringkali bermuatan pesan sosial yang mengekspresikan suara zaman. Pada kurun 2000an ini kita banyak mengenal berbagai jenis musik. Sementara pada era sebelumnya, musik dipandang mewakili suatu gaya hidup serta ideologi tertentu yang diyakini menumbuhkan kesadaran baru serta inspirasi.Periodisasi tersebut menggambarkan aneka kreativitas dari berbagai jenis musik, baik di dalam lirik maupun terangkum di dalam konsep musik itu sendiri.

 

Sejalan itu, film musik hadir sebagai medium ekspresi yang memperluas apresiasi, entah hanya sekedar pendokumentasian, publikasi, maupun sebentuk ode bagi keberadaan grup-grup musik itu sendiri berikut ilhamnya.  Menikmati musik dalam wujud sinema tak lain merayakan kegembiraan melalui rangkaian cerita, mengekspresikan impian-impian lewat paduan bunyi, seturut proses panjang yang mempertautkannya dengan para penggemarnya.

 

Sinema Bentara kali ini akan menghadirkan film-film yang merangkum atau mengisahkan perjalanan grup-grup band atau kisah-kisah musikus, dari hal-hal sederhana maupun kerja keras meraih popularitas, sebagaimana tergambar dalam film Berdansa Bersama Shaggydog, satu grup band beraliran musikska yang memulai karir dari gang kecil di Yogyakarta. Mengisahkan ketekunan dan tekad grup band ini, terutama upaya mereka mengangkat kondisi sosial Jogja secara tersirat dalam lirik-lirik lagu mereka. Film berikutnya adalah Rock For Kamtis, mengisahkan perjalanan grup band Endank Soekamti saat memulai rekaman di awal bulan Ramadhan, serta bagaimana anggota grup band ini berinteraksi dengan penggemarnya melalui sosial media.

 

Film Anak Naga Beranak Naga, adalah sebentuk ode yang mempersembahkan satu kisah panjang maestro gambang kromong, Cim Masnah berikut kisahnya dari panggung ke panggung. Cim Masnah belum lama ini meninggal di usia 88 tahun, dan film ini mempresentasikan gambang kromong sebagai sebuah musik akulturatif dari etnis-etnis di Indonesia, bermula dua abad lalu. Film ini adalah sebuah catatan yang bernada puitis sekaligus humanis, gambaran yang komikal terhadap musik-musik yang terpinggirkan berikut budayanya.

 

Petualangan Sherina, adalah film musical yang digemari semua umur, produksi generasi millennium ini mengisahkan gadis cilik yang cerdik dan enerjik sewaktu menjalani proses adaptasi di tempat tinggal barunya. Alur ceritanya mengingatkan kita pada cerita Home Alone. Sewaktu dirilis, film ini disertai pula peluncuran album lagu yang menjadi tema film (musical) Petualangan Sherina.

 

Film Realita Cinta dan Rock’n Roll mengalir dalam alur yang ringan, lincah dan penuh kegembirraan. Mengambarkan anak muda yang mengkritisi dunianya, cinta, keluarga, berikut harapan dan impiannya. Penggambaran yang rumit tervisualkan dengan apik, menorehkan kisah persahabatan Ipang, Nugi dan Sandra.

 

Sinema Bentara juga menghadirkan film yang mengangkat dunia musik keroncong berikut tokoh-tokoh legendarisnya yakni Andjar Ani, Waldjinah dan Gesang. Melalui kisah para tokoh ini, film bertajuk Keroncong-I Love to Sing menuturkan keindahan mendayu dari langgam musik ini sekaligus mencoba mengubah pandangan stereotif masyarakat tentang musik kerocong yan dianggap kampungan. Film-film ini ditayangkan berkat kerjasama Bentara Budaya dengan Forum Film Dokumenter.Sinema_Realita Cinta 1

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadwal pemutaran :

Sabtu, 19 April 2014
17.00 – 18.00 Registrasi
18.00 – 19.00 Film Rock for Kamtis
19.00 – 20.00 Anak Naga Beranak Naga
20.00- 20.15- Coffe Break dan Diskusi
20.15- 22.15- Petualangan Sherina

Minggu, 20 April 2014
17.00 – 18.00 Registrasi
18.00 – 19.15 Berdansa Bersama Shaggydog
19.15 – 19.30 Diskusi
19.30 – 21.15 Realita Cinta Rock’n Roll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s